Blur versus Oasis
images by : diymaq.com

Blur versus Oasis, band yang dimotori oleh Damon Albarn dan Noel Gallagher ini emang udah ga diragukan lagi kualitas musiknya. Damon dengan Blur yang kaya akan variasi sound yang berbeda-beda dalam setiap lagunya, dan Noel dengan Oasis yang musiknya easy listening dan mudah melekat di telinga para pendengarnya. Namun udah jadi rahasia umum rivalitas kedua band ini pada era 90an.

Blur Versus Oasis, Siapa Yang Terbaik Dalam Battle of Britpop?

1. Battle of Britpop

battle of britpop
images by : twitter.com

The Battle of Britpop, dimana dunia Britpop pada era 90an dikuasai oleh 2 band besar Blur Versus Oasis. Battle ini dimulai ketika meledaknya album Definitely Maybe dari Oasis pada tahun 1994. Banyak juga yang mengira background kedua band yang sangat berbeda menmicu perselisihan ini. Oasis yang berasal dari kota Manchester dimana banyak kaum kelas pekerja, sedangkan Blur berasal dari kota London dengan kelas ekonomi lebih mapan.

Konflik berlanjut ketika label rekaman Blur, Food Records yang memindahkan tanggal rilis single Country House dari Blur bertepatan dengan rilisnya Roll With It dari Oasis pada tahun 1995. Mungkin caranya terlihat kotor, namun pada era itu penjualan massal single merupakan bisnis yang menggiurkan. Bisa ditebak, dalam battle ini dimenangkan oleh Blur dengan penjualan single sebanyak 274.000 copy sedangkan Oasis hanya 216.000 copy.

Namun setelah kemenangan tersebut, Blur hancur lebur disisa pertempuran. Oasis menyikat semua kekalahan dan sukses besar setelah hits Wonderwall yang menguasai Britania Raya dan Amerika bahkan dunia. Single-single dari album (What’s the Story) Morning Glory? selanjutnya pun Oasis tetap memimpin, Champagne Supernova, Don’t Look Back in Anger mengalahkan single-single dari album Blur The Great Escape.  Untuk Mengakhiri tahun 1996, Oasis telak mengalahkan Blur, dengan penjualan 4 juta copy di Inggris dan 25 juta copy di seluruh dunia, memenangkan 14 platinum, berbanding 3 milik Blur.

Pada tahun-tahun selanjutnya persaingan antara Blur versus Oasis tetap berlanjut. Mulai dari saling ejek lewat media, sampai Noel dan Liam pernah menyumpahi Damon Albarn dan Alex James serta berharap mereka mati terkena HIV/AIDS.

2. Pergeseran Britpop

blur dan oasis
images by : google.com

Saat Blur mengeluarkan album dengan nama yang sama, menurut para pengamat musik rasa Britpop mulai hilang dan musik Blur menjadi lebih Amerika. Sedangkan pada album ke-empat Oasis Standing on the Shoulder of Giant semakin meyakinkan para pengamat musik era Britpop telah berakhir.

BACA JUGA: Ini Nih, Grup Band Kakak-beradik Yang Kompak Juga Keren

3. Perseteruan Memudar

Damon Albarn dan Noel Gallagher
images by : nme.com

Pada acara Brit Awards 2012, perseteruan antara Damon dan Noel mulai memudar. Keduanya juga terlihat berpelukan saat acara tersebut. Setelah acara selesai, mereka terlihat minum bareng dan dalam beberapa kesempatan mereka kedapatan saling memuji satu sama lain.Damon juga menyebut Noel merupakan rival yang memiliki karisma kuat, sedangkan Noel membayangkan untuk mengerjakan Album dengan Damon.

Dalam beberapa kesempatan, personel Blur juga ingin meminta Oasis untuk kembali terbentuk agar dapat mensupport mereka dalam tour. Bassist Blur, Alex James mengatakan bahwa Liam sangat menyukai album mereka, bahkan Liam menyebut lagu Lonesome Street milik Blur dapat memenangi Song of the Year.

Oasis sendiri pada tahun 2009 menyatakan bubar yang membuat para penggemarnya kecewa. Alasan Oasis bubar adalah perselisihan kakak beradik Noel dan Liam.

Keduanya, Blur dan Oasis merupakan band Britpop terbaik yang pernah ada. Rivalitas mereka dalam membuat karya terbaik akan selalu dikenang oleh para penikmat musik. Akhir kata, Hallo Bro juga berharap Oasis bisa reuni dan bikin album baru lagi, pasti kejeniusan Noel membuat sebuah lagu, dan suara khas dari Liam udah dikangenin banget sama para penikmat musik. Semoga ga cuma rumor aja. Dan semoga juga gak ada Blur Vs Oasis jilid 2 andai Oasis reuni!.