penyebab laptop rusak
image by: sfethics.org

Namanya juga manusia pasti kadang ngelakuin kebiasaan yang gak disadari bisa merugikan dirinya sendiri. Contohnya dalam penggunaan laptop, banyak kebiasaan yang tanpa sadar bisa memperpendek usia laptop. Nah Hallo Bro bakal kasih tau nih beberapa penyebab laptop rusak dari kebiasaan yang umumnya dilakuin para pengguna laptop.

7 Kebiasaan Penyebab Laptop Rusak Yang Sebaiknya Kamu Hindari!

1. Pasang charge dari laptop dulu baru colok ke listrik

mencharger laptop
image by: pxhere.com

Kalo kamu sering ngelakuin hal ini, sebaiknya jangan dilakuin lagi deh. Kenapa? karena saat pertama kali di colok loncatan daya listrik masih belum stabil. Nah kalo kamu secara rutin ngelakuin hal itu, bukan ga mungkin motherboard laptop kamu rusak.

2. Menggunakan laptop hingga baterai 0% dan sering charge laptop saat baterai belum limit

penyebab laptop rusak
image by: pplware.sapo.pt

Jangan nunggu sampe bener-bener baterai abis baru di charge. Karena hal ini juga bisa jadi salah satu penyebab laptop rusak terutama baterai nya. Juga, usahain jangan sering charge laptop kamu saat baterai masih cukup banyak. Sebaiknya pada saat limit baterai mau abis baru di charge sekitar 15%-20%.

3. Tidak menggunakan baterai saat menyalakan laptop

melepas baterai laptop
image by: reviewlaptop-id.com

Mungkin sekarang udah jarang laptop yang masih pake baterai lepas pasang gitu. Cuma kalo kamu masih pake baterai yang lepas pasang gitu, sebaiknya jangan nyalain laptop tanpa baterai. Kenapa? loncatan daya secara langsung ke laptop bisa membuat korsleting pada mainboard laptop kamu. Mungkin baterai kamu awet, tapi kalo laptopnya yang malah rusak kan percuma aja.

BACA JUGA: 7 Antivirus Gratis Dan Terbaik Untuk Laptop Atau PC Kamu Di Tahun 2017

BACA JUGA: 7 Penyebab Laptop Lemot Dan Sekaligus Cara Mengatasinya

4. Menutup laptop saat keadaan masih menyala

menutup laptop
image by: dailysocial.id

Selanjutnya kalo kamu sering menutup layar laptop kamu tanpa shut down, bisa jadi salah satu penyebab laptop rusak juga loh. Ada baiknya setelah shut down tunggu beberapa saat sampe lampu indikator di laptop kamu bener-bener mati. Biar ga ada sistem yang masih bekerja ketika kamu nutup laptop kamu.

5. Menggunakan laptop di permukaan yang empuk

menggunakan laptop di kasur
image by: pexels.com

Kenapa? karena di permukaan yang empuk itu membuat aliran udara dari laptop jadi terhambat, sehingga panas dari udara itu bakal mengendap di permukaan empuk itu dan menyebabkan laptop kamu jadi cepet panas juga. Itulah bahayanya kalo kamu juga sering gunain laptop di paha kamu. Selain ga bagus buat laptop, ga bagus juga buat kesehatan kamu, terutama bagi laki-laki.

6. Jauhi laptop dari benda magnet

jauhi laptop dari magnet
image by: pexels.com

Sama kayak benda elektronik lain, laptop juga sebaiknya dijauhi dari benda magnet. Karena di dalam laptop terdapat komponen yang memiliki sifat magnet juga. Kalo terlalu sering mendekati benda magnet ke laptop, lama-kelamaan sifat magnet dari komponen laptop kamu bisa hilang.

7. Tidak update antivirus

antivirus laptop
image by: digitaltrends.com

Mungkin sepele ya, tapi kalo kamu gak ngupdate antivirus kamu dikhawatirkan laptop kamu jadi rentan dimasuki virus. Kenapa? mungkin logikanya sederhana aja, ketika virus udah semakin maju, tapi antivirus kamu gitu-gitu aja bukan ga mungkin antivirus kamu yang kalah kuat sama virusnya. Jadi, usahain pake antivirus free aja tapi yang bisa terus di update dibanding yang crack-an gitu tapi gabisa di update.

Nah itulah beberapa penyebab laptop dari kebiasaan yang umumnya dilakuin sama pengguna laptop. Setelah baca ini, semoga kamu ga ngelakuin beberapa kebiasaan diatas yang bisa ngerusak laptop kamu ya!.