dibalik lagu beatles

The Beatles, Siapa sih orang yang ga pernah denger nama legendaris ini?. Band yang didengerin oleh hampir semua generasi ini ternyata punya cerita unik dalam pembuatan lagunya. Disini Hallo Bro kasih beberapa lagu Beatles yang mempunyai cerita unik dibaliknya.

Beberapa Kisah Unik Dibalik Lagu Beatles

1. Hey Jude

hey jude
images by : rickbedrosian.com

Lagu dari The Beatles yang diciptakan oleh Paul McCartney ini awalnya berjudul “Hey Jules“, ditujukan untuk Julian Lennon yang tak lain adalah putra dari John Lennon dengan istri pertamanya, Chyntia. Lagu ini diciptakan Mccartney untuk menenangkan Julian Lennon yang kala itu masih berusia 5 tahun dari perceraian kedua orang tuanya. Setelah 20 tahun kemudian Julian mengetahui bahwa lagu ini ditujukan kepadanya, oleh sebab itu Julian lebih dekat kepada Paul McCartney dibandingkan dengan ayahnya. Lagu ini merupakan lagu terpanjang dari The Beatles dengan durasi 7 menit 11 detik.

2. Let It Be

let it be
images by : amazon.in

Banyak yang mengira penggalan lirik “Mother Marry” ditujukan untuk bunda Maria, tapi sebenarnya Marry adalah nama ibunda dari Paul McCartney. Lagu ini terinspirasi dari mimpi yang dialami Paul McCartney. Paul bermimpi bertemu sang ibunda yang telah lama meninggal. Dalam mimpi itu, saat paul merasa khawatir sang ibunda mencoba menenangkannya.

3. Blackbird

blackbird
images by : pinterest.com

Blackbird merupakan masterpiece yang diciptakan oleh Paul McCartney. Lagu ini menceritakan tentang perjuangan wanita kulit hitam di Amerika. Bird sendiri merupakan sebutan untuk gadis di Inggris layaknya sebutan chick di Amerika.

4. A Hard Day’s Night

hard days night
images by : themoviedb.org

Berawal dari celetukan drummer The Beatles, Ringo Starr setelah bekerja sepanjang hari dari siang hingga malam. Saat Ringo berkata “It’s been a hard day’s….” saat dia menatap keluar, ternyata hari sudah gelap, lalu spontan berkata “…night”. Itu dia awal mula tercipta judul lagu A Hard Day’s Night.

5. Across The Universe

across the universe
images by : quotesgram.com

Lagu dari album Let It Be ini di ciptakan oleh John Lennon saat bertengkar dengan istri pertamanya Chyntia. Ia awalnya tidak ingin menuliskan unek-unek nya, namun dia merasa tidak dapat tidur jika tidak menuliskannya. Pada penggalan lirik Jai Guru Deva Om yang berarti Terpujilah Guru Dev ini menurut John Lennon merupakan mantera untuk menenangkan pikiran untuk level kesadaran yang lebih tinggi. Jai Guru Deva Om.

BACA JUGA : Ini Nih, Grup Band Kakak-beradik Yang Kompak Juga Keren

6. In My Life

in my life
images by : oldiemusicblog.com

Lagu ini menceritakan tentang pertemanan mantan personil Quarrymen Stuart Sutcliffe yang merupakan sahabat John Lennon dan Paul McCartney. Juga menceritakan tentang kehidupan Pete Shotton, juga tante dari John Lennon Mimi, serta mantan istri pertamanya, Chyntia. Lennon dan McCartney sepakat bahwa lagu ini merupakan lagu terbaik The Beatles. Namun, ada sedikit kontroversi dalam hak cipta lagu ini. Lennon menganggap ia yang menulis semua lagu ini, sedangkan McCartney menganggap lagu ini karya mereka bersama.

7. Yesterday

yesterday
images by : pinterest.com

Lagu yang mencatatkan Guiness Book of World Records sebagai lagu yang paling banyak didaur ulang dan dinyayikan oleh lebih dari 3000 musisi ini diciptakan oleh Paul McCartney dalam perjalanan menuju Albufeira dari Lisbon bersama kekasihnya kala itu, Jane Asher. Lagu ini juga yang menjadi perpecahan Paul dan Yoko Ono karena sengketa penulisan lagu ini. Paul menginginkan namanya yang ditulis lebih dulu McCartney/Lennon. Sedangkan Yoko menginginkan Lennon/McCartney.

8. All You Need Is Love

all you need is love
images by : billboard.com

Pada 25 Juni 1967 lagu ini dimainkan dan disiarkan serentak di 24 negara. Kerennya, lagu ini dibuat terpisah oleh John Lennon dan Paul McCartney sebelum diputuskan bahwa versi John dinilai lebih baik dan lebih mudah di mengerti daripada buatan Paul. Lagu ini dimainkan dengan tempo 7/4, salah satu tempo yang jarang mainkan. Juga menurut HalloBro intro awal lagu ini, hampir mirip dengan salah satu lagu nasional kita, Garuda Pancasila.

9. I Am The Walrus

i am the walrus
images by : everyrecordtellsastory.wordpress.com

Lagu dari album Magical Mystery Tour yang diciptakan oleh John Lennon ini mempunyai cerita unik dibaliknya. Saat pembuatan lagu ini, Lennon menggunakan lirik yang jarang diketahui orang-orang karena Lennon menerima surat dari seorang pelajar yang mengaku bahwa guru Bahasa Inggris nya mengadakan tugas untuk menganalisa lagu-lagu dari The Beatles. Keren ya John Lennon.

10. I’ll Follow The Sun

ill follow the sun
images by : quotesfancy.com

Lagu ini dibuat oleh Paul McCartney sebelum bergabung dengan The Beatles. The Beatles butuh waktu lama untuk merilis lagu ini karena takut kehilangan imej hard rock nya saat itu. Lagu ini lebih bernuansa ballads dibanding rock.

Nah itu dia beberapa kisah dibalik lagu-lagu dari band legendaris asal kota Liverpool ini. Ternyata banyak kisah unik ya dibalik lagu Beatles ini. Kira-kira kisah dibalik lagu Beatles mana yang paling kamu suka?.