denim dan jeans

Denim dan jeans, tau gak sih apa bedanya denim dan jeans?. Bagi sebagian orang menganggap kedua barang ini merupakan barang yang sama, atau menganggap denim adalah bagian dari jeans. Tapi, sebenernya perbedaan jeans dan denim adalah, jeans merupakan denim yang sudah di proses menjadi celana, sedangkan denim merupakan bahan dari pembuatan celana jeans.

Sejarah Denim dan Jeans

Bahan denim pertama kali ditemukan di sebuah kota di Perancis bernama Nimes. Awalnya bahan ini disebut Serge De Nimes, lalu kemudian dipersingkat menjadi denim (DeNimes). Tekstur kain denim mirip karpet, namun lebih tipis dan halus yang disebut twill. Pada awalnya warna denim hanya indigo, yang berasal dari tanaman indigofera. Namun, seiring berjalannya waktu warna denim sudah bervariasi mulai dari yang terang hingga yang gelap.

Sedangkan, jeans merupakan sebutan untuk celana jadi berbahan denim. Pertama kali diciptakan oleh Jacob Davis dan Levi Straus pada tahun 1873. Mereka menciptakan celana ini awalnya untuk para pekerja kasar di pertambangan, dan kalo kalian sadar ada kantong kecil di celana jeans kita itu awalnya buat para pekerja nyimpen hasil tambangnya.

Jenis jeans berbahan denim

1. Raw Denim atau Dry Denim

dry denim
images by : nudiejeans.com

Jenis jeans ini merupakan bahan yang dijahit tanpa proses pencucian terlebih dahulu. Makanya, jenis kain ini lebih keras dan kaku tapi masih mengalami proses penyusutan. Karena masih  kaku, dianjurkan untuk sering pake denim ini agar lebih lentur dan nyaman ketika dipake.

Seiring pemakaian, denim ini bakal luntur dibeberapa titiknya juga menimbulkan fading yang bikin kece para pemakainya.

2. Washed Denim

washed denim
images by : pinterest.com

Jenis bahan ini lebih lemas dari Raw Denim, karena telah melalui proses pencucian. Umumnya warna Washed Denim ini keseluruhan terlihat lebih cerah.

3. Prewashed Denim

prewashed.com
images by : nudiejeans.com

Hampir sama kayak Washed Denim, perbedaan hanya terletak pada warna yang luntur di titik tertentu. Umumnya Prewashed Denim, menonjolkan garis lipatan atau fading pada denimnya. Meskipun fading nya tidak se natural Dry Denim, namun masih keliatan kece kok.

4. Stretched Denim

stretch denim
images by : nudiejeans.com

Bahan ini dicampur dengan spandex agar lebih lentur dan leluasa ketika dipake. Jenis ini lebih sering digunakan untuk pembuatan jeans wanita.

5. Poly Denim

poly denim
images by : cultizm.com

Denim ini dicampur dengan polyester sehingga lebih ringan. Kain ini juga lebih cepat kering ketika dicuci. Cocok digunakan untuk kalian yang pingin ke acara formal namun tetep stylist.

BACA JUGA : Sneakers Yeezy Menjadi Trend Sneakers Anak Muda

6. Ramie Denim

ramie denim
images by : aliexpress.com

Terbuat dari campuran serat tanaman rami, jenis denim ini lebih halus dan lebih tidak berkerut. Kain ini juga ga bakal kehilangan bentuknya, meski udah kemakan waktu.

7. Waxed Denim

waxed denim
images by : lyslit.com

Kain ini dilapisi oleh akrilik sehingga terlihat lebih mengkilap kayak pake celana kulit. Tapi, sama kayak jenis denim lainnya, seiring berjalannya waktu akriliknya bakal luntur juga.

8. Selvedge Denim

selvedge denim
images by : mischiefdenim.com

Biasanya sering dipake buat Raw Denim, Selvedge merupakan untaian pada kedua tepi bagian dalem celana denim itu. Selvedge berguna untuk menghindari tenunan kain terlepas dan tidak berumbai.

Akhir kata, meskipun denim dan jeans memiliki arti yang berbeda. Penggunaan kata tersebut udah jadi bahasa yang universal. So, keep it simple bro.