Berhati-Hatilah, Lakukan 5 Tips Ini Jika Mobil Kalian Mengalami Rem Blong!
image by alphacoders.com

Hai Broo! Dalam berkendara, Baik menggunakan Kendaraaan roda 2 maupun roda 4, rem adalah salah satu komponen terpenting dalam perjalanan kalian. Mengutip dari berbagai sumber penyebab rem blong itu seperti mulai dari minyak rem habis, kanvas dan piston rem yang sudah tak berfungsi. Maka dari itu buat kalian yang memiliki kendaraan wajib buat selalu mengecek mesin jika ingin keluar. Jika kita mengalami rem blong saat mobil sedang berjalan, sebaiknya kita jangan gugup dan segera mengambil langkah langkah sebagai berikut:

1. Turunkan Gigi Secepat Mungkin Jika Rem Blong

gigi
image by http://fastnlow.net

Saat kendaraan kalian blong dan melaju dengan kecepatan tinggi salah satu cara menghentikannya adalah dengan menurunkan gigi secepat mungkin. Turunkan gigi kendaraan anda bertahap dari gigi pada saat itu sampai gigi 1. Saat ini para pengendara banyak tidak mengetahui hal yang satu ini sebagai alternatif.

BACA JUGA: 5 Mobil SUV Yang Paling Diminati Anak Muda di Tahun 2017

2. Setelah Turunkan Gigi, Gunakan Rem Tangan

rem tangan
image by http://sinarharapan.co

Selanjutnya jika cara pertama tidak ampuh, maka kalian harus menggunakan rem tangan sebagai alternatif kedua. Rem tangan dapat menghentikan kendaraan kalian sampai benar-benar berhenti saat kecepatan sudah rendah.

3. Arahkan Kendaraan Kalian Kejalur Lambat

lajur

Jika sudah menurunkan gigi dan menekan rem tangan maka sebaiknya arahkan kendaraan kalaian ke jalur yang lambat. Gunanya untuk menghindari tabrakan dengan kendaraan yang lain jika masih di jalur cepat. Jangan lupa dengan kaca spion sebagai pembantu kalian untuk berpindah ke jalur lambat.

4. Jauhkan Kaki Kalian Dari Pedal

pedal mobil
image by http://blog.belionderdil.co.id

Setelah itu jauhkan kaki kalian dari pedal karena memang tujuan kita untuk menghentikan kendaraan itu bukannya menambah kecepatan. Selain itu orang yang gampang panik akan tidak menghiraukan keadaan yang ada di kaki pada saat mengendarai.

5. Injak dan Kocok Rem Berkali-kali

rem mobil
image by http://1.bp.blogspot.com

Jika kendaraan kalian belum ABS (anti-lock braking system), maka sebaiknya injak pedal rem berkali-kali, memang biasanya rem yang sebelumnya tidak berfungsi itu hanya memang sementara. Jika memang mobil kalian sudah ABS maka menginjak remnya juga secara perlahan, karena memang sistem ABS pada mobil kalian akan membantu kalian dalam mengendalikan mobil disaat seperti itu.

Seperti itulah beberapa cara untuk kalian yang sedang berkendara dan mengalami rem yang tidak berfungsi. Berhati-hatilah para pembaca setia hallo bro jika ingin berkendara, cek mobil kalian sebelum berangkat, karena keselamatan memang nomor satu.