akibat teknologi
Image by: alfiazharihanum.student.umm.ac.id

Pada jaman yang sudah modern ini, banyak sekali manusia di dunia yang berlomba-lomba membuat teknologi yang canggih. Sebenarnya tujuan utama sebuah teknologi diciptakan pasti untuk mempermudah aktivitas manusia, akan tetapi tanpa kamu sadari dengan kemajuan teknologi terdapat efek samping bagi manusia di dunia ini. Akibat teknologi yang semakin maju banyak sekali kemampuan-kemampuanmu yang sedikit demi sedikit memudar, karena semakin di permudahnya manusia oleh keberadaan teknologi yang semakin canggih. Oleh karena itu pasti kamu penasaran apa saja kemampuan-kemampuanmu yang mungkin saja kamu tidak sadari sudah memudar. Baca lebih lengkapnya artikel di bawah ini.

Inilah!! Kemampuan-Kemampuan Manusia Yang Memudar Akibat Teknologi Yang Semakin Canggih.

1. Kemampuan komunikasi dengan orang lain

akibat teknologi
Image by: www.lucudanunik.com

Tanpa kamu sadari dengan adanya teknologi handphone, laptop dan alat komunikasi lainnya, itu akan membuat skill berbicaramu ataupun berkomunikasi dengan orang lain secara face to face berkurang. Karena kamu lebih sering berkomunikasi lewat chatting atau telphon tanpa melihat mimic wajah, raut muka, gerakan tubuh dari orang tersebut.

Efek samping: Akan membuat kamu canggung pada saat kamu berbicara dengan orang lain secara langsung, apabila kamu tidak berpengalaman berkomunikasi secara langsung.

2. Kemampuan menulis

akibat teknologi
Image by: MyMilk.com

Menulis semakin jarang dilakukan semenjak keberadaan teknologi komputer, handphone, laptop. Di jaman sekarang ini kebanyakan mereka lebih suka mengetik daripada menulis, dan hal ini sudah semakin sering dilakukan oleh orang-orang di dunia ini.

Efek samping: kemungkinan bahwa orang-orang akan kehilangan kemampuan menulisnya, karena jarang berlatih untuk menulis.

3. Kemampuan navigasi

akibat teknologi
Image by: argopura.blogspot.co.id

Pada jaman dulu sebelum adanya Google maps atau maps online lainnya, orang-orang bisa membaca navigasi yang ada pada peta, dengan menentukan arah yang ingin dilewati. Pada jaman sekarang, karena sudah ada Google maps, kamu tidak perlu kesulitan lagi menentukan arah ke tempat yang ingin kamu tuju, karena di Google maps sudah memberitahumu rute tercepat agar sampai tujuan.

Efek samping: Lama kelamaan kemampuan manusia untuk membaca navigasi akan menghilang, dan anak cucu kita nanti juga akan malas untuk mempelajari navigasi, karena sudah dipermudah oleh teknologi.

BACA JUGA: Ini Dia! Pekerjaan-Pekerjaan Yang Mungkin Saja Akan Digantikan Robot

4. Berhitung

akibat teknologi
Image by: www.dancow.co.id

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi kalkulator yang bisa di download secara gratis di smartphone kalian. Dengan kalkulator tersebut tentunya akan mempermudah kamu untuk melakukan perhitungan, dari hitungan yang gampang sampai yang susah.

Efek samping:  Banyak orang yang mengandalkan kalkulator sebagai alat hitungnya. Sudah sangat jarang sekali orang-orang menghitung secara manual, itu akan membuat kemampuan berhitungnya perlahan-lahan akan menghilang dengan sendirinya.

5. Daya ingat

akibat teknologi
Image by: couragecrusade.com

Ini adalah hal yang paling ditakutkan, mungkin saja karena kemampuan teknologi daya ingat kita semakin menurun. Sebagai ilustrasi pada jaman dulu telepon rumah kita masih sebagai alat komunikasi utama, dan pasti kita sering menghafal 4-6 nomor penting. Akan tetapi karena adanya smartphone, kita tidak perlu lagi mengingat nomor telphon tersebut karena bisa disimpan di memory smartphone. Selain itu di smartphone juga ada note yang berguna untuk mengingatkan kita akan suatu hal, ini juga salah satu hal yang membuat kita jadi males mengingat suatu hal.

efek samping: Membuat daya ingat kita jarang dilatih, dan akhirnya akan membuat daya ingat kita menurun, dan sangat sulit untuk mengingat sesuatu.

6. Mengecheck fakta

akibat teknologi
Image by: choppie88.blogspot.co.id

Pada jaman dulu sebelum internet sudah terkenal seperti sekarang, kebanyakan orang-orang menggunakan buku referensi atau pergi ke perpustakaan untuk mendapatkan fakta ataupun informasi yang ingin di cari kebenarannya. Akan tetapi karena sudah adanya internet banyak orang-orang yang mencari fakta di internet dengan melihat blog orang lain, padalah belum tentu sumber yang didapat di internet itu informasinya benar semuanya.

Efek samping: Karena adanya internet, membuat orang malas mengecheck buku referensi untuk mencari kebenaran dalam suatu persoalan dan lebih memilih internet untuk mencari kebenaran dalam suatu persoalan.

Itu saja yang bisa mimin sampaikan, tentang beberapa kemampuan kita yang mungkin saja bisa hilang akibat teknologi yang semakin canggih. Apabila kamu merasakan dampaknya dari kemajuan teknologi, ceritakan di kolom komentar.