apa itu vevo
image by: variety.com

Sadar gak kalo kamu streaming video musik artis kesukaan kamu kadang kamu nemuin tulisan Vevo di pojok kanan bawah video yang kamu liat?. Kalo kamu sering merhatiin sih pasti nemu tulisannya, tapi kamu udah tau belum apa itu vevo?. Nah kalo belum tau, HalloBro bakal kasih tau nih apa itu Vevo dan hal-hal tentang Vevo yang mungkin belum kamu tahu. Cek ya!.

Apa Itu Vevo?

apa itu vevo

Vevo adalah suatu website video musik yang awalnya dibuat oleh 3 perusahaan musik dunia yaitu: Sony Music Entertainment (SME), Universal Music Group (UMG), dan Abu Dhabi Media. Electric and Musical Industries (EMI) juga melisensi kontennya ke vevo ini, tanpa mengambil saham kepemilikan. Oleh sebab itu, Vevo selalu mengunggah video musik 3 dari 4 besar label rekaman yaitu SME, UMG, dan EMI. Secara resmi, Vevo pertama kali diluncurkan pada 8 Desember 2009.

Kegunaan Dibuatnya Vevo?

apa itu vevo
image by: youtube.com

Vevo dibuat karena banyaknya video musisi yang diunggah secara bebas oleh siapapun ke youtube, nah hal itu lah yang dianggap merugikan pihak label dari musisi tersebut. Oleh sebab itu dibuatlah Vevo yang bertujuan untuk mendapatkan perhatian lebih dari para pemasang iklan di youtube, sehingga pihak Vevo mendapatkan keuntungan yang lebih baik dari youtube.

Ada Gak Sih Website vevo.com?

apa itu vevo
image by: vevo.com

Ada, tapi baru bisa diakses di Amerika Serikat, Kanada, Britania Raya, Irlandia, Australia, Spanyol, Brasil, dan Selandia Baru. Sebenernya pada tahun 2010 website ini dijadwalkan untuk bisa diakses oleh seluruh negra, namun hingga kini Vevo masih belum tersedia diluar negara tadi, termasuk Indonesia. Walaupun website vevo.com belum bisa diakses oleh seluruh negara, tapi sebagian besar videonya masih bisa diakses di berbagai negara kok. Kalo kamu mau coba buka websitenya nanti pasti keluar tulisan gini, “Sorry! The page you are looking for is not available in your region, VEVO is working hard to make sure all of our videos are available worldwide. In the meantime, watch and enjoy your favorite videos through Vevo on YouTube”.

Berapa Sih Pembagian Keuntungan Antara VEVO dan Label?

apa itu vevo
image by: profitguide.com

Menurut Wallstreet Jurnal Vevo membayar Label USD 70.000 untuk 10 juta viewers. Malah sebelum ada Vevo, youtube dulu cuma membayar 30.000 untuk 10 juta viewers. Menurut vevo, pembagian keuntungan ini biasanya 40% musisi dan 10% publisher, lalu pembagian antara YouTube dan Vevo adalah 35% banding 65%. Tapi, perhitungan ini cuma perkiraan aja, faktanya bisa aja berbeda, tergantung perjanjian antara Vevo, Label, musisi, dan publisher. Hmm, menggiurkan kan bayarannya?.

BACA JUGA: Fakta-fakta Menarik Dari Musisi Ganteng, John Mayer

Bisa Gak Konten Videonya Berisi Gambar yang Bersifat Vulgar?

apa itu vevo
image by: youtube.com

Biasanya sih kalo video mengandung isi yang bersifat vulgar vevo bisa mengedit video tersebut. Namun, Vevo menyatakan bahwa perusahaan ini gak punya kebijakan khusus atau daftar kata-kata yang dilarang. Gak ada sistem rating resmi, konten video mengandung isi vulgar ataupun enggak. Tapi, biasanya kalo ada video yang menampilkan gambar yang vulgar, youtube meminta kita buat mengonfirmasi umur kita buat ngeliat videonya. Contohnya kayak video dari Tame Impala yang The Less I Know Better.

Ada Gak Selain Vevo Yang Modelnya Gini Juga?

apa itu vevo
image by: hq.vevo.com

Ada, salah satu dari 4 besar label rekaman, Warner Music Group (WMG) awalnya dilaporkan mempertimbangkan menyediakan kontennya di Vevo, namun malah membentuk aliansi saingan bersama MTV Networks.

Ada Gak Musisi Indonesia yang Udah Punya Channel Vevo?

apa itu vevo
image by: youtube.com

Ada dong, udah lumayan banyak juga malah musisi yang punya channel Vevo. Siapa aja? ada Agnes Monica, Glen Freddly, Isyana Sarasvati, Ello, GAC, The Overtunes, Fatin, SID, Gita Gutawa, The Changsuters, Sheila On 7, Lala Karmela, Sandhy Sandoro, Rio Febrian, Terry, Audy, dan Tangga. Kemungkinan sih musisi Indonesia yang punya channel Vevo bakal bertambah, kita tunggu aja ya!.

Siapa Aja Pemegang Rekor Video Vevo di Youtube?

apa itu vevo
image by: youtube.com

Kalo untuk video yang paling banyak diliat pada 24 jam pertama setelah diunggah masih dipegang oleh Adele dengan lagu Hello nya, viewers nya mencapai 27.7 juta. Bad Blood nya Taylor Swift ft Kendrick Lamar ada diurutan 2 (20.3 juta viewers). Untuk artis yang paling banyak diliat untuk 24 jam pertama dipegang oleh David Bowie. Selanjutnya untuk artis yang mempunyai paling banyak video bersertifikasi di Vevo dipegang oleh Rihanna dengan 28 video. Terakhir, untuk video yang paling banyak diliat dipegang oleh Justin Bieber dengan lagu Sorry nya, viewers nya mencapai 2.452 juta hingga saat ini.

Nah itulah dia beberapa hal tentang Vevo yang mungkin belum banyak yang tau. Tapi, sekarang kamu jadi tau kan apa itu Vevo?. Kalo kamu punya band dan pengen gabung juga bareng Vevo, terus berjuang aja ya dan jangan lupa selalu berdoa.