5 Kuliner Khas Indonesia Yang Nikmat Di Santap Saat Buka Puasa
image by https://userscontent2.emaze.com

Di Bulan Ramadhan seperti ini sangat identik dengan kuliner-kuliner khas indonesia yang sering dihidangkan saat berbuka puasa. Bukan tanpa alasan bulan Ramadan menjadi bulan yang paling dirindukan, hal ini tidak terlepas karena suasana bulan Ramadan yang berbeda dari bulan-bulan yang lain. Salah satu tradisi ketika Ramadhan adalah kuliner menjelang buka puasa. Kuliner Ramadhan ini menjadi salah satu khazanah kekayaan kuliner nusantara. Banyak sekali makanan khas yang tersebar di seluruh negara indonesia ini. Berikut adalah 5 kuliner khas indonesia yang sering dimakan saat berbuka puasa.

1. Kolak Pisang

Kolak Pisang
image by http://resepkoki.co

Siapa siih yang tidak mengenal kuliner yang satu ini, berisikan pisang, kolang-kaling, ketela, dan kuah santannya yang bikin menggoda saat mau berbuka puasa. Kuliner khas ini biasanya identik dengan datangnya bulan Ramadhan. Setiap daerah pasti pernah merasakan berbuka puasa dengan minuman ini dengan keadaan hangat.

BACA JUGA: Kuliner Khas Yogyakarta Ini, Ternyata Harus di Coba Saat Berkunjung !

2. Cendol Kuliner Khas Jawa Barat

Cendol
image by www.thestar.com

Cendol adalah salah satu kuliner yang sangat diminati orang daerah jawa barat. Minuman khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras yang disajikan dengan gula merah, santan dan es batu ini memang cocok di santap saat buka bersama keluarga di rumah. Walaupun minuman ini khas dari jawa barat, tetapi rata-rata di daerah seluruh indonesia juga ikut menikmati minuman manis ini.

3. Pisang Ijo

Pisang Ijo
image by https://www.satujam.com

Kuliner khas dari daerah makassar ini bukan dibuat dari pisang berwarna hijau, melainkan pisang raja atau pisang kepok biasa. Akan tetapi, pisang tersebut dibungkus oleh lembaran dadar yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diberi pewarna hijau dari air daun suji atau pandan. Saat bulan puasa seperti ini, penjual yang menjajakan minuman segar satu ini semakin menjamur. Sensasi dingin es serut dan perpaduan rasa gurih dan manis pisang ijo akan melepas dahaga kita usai berpuasa sehari penuh.

4. Wedang Cemue

Wedang Cemue
image by http://romikurniawan.student.umm.ac.id

Wedang yang satu ini memadukan sejumlah bahan yang memiliki rasa masing-masing. Gurihnya roti tawar dan kacang tanah disiram dengan kuah campuran santan, gula aren, dan jahe, menghasilkan rasa yang unik dan cocok disajikan saat berbuka puasa. Minuman khas dari Jawa Timur ini sudah bisa dijumpai di beberapa daerah di Indonesia.

5. Es Blewah

Es Blewah
image by http://www.hariandepok.com

Minuman yang sering disajikan di waktu berbuka puasa ini menjadi salah satu kuliner khas Indonesia yang terakhir. Minuman khas di bulan ramadhan ini termasuk minuman yang sehat karena kandungan dari nutrisi, mineral kalium, dan provitamin A yang ada dalam buah blewah tersebut. Minuman ini menjadi favorit karena rasanya yang segar saat di hidangkan saat berbuka puasa.

Itulah beberapa kuliner khas dari Indonesia yang sering dihidangkan saat bulan Ramadhan. Jika pembaca setia hallo bro punya kuliner khasnya masing-masing dari daerahnya, isi di kolom komen ya…