kedewasaan
image by: lovepanky.com

Setiap orang menginginkan kedewasaan dengan perubahan-perubahan yang lebih baik dalam hidupnya. Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan kesadaran dari diri sendiri serta motivasi yang kuat. Seiring bertambahnya umur, seorang pasti menginginkan memiliki perubahan kearah yang akan menggambarkan bahwa pola pikir, perilaku mereka sesuai dengan umurnya bahkan lebih. Sebagian pula menyadari bahwa mereka masih bertingkah laku seperti anak-anak. Itu bukan berarti anda belum dewasa, melainkan anda masih merasa tidak memberikan perubahan-perubahan secara signifikan. Berikut ulasan mengenai beberapa cara membentuk kedewasaan:

5 Aspek Untuk Membangun Kedewasaan Yang Harus Kamu Ketahui!

1. Bertanggung Jawab

responsibility
image by: seanwes.com

Dalam hal ini tanggung jawab berarti menyelesaikan segala sesuatu sampai tuntas atau selesai. Jadi, jika kamu orang yang memiliki banyak tugas, kewajiban, dan hal-hal lain yang harus diselesaikan, maka bereskan sampai akhir karena hal tersebut membuat orang lain memberikan kepercayaan lebih terhadap kamu.

2. Disiplin

disiplin
image by: islamidia.com

Disiplin berarti melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak disukai tetapi itu perlu dilakukan karena merupakan suatu kewajiban untuk diri kamu sendiri. Sebagai contoh, bangun pagi untuk sholat subuh. Mungkin sebagian besar dari kita tidak menyukai hal tersebut tetapi merupakan kewajiban yang perlu dilakukan. Hal tersebut membuat hidup kamu menjadi lebih teratur tanpa disadari dan dapat menjadi orang yang dapat membagi waktu dalam setiap aktivitas yang kamu lakukan.

3. Berintegritas

integritas
image by: 7cups.com

Integritas merupakan sesuatu yang harus dimiliki setiap orang karena hal itu merupakan sesuatu yang mencerimkan anda orang yang kokoh, tangguh dan seutuhnya. Integritas adalah prinsip dan komitmen yang dimiliki seseorang dan mampu dipertahankan serta dijalankan secara konsisten. Jadi, jika kamu memiliki tujuan hidup atau dapat dikatakan visi dan misi yang hendak dicapai dan merupakan sesuatu yang benar, maka terus berusahalah untuk menggapai hal tersebut. Jangan menjadi orang yang mudah berubah-ubah atau bahasa lazimnya labil.

BACA JUGA: 5 Pelajaran Hidup Yang harus Kalian Contoh Dari Seorang Ayah

4. Menghargai Proses

proses
image by: abcnewsradioonline.com

Proses merupakan sesuatu yang harus dilalui dalam mencapai suatu hasil, dengan melalui proses kita dapat mengetahui apa saja langkah-langkah atau step-step yang telah dilakukan dan memberikan kita banyak pelajaran baik positif maupun negatif. Sebagian besar dari kita banyak yang ingin segala sesuatunya secara instant dan itu merupakan hal yang kurang baik. Mengapa kita harus menghargai proses? Karena hal itu dapat membentuk kita menjadi pribadi sabar dan tenang dalam mencapai sesuatu. Disisi lain, hal tersebut juga melatih kita untuk menjadi orang yang tidak mudah mengeluh dan tidak mudah menyerah.

5. Tangguh

tangguh
image by: why-ed.com

Makna tangguh dalam kalimat ini bukan untuk melawan seseorang yang berkonotasi negatif melainkan berani menerima segala kritikan, ancaman, resiko yang tertuju kepada kita serta menghindari perasaan dan pikiran yang berlebihan terhadap sesuatu. Hal tersebut melatih kita untuk menjadi seseorang yang kokoh, tegar dan kuat menghadapi segala hal yang kurang baik terhadap kita serta menjadikan masukan tersendiri bagi kita untuk membuktikan bahwa kita dapat lebih baik.

Hal-hal diatas perlu kita raih dengan niat dan keinginan yang kuat karena sangat membantu membentuk kedewasaan. Semua itu tercapai bukan karena karena orang lain, melainkan diri sendiri. Mari kita coba memiliki kelima aspek hal diatas untuk menjadi pribadi yang dewasa dan lebih baik. Semoga bermanfaat untuk semua.

Artikel ini merupakan kiriman dari Gemilang Kuswandi Putra.