kurt cobain gangguan kejiwaan
image by: rollingstone.com

Gangguan kejiwaan merupakan kondisi adanya gejala klinis berupa pola prilaku dan pola psikologis yang berkaitan dengan stres atau kelainan mental yang tidak dianggap sebagai bagian dari perkembangan manusia normal. Sering kali orang beranggapan bahwa mereka yang mengalami masalah kejiwaan dapat disamakan dengan gila dan menganggap mereka merupakan orang yang tidak berguna. Namun banyak juga orang-orang yang memiliki gangguan kejiwaan yang berprestasi, bahkan karya-karya nya banyak yang sudah dikenal hingga seluruh dunia. Nah, Hallo Bro bakal bahas siapa aja musisi yang mengalami gangguan kejiwaan namun kreatifitas bermusiknya bisa dibilang jenius.

12 Musisi Kelas Dunia Yang Mengalami Gangguan Kejiwaan

1. Ian Curtis – Joy Division (Depression)

ian curtis
image by: NME.com

Ian Curtis vokalis dari band legendaris asal Inggris, Joy Division. Curtis megalami depresi yang diakibatkan oleh penyakit epilepsi yang tak kunjung sembuh ditambah dengan permasalahan pernikahannya, penggunaan obat-obatan dan juga alkohol yang membuat fisiknya menurun. Akhirnya pada 23 Mei 1980, Curtis mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri.

2. Axl Rose – Guns N Roses (Manic Depression/ Bipolar)

axl rose
image by: digitaltrends.com

Axl Rose telah lama didiagnosis mengidap manik-depresif. Pernah suatu ketika ia tur keliling Jepang ia mengurung dirinya didalam kamar hotel selama berhari-hari dan menolak untuk berbicara kepada siapapun. Staf membernya pun pernah dipecat olehnya karena dianggap menganggunya, padahal Axl sendiri yang menyuruh staf nya untuk membangunkannya pada waktu yang ditentukan itu.

3. Ray Davies – The Kinks (Bipolar Disorder)

ray davies
image by: onwallhd.info

Kakak dari Dave Davies ini juga didiagnosis penyakit bipolar disorder yang menyebabkan ia pernah melakukan percobaan bunuh diri pasca bercerai dengan istri pertamanya pada 1973 silam.

4. Kurt Cobain – Nirvana (Bipolar Disorder & ADD)

kurt cobain
image by: entretenimento.uol.com.br

Untuk pecinta musik beraliran grunge pasti tau kalo pentolan band Nirvana ini mengidap penyakit Attention Deficit Disorder dan gangguan bipolar saat muda. Ia juga pernah berupaya melakukan percobaan bunuh diri dan overdosis obat-obatan dan alkohol. Meskipun bertahan dengan gangguan mentalnya, saat ia berada di puncak karirnya ia benar-benar melakukan bunuh diri dengan cara menembak kepalanya menggunakan senapan pada 8 April 1994 di usia yang masih 27 tahun.

5. Brian Wilson – The Beach Boys (Schizoaffective Disorder, Bipolar Type)

brian wilson
image by: rollingstone.com

Brian Wilson sebelumnya adalah penulis lagu utama The Beach Boys, namun perlahan peran dan kreatifitasnya berkurang. Wilson lebih sering menghabiskan waktunya di tempat tidurnya untuk menggunakan obat-obatan dan makan yang berlebihan. Akhirnya ia didiagnosis mengidap schizoaffective disorder, tipe bipolar yang menyebabkan ia mendengar suara-suara aneh di kepalanya. Tapi setelah melakukan pengobatan dan beberapa terapi yang memungkinkan dirinya untuk merampungkan album Smile yang terhenti akibat Wilson pertama kali menderita gangguan jiwa.

6. Syd Barrett – Pink Floyd (Speculated Schizophrenia/ Bipolar Disorder)

syd barrett
image by: pinterest.com

Walaupun tidak pernah secara resmi didiagnosis penyakit kejiwaan, namun banyak musisi yang berspekulasi bahwa mantan gitaris Pink Floyd ini mengidap skizofrenia atau bipolar. Barret merupakan salah satu pendiri Pink Floyd, namun pada 1968 ia meninggalkan band setelah prilakunya menjadi semakin aneh. Setelah berhenti berkarir dalam dunia musik ia menghabiskan sisa hidupnya dengan berkebun dan melukis, hingga kahirnya pada 2005 ia meninggal dunia karena kanker pankreas.

7. Roky Erickson Р13th Floor Elevators (Paranoid Schizophrenia)

roky erickson
image by: pinterest.com

Pada 1969 pernah ditangkap pihak berwajib karena kepemilikan ganja, kejadian itu benar-benar merubah hidupnya. Untuk menghindari hukuman penjara, Erickson mengaku tidak bersalah dengan alasan tidak waras. Sehingga ia dikirim ke Rusk State Hospital dan didiagnosis schizophrenia.

BACA JUGA: Kisah Haru Dibalik Lagu Terkenal Dunia

8. Jim Gordon (Schizophrenia)

jim gordon
image by: drummerworld.com

Pada era 60an dan 70an Jim Gordon merupakan seorang drummer terhebat sehingga jasanya banyak dipakai untuk mengisi posisi drum untuk musisi ternama seperti John Lennon, Eric Clapton, The Beach Boys, dan yang lainnya. Namun karena penyakit schizophrenia nya, karir musiknya pun terhenti.

9. Tom Harrell (Schizophrenia)

Tom Harrell
image by: salon.com

Dijuluki sebagai John Forbes Nash Jr of Jazz karena memiliki penyakit dan kejeniusan yang sama. Bedanya Nash di bidang matematika dan Harrell di bidang jazz. Ia berhasil keluar dari penyakitnya dan menjadi salah satu komposer dan peniup trumpet yang disegani hingga kini.

10. Pete Wentz – Fall Out Boy (Depression)

Pete Wentz
image by: rollingstone.com

Pete Wentz mengaku bahwa ia pernah mengalami depresi, kecemasan, dan pernah juga berusaha untuk melakukan bunuh diri. Ia mengatakan bahwa memiliki gangguan mental sangat membuatnya lemah. Namun hal itu memicunya untuk terus berkarya dalam bermusik bersama band nya.

11. Justin Timberlake (OCD & ADD)

Justin Timberlake
image by: biography.com

Mantan personil boyband N’Sync ini juga ternyata mengidap gangguan psikologis, OCD dan ADD. Ia mengaku selalu rapi dan teratur karena OCD nya, tapi ia juga sulit fokus karena ADD nya. Namun, hingga kini ia masih tetap berkarya dalam dunia musik maupun aktingnya.

12. Jason Mraz (Depression)

Jason Mraz
image by: billboard.com

Pelantun lagu I’m Yours ini juga pernah mengalami depresi. Setelah putus dari tunangannya, depresi yang dialami Mraz nyaris menghancurkan karir musiknya. Namun ia berhasil menumpahkan isi hatinya dalam bermusik. Lagu I Won’t Give Up disebut-sebut sebagai representasi dirinya setelah berjuang melawan depresi yang dialaminya.

Nah itulah beberapa musisi kelas dunia yang memiliki gangguan kejiwaan namun tidak menghalanginya untuk berkarya dalam bermusik. Siapa aja musisi favorit kamu dari daftar diatas?.