smartphone lemot
Image by: www.android.com

Pasti banyak diantara kalian yang terpesona oleh kecepatan kinerja Android saat pertama kali membelinya, akan tetapi seiring berjalannya waktu performa Android yang kamu gunakan tiba-tiba mulai melambat. Oleh karena itu disini akan dibahas tuntas mengenai penyebab smartphone Android lemot dan cara mengatasi smartphone Android yang lemot.

6 Penyebab Smartphone Android Lemot Dan Cara Mengatasinya

1. Memori Terlalu Penuh

smartphone lemot
Image by: hitper.com

Setiap smartphone Android pasti sudah dibekali spesifikasi memori internal yang berbeda, memori internal sangat mempengaruhi performa smartphone. Apabila aplikasi di smartphone kamu sangat banyak dan tidak sebanding dengan memori yang ada di smartphone kamu, hal tersebut bisa membuat smartphone kamu lemot.

Cara Mengatasi:

Salah satu cara yang paling mudah untuk membebaskan ruang penyimpanan di dalam smartphone kamu adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak terlalu penting.

2. Kurangi Widget 

smartphone lemot
Image by: style.tribunnews.com

Perlu kamu ketahui bahwa widget pada home screen Smartphone kamu bisa memperlambat kinerja android, karena saat data aktif semua widget yang kamu pasang akan berjalan bersamaan dan otomatis RAM yang dipakai akan semakin besar.

Cara mengatasi:

Gunakan widget di smartphone kamu yang benar-benar kamu perlukan seperti jam dan google search sudah cukup.

3. Selalu Update Aplikasi Android Versi Baru

smartphone lemot
Image by: www.kabarweb.com

Setiap ada pemberitahuan update software segera lakukan update. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki masalah yang dibawa oleh sistem sebelumnya, karena update itu bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dari sebelumnya.

Cara mengatasi:

Selalu memeriksa update software di menu Settings – About – System Update – Check for Update.

BACA JUGA: Ini Dia 5 Smartphone Canggih Versi AnTuTu Yang Sering Di Palsukan!

4 . Membersihkan Cache

smartphone lemot
Image by: www.nginx.com

Cache adalah tempat menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang kamu gunakan. Dengan adanya cache kamu bisa lebih mudah membuka aplikasi sebelumnya. Akan tetapi efek sampingnya apabila dibiarkan menumpuk akan membuat Android kamu menjadi lemot.

Cara mengatasi:

Kamu harus selalu membersihkan cache dari setiap aplikasi yang sering kamu gunakan. Dengan cara, masuk Settings РApps РAll dan pilih aplikasi yang ingin dibersihkan. Hal tersebut bisa mengurangi penyebab smartphone android lemot.

5. Gunakan Satu Aplikasi Anti-Virus

smartphone lemot
Image by: www.pcmag.com

Salah satu penyebab smartphone android lemot adalah dengan download aplikasi antivirus, karena aplikasi antivirus sangat boros baterai dan RAM. Apabila kamu mempunyai 2 antivirus dampaknya RAM kamu jadi boros dan mengakibatkan performa Android menjadi lemot.

Cara mengatasi:

Jangan sampai menggunakan dua aplikasi antivirus di smartphone Android kamu, karena bisa membuat boros baterai dan handphone menjadi lemot.

6. Gunakan Aplikasi Berbayar

smartphone lemot
Image by: jalantikus.com

Mimin sarankan jangan terlalu sering download aplikasi yang gratis, karena bisa jadi kamu sedang dijadikan sebagai kelinci percobaan. Itulah alasan kenapa review baik atau jelek yang dibuat di pasar aplikasi google, karena dengan membagikan aplikasi secara gratis banyak orang yang akan download aplikasinya dan memberikan tanggapannya. Hal tersebut akan membantu para pengembang untuk mengetahui bugs atau pengaturan yang sudah sesuai di dalam aplikasinya.

Cara mengatasi:

Jangan terlalu sering download aplikasi yang gratis.

Itu dia hal-hal atau penyebab yang membuat smartphone Android kamu menjadi lemot. Mimin cuma ingin mengingatkan bahwa performa Android tidak selalu di tentukan oleh RAM yang besar tetapi tergantung bagaimana kamu menjaga performanya agar tetap cepat dan tidak lemot.