keistimewaan bulan ramadhan
Image by: wahdah.or.id

Bulan Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender islam, dan diarayakan oleh umat muslim di seluruh dunia dengan berpuasa, dan memperingati wahyu pertama yang turun kepada nabi Muhammad SWT yaitu Al-Quran. Sebenarnya bulan Ramadhan tidak hanya itu, akan tetapi terdapat keajaiban dan keistimewaan di bulan tersebut. Seperti yang di jelaskan artikel di bawah ini.

Keajaiban Dan Keistimewaan Yang Hanya Terjadi Di Bulan Ramadhan

1. Dilipat gandakan pahala

keistimewaan bulan ramadhan

Berlipatnya pahala amalan pada bulan Ramadhan ini bersifat mutlak untuk amalan apa saja, seperti yang diterangkan oleh Syaikh Ibrahim Ar Ruhaili dalam kitabnya Tajridul Ittiba, dan juga dari para guru-guru Abu Bakar bin Maryam rahimahumullah yang pernah mengatakan:

Jika tiba bulan Ramadhan, bersemangatlah untuk bersedekah. Karena dengan bersedekah di bulan tersebut lebih berlipat pahalanya seperti seseorang sedekah di jalan Allah (guru-guru Abu Bakar bin Maryam)

2. Diampuninya dosa-dosa

keistimewaan bulan ramadhan
Image by: www.satumedia.co

Pasti banyak diantara kalian yang tidak percaya, bahwa di bulan Ramadhan puasa kalian bisa diampuni, hal itu adalah benar adanya. Rasulullah Shalallaahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

Barang siapa puasa pada bulan Ramadhan atas dasar iman dan  mengharapkan pahala Allah SWT, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhari, no 1901)

Akan tetapi apakah semua dosa kita benar-benar diampuni? Mayoritas para ulama berpendapat, hanya dosa-dosa kecil yang dihapuskan. Allah SWT pernah berfirman:

Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar diantar dosa-dosa yang di larang mengerjakannya, niscaya kami hapus kesalahanmu dan akan kamu masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga) (QS An Nisa: 31)

3. Puasa Ramadhan salah satu sebab masuk surga

keistimewaan bulan ramadhan
Image by: islamidia.com

Saat masa Rasulullah shallahu alaihi wa salam terdapat dua orang ari bani Qudha’ah yang masuk islam, dan salah satu dari mereka mati syahid. Setelah setahun kemudian yang satunya wafat juga. Salah seorang sahabat yang bernama Thalhah bin Ubaidilah radhiallahu anhu berkata: aku bermimpi melihat surga, lalu aku melihat orang yang wafat setahun kemudian tersebut masuk surga sebelum orang yang mati syahid. Oleh karena itu Rasullah shallallah alaihi wa sallam bersabda:

Bukankah setelah itu (dalam waktu setahun) ia berpuasa Ramadhan, shalat enam ribu rakaat atau shalat sunnah beberapa rakaat? (Diriwayatkan oleh Ahmad dan dishahihkan oleh Albani)

4. Bulan yang penuh berkah, rahmat dan mustajabnya doa

keistimewaan bulan ramadhan
Image by: kangsantri.id

Ini adalah hal yang benar bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, rahmat dan mustajabnya doa. Rasulullah shallahu alaihi wa salam bersabda:

Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah (Diriwayatkan oleh An Nasai dan dishahihkan oleh Albani)

Rasulullah shallahu alaihi wa salam bersabda:

Apabila telah masuk bulan Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu rahmat, sedangkan pintu-pintu neraka ditutup dan setanpun dibelenggu (diriwayatkan oleh Bukhari dan muslim dan ini adalah lafadz Muslim)

Rasulullah shallahu alaihi wa salam bersabda:

Sesungguhnya setiap muslim pada tiap siang dan malam hari – pada bulan Ramadhan – memiliki doa yang mustajab (diriwayakan oleh Al Bazzar dan di shahihkan oleh Albani)

BACA JUGA: Kalian Puasa? Ini Dia Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Kalian!

5. Ditutupnya pintu neraka

keistimewaan bulan ramadhan
Image by: www.fimadani.com

Seperti yang diberitahukan oleh Abu Hurairah, Rasulullah shallahu alaihi wa salam pernah bersabda:

Apabila datang bulan Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu surga dan ditutup pintu-pintu neraka serta syaitan di belenggu (HR Muslim)

Al-Qadhi mengatakan maksud dari dibukanya semua pintu surga dan ditutupnya pintu neraka oleh Allah SWT bagi para hambanya adalah agar senantiasa berbuat taat pada bulan tersebut, yang mana kesempatan itu tidak didapatkan di bulan lainnya.

6. Lailatul Qadr ada di bulan Ramadhan

keistimewaan bulan ramadhan
Image by: thayyiba.com

Lailatul Qadr adalah suatu malam yang ada pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, yang mana malam tersebut memiliki banyak sekali barakah dan kemuliaan, bahkan satu malam tersebut lebih baik dari seribu bulan. Rasulullah shallahu alaihi wa salam pernah bersabda:

Sesungguhnya bulan (Ramadhan) telah datang kepada kalian, di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan, barang siapa yang tidak mendapatinya maka ia telah kehilangan banyak sekali kebaikan (diriwayatkan oleh Ibnu Majah)

7. Pada bulan Ramadhan para setan dibelenggu dan diikat

keistimewaan bulan ramadhan
Image by: www.sozcu.com.tr

Pada bulan Ramadhan para setan diikat di dalam api neraka, sehingga para setan tidak bisa menyesatkan orang-orang yang taat. Rasulullah shallahu alaihi wa salam pernah bersabda:

Jika telah datang bulan Ramadhan dibukalah pintu-pintu Al Jannah dan ditutuplah pintu-pintu An Naar dan para setan di belenggu. (HR. Bukhari, Muslim, An Nasa’i)

Itulah beberapa keistimewaan yang terjadi di bulan Ramadhan, sebenarnya masih banyak keistimewaan-keistimewaan yang terjadi pada bulan tersebut. Oleh karena itu carilah pahala sebanyak-banyaknya dibulan Ramadhan ini. Selamat berpuasa!