hamzah izzulhaq
Image by : www.totaltren.com

Untuk mengejar cita-cita tidak harus menunggu tua, lakukan sekarang apabila kamu mampu melakukannya. Hamzah Izzulhaq adalah entrepreneur muda sukses yang memulai berwirausaha sejak dia masih duduk dibangku sekolah dasar kelas 5 SD.

Perjalanan bisnis Hamzah Izzulhaq

Hamzah Izzulhaq

1. Sekolah Dasar (SD)

Sejak masih Sekolah Dasar Hamzah Izzulhaq bisa dibilang seseorang yang jiwa kewirausahaan nya sangat tinggi karena pada saat teman-temannya sibuk bermain dengan temannya seperti bermainan klereng, petasan dan lain-lain. Hamzah malah menjual mainan ke teman-temannya dari klereng, gambaran, petasan dan lain-lain, sampai Hamzah pernah menjadi ojek payung.

2. Sekolah Menegah Pertama (SMP)

Pada masa SMP Hamzah sangat senang sekali bermain game online dia sudah mengorbankan banyak sekali uang jajan yang diberikan ibu nya hanya untuk bermain game. Dari situlah jiwa kewirausahaan Hamzah tumbuh kembali, Hamzah menjual akun-akun game online nya kepada teman-teman nya yang ingin membeli akun tersebut. Akun game online Hamzah pernah dibeli oleh temannya dengan harga 1,2 juta.

3. Sekolah Menegah Atas (SMA)

Mulai beranjak menjadi anak remaja Hamzah mulai serius dalam merintis menjadi wirausahawan dengan menjual pulsa dan buku untuk pelajar pada saat pergantian semester, karena paman penjual buku yang mempunyai toko yang lumayan besar hamzah dapat membeli buku di pamannya dengan diskon 30% per bukunya dan hamzah menjual buku tersebut keteman-temannya dengan harga diskon 10% bisnis hamzah untung besar karena setiap pembelian buku Hamzah mendapatkan keuntungan 20%. Biasanya setiap pergantian semester Hamzah bisa mendapatkan keuntungan bersih dari penjualan buku sebesar Rp. 800.000,00 – Rp. 1.000.000,00. Hamzah tidak mudah merasa puas dia mencoba berwirausaha yang lain lagi dengan modal yang dia dapat pada saat menjual buku. Hamzah mencoba berjualan pulsa dengan membuka konter pulsa dengan temannya. Bisnis konter pulsa milik Hamzah ini tidak bertahan lama dikarenakan rekannya sering diam-diam mengambil pulsa dan kadang-kadang Hamzah menggunakan pusa untuk konsumsi dia sendiri akhirnya sekitar 3 bulanan bisnis nya gulung tikar.

4. Lulus dari SMA

Perjuangan Hamzah tidak sampai disitu untuk menjadi pembisnis. setelah Hamzah bangkrut dari jualan pulsa dengan temannya tersebut, dia bangkit lagi untuk menjual pulsa dan menerima jasa pembuatan pin. Akhirnya Hamzah membeli alat-alat untuk membuat pin, akan tetapi karena Hamzah dengan rekannya tidak begitu mengerti cara untuk menggunakan alat pembuatan pin akhirnya usaha nya tersebut gagal lagi sampai Hamzah dimarahi oleh bapak nya karena sudah menghabiskan uang yang banyak untuk bisnis tersebut. Akhirnya Hamzah merenungkan diri karena sudah merasa gagal, akan tetapi Hamzah mencoba untuk bangkit lagi dengan membaca buku-buku tentang Enterpreneur yang sudah sukses ntuk menjadi motivasi. Hamzah memutuskan untuk berjualan snack-snack dan roti tidak disangka-sangka Hamzah untung besar sekitar 5 juta yang dia dapat dari bisnis tersebut. Oleh karena itu Hamzah memberanikan diriĀ  mencoba berwirausaha yang lebih besar lagi tingkat resiko dan tingkat pendapatannya. Hamzah membeli mitra bisnis yang menjual Franchise Bimbel seharga 175 juta tetapi Hamzah tidak punya uang sebesar itu kemudian di harus pinjam ayahnya yang sebagai dosen tapi ayahnya meminjami uang 70 juta yang seharusnya uang itu sudah di tabung untuk dibelikan mobil. Hamzah melobi ke mitra bisnisnya yang menjual franchise bimbel untuk membayar 75 juta dulu sisanya yang 100 juta untuk dicicil.

Perjuangan yang sangat besar dan penantian yang sangat lama akhirnya membuahkan hasil yang sangat tidak terduga, akhirnya usaha bimbel Hamzah maju pesat dan Hamzah sekarang mempunyai 3 lisensi bimbel, dengan jumlah siswa bimbelnya sudah mencapaiĀ 200 lebih siswa lebih yang daftar dan Omzet nya sudah mencapai 360 juta rupiah / 6 bulan Tidak sampai disitu saja usaha ny., Hamzah juga ingin mencoba usaha baru yaitu sofabed, sekarang bisnis Hamzah telah resmi berbadan hukum dengan nama CV Hamasa Indonesia. Akhirnya Hamzah Izzulhaq menjadi direktur muda di tahun 2011 di usaha sofa bed nya yang mempunyai omzet 100 juta / bulan.

BACA JUGA : Nadiem Makarim Pendiri Gojek

Hal-hal yang menunjang kesuksesan Hamzah Izzulhaq

1. Gabung dalam komunitas bisnis

Hamzah Izzulhaq dan rekannya mendapat tawaran franchise bimbel dia dapatkan dalam komunitas bisnisnya karena rajin mengikuti pertemuan Community of Motivator and Entrepreneur.

2. Talk less do more

Hamzah adalah tipe orang yang sedikit berbicara akan tetapi dia suka langsung terjun kelapangan untuk melihat kondisi karena hamzah menerapkan konsep learn by doing. Itulah yang membuat Hamzah cepat mendapatkan keuntungan dan membuat bisnisnya bisa maju pesat, akan tetapi Hamzah juga tau resiko apa saja yang akan dia dapatkan pada saat dia mengambil langkah.

3. Orang tua

orang tua Hamzah sangat menyanyangi Hamzah berikut juga dengan Hamzah, walaupun orang tuanya sudah kecewa dengan hamzah karena hamzah gagal dalam bisnis sebelumnya akan tetapi orang tua nya terus mendukung Hamzah untuk mendapatkan cita-cita yang dia impikan sejak kecil untuk menjadi pembisnis yang sukses.

4. Take over

Bisnis franchise bimbel dan sofabed yang dimiliki oleh Hamzah Adalah bisnis yang tidak dimulai dari nol. Hamzah mengambil alih perusahaan tersebut dengan membayar nya dan mengembangkan bisnis tersebut.

Apa yang kamu tunggu lagi? ayo rencanakan cita-citamu dari sekarang. Selalu berusaha untuk mendapatkan impian yang kamu mau, karena penyesalan datangnya terakhir.