negara asgardia
Image by: aviationhighlights.co.uk

Apakah kamu salah satu manusia yang ingin hidup di luar angkasa? Mungkin dulu hal tersebut hanya menjadi angan-angan, akan tetapi sekarang keinginan tersebut mungkin bisa menjadi kenyataan. Akhir-akhir ini terdengar kabar bahwa Dr. Igor Ashurbeyli founder of the Aerospace International Research Center ingin membangun negara yang berdiri di luar angkasa yang bernama Asgardia, berikut ini fakta-fakta menarik Asgardia.

7 Fakta-Fakta Menarik Asgardia, Negara Yang Berdiri Di Luar Angkasa

1. Pemimpin Proyek Asgardia

negara asgardia
Image by: youtube.com

Pemimpin dalam penilitian ini adalah ilmuwan asal Rusia yang bernama Igor Ashurbeyli. Igor Ashubeyli menyatakan kepada CNN “Asgardia merupakan mimpi saya sejak kecil”. Oleh karena itu sekarang Igor Ashubeyli ingin membuat mimpinya itu menjadi kenyataan.

2. Asal Mula Nama Asgardia

negara asgardia
Image by: techno.okezone.com

Nama Asgardia sendiri diambil dari mitologi Nordik. Kata Asgard pada Asgardian merupakan nama tempat tinggal untuk para dewa. Para peneliti tersebut mengharapkan Asgardian akan menjadi negara yang aman dan nyaman untuk ditinggali manusia.

3. Tujuan Nasional

negara asgardia
Image by: aviationhighlights.co.uk

Tujuan utama negara Asgardi adalah sebagai pelindung yang membentengi bumi dari ancaman komis, seperti asteroid, badai matahari dan puing-puing di luar angkasa yang rentan menembus atmosfer. Karena lembaga antariksa paling top dunia juga belum mengetahui cara agar mencegah satelit mereka tidak bertabrakan, apalagi menghentikan batu dari luar angkasa.

4. Sengketa Hukum

negara asgardia
Image by: tekno.tempo.co

Untuk mewujudkan negara Asgardia tidak hanya dana dan teknologi yang modern, akan tetapi soal hukum disana juga harus diwujudkan. Perjanjian angkasa luar PBB mengatur angkasa adalah milik manusia dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk seluruh umat, tidak ada satu pihak yang bisa mengklaim bulan, matahari dan objek langit lainnya. Oleh karena itu kemungkinan negara Asgardia menggunakan hukum internasional di sebuah negaranya.

5. Cara menjadi warga negara Asgardia

negara asgardia
Image by: www.yukepo.com

Untuk masalah warga negaranya, Asgardia baru mengundang warga di bumi untuk menjadi warga negaranya. Seperti yang tertera di situs resmi Asgardia (https://asgardia.space/) “Semua manusia hidup di bumi bisa jadi warga negara Asgardia”. Para pendaftar warga negara Asgardia hanya diminta mengisi formulir yang terdiri atas nama, alamat email, negara asal dan pernyataan sudah usia 18 tahun.

6. Biaya Membangun Negara Asgardia

negara asgardia
Image by: 1BULAN 1MILYAR.COM

Pasti banyak diantara kalian yang ingin mengetahui biaya untuk membangun mega proyek tersebut. Juru bicara Asgardia, Timothy Wild mengatakan menolak untuk mengungkapkan banyaknya biaya untuk membangun negara tersebut dan dari mana negara tersebut di danai.

7. Sudah Banyak Orang Indonesia Yang Mendaftar

negara asgardia
Image by: asgardia.space

Dilansir dari suratkabar.id pada saat ini warga Indonesia yang sudah tercatat sekitar 2.609, dan Indonesia menempati urutan ke-18 sebagai negara yang paling banyak mendaftar sebagai warga negara Asgardia di antara negara-negara lain. Urutan pertama diduduki oleh China sebesar 32.464 orang setelah itu Turki 29.545 orang.

Itu dia fakta-fakta menarik tentang mega proyek negara Asgardia, jika Asgardia benar-benar terealisasi maka akan menjadi sebuah loncatan besar bagi manusia. Selain ada yang tinggal di bumi, manusia di masa depan nantinya juga akan ada yang tinggal di luar angkasa. Apakah kamu berniat menjadi warga negara Asgardia? tulis di kolom komentar yaah.