musik indie
image by: hype.my

Buat kamu yang ngaku suka Payung Teduh atau ngaku anaknya indie banget, sebenernya udah tau belum sih apa itu musik indie? apa cuma ikut-ikutan yang lagi rame aja gara-gara nama musik indie mulai naik. Hehehe. Jangan sampe deh kamu malah dikira anak jamanan yang cuma bisanya ikut-ikutan tapi gangerti maksudnya apa. Mending baca ini dulu deh, biar nambah pengetahuan kamu dikit.

Apa itu musik indie?

trees and wild
image by: youtube.com

Pertama dari semua kalo kamu nganggep indie termasuk suatu genre atau aliran musik, kamu salah besar. Indie merupakan sebutan untuk band-band yang bebas, ga terikat, dan bergerak sendiri sesuai dengan arti kata “independent” itu sendiri. Maksud dari bebas, ga terikat, dan bergerak sendiri itu berarti band-band indie bebas ga kayak band populer atau band di arus utama yang terikat sama label rekaman, dari mulai pemilihan rekaman lagu sampe promosi lagu itu sendiri. Makanya kan banyak band indie itu lagunya kadang beda banget dari lirik sampe musiknya sama lagu-lagu hits yang lagi naik di pasaran.

Perbedaan mencolok antara band indie dan band populer/mainstream?

label rekaman
image by: bestmixtapecoverdesigners.blogspot

Pertama, dari segi pemasarannya untuk band populer/mainstream semua dipasarkan oleh label rekaman mereka sendiri mulai dari media cetak sampe media elektronik, sehingga nama band tersebut terekspos dan banyak dikenal oleh masyarakat pada umumnya. Kedua untuk masalah promosi video klip dan tour juga biasanya band-band populer/mainstream ini udah diatur semua sama label rekamannya. Berbeda dengan band indie yang semuanya diatur sendiri.

Perkembangan musik indie

the smiths
image by: musicfeeds.com.au

Pada awalnya musik indie mulai dikenal masyarakat pada tahun 80an, semenjak lagu-lagu dari dari band indie mulai diperkenalkan pada tangga lagu. Nama-nama Joy Division, The Smiths, dan New Order mulai dikenal masyarakat. Lanjut ke tahun 90an nama Nirvana dan Radiohead yang mulai menyebarkan virus indie mendunia.
Kalo di Indonesia sendiri virus indie mulai terasa pada pertengahan tahun 90an, dimana saat itu Pure Saturday dan Mocca membuat dan memasarkan album rekamannya sendiri. Bahkan nama kedua berhasil menjual album mereka sampai dengan 100.000 kopi.
Tapi sebenernya sebelum Pure Saturday membuat album rekamannya sendiri, cara itu juga udah dilakuin sama Pas Band yang berhasil menjual album mereka sebanyak 5000 kopi. Namun saat itu lebih dikenal dengan sebutan underground, karena musik yang dimainkannya cenderung lebih keras.

BACA JUGA: 9 Penyanyi Indie Internasional Yang Harus Kamu Dengerin Lagunya!

BACA JUGA: 13 Band Indie Indonesia Yang Malah Lebih Berprestasi Di Mancanegara

Banyak ga sih band indie yang terkenal?

image by: consequenceofsound.net

Seperti yang pernah Hallo Bro bahas sebelumnya, ga sedikit musisi band indie yang malah lebih terkenal di mancanegara daripada di negerinya sendiri. Mocca, Trees and Wild, The Sigit, White Shoes and the Couples Company merupakan salah satunya. Kalo dari mancanegara juga banyak kok mulai dari The Black Keys, Bon Iver, Phoenix, Tame Impala dan banyak lagi deh.

Nah mungkin itu beberapa penjelasan singkat musik indie yang bisa Hallo Bro bahas. Kalo kamu berencana buat bikin band indie, jangan ragu deh. Asal lagu kamu enak, pasti bakal diterima sama masyarakat.