laptop lemot
Image by: game3319.cuco1pngo1pn.top

Pasti banyak diantara kamu yang sangat kesal karena laptop yang kamu pakai sangat lemot. Lebih parahnya lagi ketika kamu sedang mengerjakan sesuatu yang harus cepat diselesaikan, akan tetapi terhambat karena laptop kamu yang lemot. Oleh karena itu, berikut ini mimin Hallo Bro akan memberitahukan kepada kalian penyebab laptop lemot dan cara untuk mengatasinya!

Penyebab Laptop Lemot Dan Cara Untuk Mengatasinya

1. Adanya Virus Atau Malware

laptop lemot
Image by: www.online-tech-tips.com

Mungkin saja laptopmu terkena virus, karena yang namanya virus pasti merusak dan bisa menjadi penyebab utama kinerja laptop menjadi lambat. Lebih mengerikannya lagi, virus ini juga bisa merusak file-file system yang menyebabkan laptop menjadi lelet dan ngehang.

Cara mengatasi:

Download antivirus yang terpercaya dan handal untuk melindungi laptopmu dari virus atau malware. Jika laptop kamu sudah terlanjur terinfeksi virus  atau malware dan antivirus sudah tidak bisa mengatasinya, dari mimin menyarankan untuk menginstall ulang windows kamu

2. Hard drive yang melemah

laptop lemot
Image by: www.extremetech.com

Coba check hard drive yang digunakan di laptopmu. Jika masih memakai jenis hard drive HDD (Hard Disk Drive), itu bisa jadi salah satu penyebab yang membuat laptopmu menjadi lemot.

cara mengatasi:

Agar laptopmu ingin memiliki kemampuan yang cepat. Mimin menyarankan kamu untuk mengganti hard drive kamu yang tadinya HDD menjadi SDD (Solid State Drive) yang memiliki kemampuan lebih cepat dan awet, jika di bandingkan HDD.

3. Hapus File-File Temporary Yang Sudah Menumpuk

laptop lemot
Image by: www.intowindows.com

Temporary File pada Windows merupakan file yang digunakan secara sementara dan menjadi redundat saat ada suatu proses dilakukan sistem. Selain itu file-file pada recycle bin maupun cache pada aktivitas browser anda bisa jadi mempengaruhi kinerja laptop kamu.

Cara mengatasi:

Kamu bisa melakukan cleaning secara berskala di laptopmu, agar kinerja laptop kamu tetap terjaga.

4. RAM Laptop Yang Kecil

laptop lemot
Image by: www.makeuseof.com

RAM adalah memori yang berguna untuk menyimpan data sementara pada komputer ketika kamu menjalankan suatu program. Jadi semakin banyak program yang berjalan di laptop kamu, berarti semakin banyak juga RAM yang harus di butuhkan. RAM ini menjadi hal paling penting dalam hal multitasking atau menjalankan program secara bersamaan dalam satu waktu.

Cara mengatasi:

Apabila laptop kamu lemot saat menjalankan beberapa program secara bersamaan, itu berarti kamu harus menambahkan kapasitas RAM pada laptop kamu, agar proses multitasking pada laptop kamu jauh lebih cepat.

BACA JUGA: 4 Laptop Gaming Terbaik Yang Cocok Buat Penggemar Game Saat Ini

5. StartUp Yang Tidak Penting

laptop lemot
Image by: masguhbudi.blogspot.co.id/

Apabila kamu menyalakan komputer atau laptop dan masuk ke desktop screen, ada beberapa program yang berjalan dengan otomatis. Jika program yang berjalan itu terlalu banyak, itu membuat startup di PC atau laptop kamu menjadi lambat.

Cara mengatasi:

Caranya agar Startup itu tidak berjalan dengan otomatis, dengan cara klik Start dan pilih Run, lalu hilangkan centang pada aplikasi yang tidak diinginkan.

6. Banyak debu

laptop lemot
Image by: www.paulussetyo.com

Jangan menganggap remeh ini, banyak yang bilang kebersihan hardware tidak ada hubungannya dengan Kinerja di laptopmu. Akan tetapi, sebenarnya apabila laptop atau komputer kamu kotor dan debu tersebut masuk kedalam kipas, itu bisa menyebabkan laptop bekerja lebih keras. karena harus bekerja lebih keras, tentu itu membuat laptop atau komputer kamu lebih lambat.

Cara mengatasi:

Setiap satu bulan sekali kalo bisa laptop di bersihkan sampai di bagian hardware nya, agar di dalam laptopmu tetap bersih dan tidak berdebu.

7. Spesifikasi Laptop Yang Tidak Memadai

laptop lemot
Image by: blog.dimensidata.com

Bila laptop kamu adalah laptop keluaran 2001-2009 dan kamu menggunakan untuk bermain game fifa atau efek video dengan Adobe After Effect , tentu itu membuat laptop menjadi lambat. Hal itu karena spesifikasi laptop kamu yang tidak memadai.

Cara mengatasi:

Apabila laptopmu keluaran tahun 2001-2009. Jangan bermain dengan software atau game yang berat, karena spesifikasi laptop kamu tidak kuat untuk menampung software dan game yang berat itu.

Nah itu dia hal-hal yang menjadi penyebab laptop kamu menjadi lemot dan cara untuk mengatasinya. Semoga dengan kamu membaca artikel ini, kamu jadi bisa lebih berhati-hati menggunakan laptop kamu. Agar laptopmu tidak seperti kura-kura yang lambat jalannya.