Android device manager
Image by: www.baatkar.com

Sering sekali kita mendapatkan kasus kehilangan smartphone di sekitar kita, dari yang kecopetan sampai faktor L (lupa). Banyak juga diantara kita yang bingung hal-hal apa yang harus dilakukan setelah smartphone hilang, apakah kita harus hubungi polisi? atau kita harus hubungi teman kita?. Jangan khawatir jaman sekarang sudah canggih hal-hal yang tidak dimungkinkan bisa menjadi mungkin. Beberapa perangkat ponsel pintar atau smartphone sudah memiliki sistem keamanan yang memungkinkan kita untuk mengetahui dimana posisi perangkat kita saat ini, jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan mengaktifkan layanan ini kamu bisa melacak smartphone kamu dan mengunci smartphonmu.

Langkah-Langkah Menggunakan Android Device Manager

Aplikasi Android Device Manager adalah untuk mengendalikan perangkat Android kamu dari jarak jauh jika sewaktu-waktu hilang. Berikut ini langkah-langkah menggunakan Android device manager menggunakan smartphone dan komputer:

Smartphone

1.  Apabila kamu sudah download aplikasi Android Device Manager, Pastikan kamu sudah sign in akun google pada smartphone Android kamu. Apabila belum, kamu bisa log in dengan dengan akun google yang aktif pada smartphone kamu.

android device manager

2. silahkan buka aplikasinya, kemudian akan muncul gambar di bawah ini klik accept.

android device manager

3. Apabila kamu menggunakan 2 smartphone, kamu bisa menemukan lokasi smartphone kamu yang hilang dari smartphone kamu yang lain.

Android device manager

4. Kemudian kamu hanya pilih perintah-perintah yang ingin kamu berikan, apakah akan memaksanya berdering, mengunci atau menghapus datanya.

Android device manager

BACA JUGA: 6 Penyebab Smartphone Android Lemot Dan Cara Untuk Mengatasinya

Computer

1. Buka website www.google.com/android/devicemanager lewat browser, Kemudian login dengan akun Gmail yang kamu gunakan pada smartphone Android kamu.

computer Android device manager

2. Pada saat muncul alert, klik Accept setelah itu kamu berhasil masuk ke Android Device Manager

3. Kemudian untuk melacak smartphone Android yang hilang atau di curi, kamu hanya klik icon GPS yang ada di pojok kiri pop-up. Apabila GPS di smartphone kamu tidak aktif, kamu tidak akan bisa mendapatkan lokasi. Namun, kamu masih bisa mer reset hanya dengan menekan tombol erase. Dengan begini smartphone kamu akan masuk ke pengaturan pabrik dan akan menyetel GPS untuk menyala. Jadi, Android kamu dapat kembali di temukan.

computer Android device manager

4. Apabila kamu ingin mengunci smartphone kamu menggunakan komputer, kamu dapat menggunakan fitur lock. Jika curiga smartphone kamu disembunyikan atau lupa menyimpannya.

Apabila kamu benar-benar tidak bisa menemukan perangkat kamu, lebih baiknya kamu menghapus semua data yang ada pada perangkat kamu aar tidak di salah gunakan nantinya. Itu saja yang bisa admin hallobro sampaikan semoga artikel ini bermanfaat, ingatlah untuk selalu berhati-hati dalam membawa barang bawaan kamu.