fakta dan mitos berpuasa
Image by: nettik.net

Hallo bro! Gak terasa sebentar lagi udah puasa, dan banyak sekali fakta dan mitos berpuasa yang bermunculan. Hati-hati dengan mitos, karena beberapa mitos kadangkala menjadi benar karena sudah biasa atau sering mendengarnya. Padahal mitos itu dibenarkan, karena banyak orang yang tidak tau fakta dari mitos itu. Oleh karena itu ada baiknya kalian mengetahui beberapa mitos dan fakta tentang puasa dibawah ini, agar kalian tidak tertipu dengan mitos yang sudah beredar.

Fakta Dan Mitos Berpuasa Yang Harus Kalian Ketahui Sebelum Melakukannya!

1. Ibu hamil boleh berpuasa atau tidak?

fakta dan mitos berpuasa
Image by: www.alodokter.com

Apabila ibu yang sedang hamil tapi ingin berpuasa, sebenarnya itu diperbolehkan. Akan tetapi bila masih sering mual-mual itu dianjurkan jangan berpuasa dulu. Setelah mual dan gangguan yang lain akibat kehamilan sudah teratasi, baru dianjurkan berpuasa. Yang terpenting pada saat buka puasa atau sahur memperbanyak makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin, agar kandungannya tetap sehat.

2. Menggosok gigi pada siang hari di bulan Ramadhan, mengurangi pahala puasa atau tidak?

fakta dan mitos berpuasa
Image by: www.merdeka.com

Syaikh Abdul Aziz bin Baz pada saat ditanya, apa hukum menggunakan pasta gigi saat berpuasa, beliau menjawab:

membersihkan gigi dengan pasta gigi boleh saja, selama menjaga diri dari sesuatu yang masuk ke dalam rongga perut (Majmu Fatawa Ibnu Baz, 15: 260)

Jadi sebenarnya menyikat gigi waktu berpuasa boleh saja, asalkan pasta tersebut tidak masuk ke perut.

3. Banyak tidur ketika berpuasa adalah ibadah atau mengurangi pahala?

fakta dan mitos berpuasa
Image by: Kompas.com

Memang terdapat suatu hadist yang berkata “Tidurnya orang yang berpuasa itu ibadah” terdapat dalam kitab Ihya Ulumuddin milik imam Ghazali. Akan tetapi sebenarnya terlalu banyak tidur sampai meninggalkan sholat wajib, itu hukumnya haram.

4. Menangis membatalkan puasa, benar atau tidak?

fakta dan mitos berpuasa
Image by: www.howhaw.com

fakta dan mitos berpuasa berikutnya adalah menangis. Banyak orang yang mempercayai menangis itu dapat membatalkan puasa, akan tetapi pernyataan itu tidak benar. Rasulullah SAW menyatakan bahwa hanya tiga yang membatalkan puasa yaitu:

  • Makan dengan sengaja
  • Minum dengan sengaja
  • Berhubungan suami istri

ketiga hal itu yang harus dihindari, selain itu ada penyebab lain lagi yang dapat membatalkan puasa, yaitu:

  • Melahirkan
  • Hilang ingatan
  • Pingsan
  • Mabuk
  • Muntah
  • Nifas
  • Haid
  • Murtad

Jadi apabila menangis pada bulan Ramadhan, itu tidak termasuk membatalkan puasa. Tapi bisa mengurangi pahala puasa apabila menangisnya karena masalah yang tidak jelas, seperti rebutan pacar oleh temannya dan lain-lain.

5. Sebenarnya berdarah membatalkan puasa atau tidak?

fakta dan mitos berpuasa
Image by: www.bukusekolah.org

Sebenarnya berdarah dapat membatalkan puasa, apabila dia di bekam. Karena Imam Ahmad, Ishaq dan kalangan ahli hadits pernah berpendapat bahwa bekam membatalkan puasa, dan juga sebagai mana HR. Abu Daud dan Ibnu Majah pernah berpendapat:

Orang yang membekam dan dibekam puasanya batal (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah)

Akan tetapi apabila keluar darahnya dari hal yang tidak di sengaja, seperti jatuh atau terkena pecahan kaca dengan tidak disegaja itu tidak membatalkan puasa.

BACA JUGA: Ini dia!! Makanan Yang Bikin Kenyang Lama, Pas Banget Buat Sahur.

6. Berenang pada bulan Ramadhan membatalkan puasa atau tidak?

fakta dan mitos berpuasa
Image by: matasakti.com

Berenang sama sekali tidak membatalkan puasa, asalkan pada saat berenang tidak ada air sedikitpun yang masuk ke dalam tubuh kalian. Oleh karena itu dianjurkan tidak berenang pada saat bulan ramadhan, karena air gampang sekali masuk kedam tubuh saat berenang.

7. Sebenarnya ibu yang sedang menyusui boleh berpuasa atau tidak?

fakta dan mitos berpuasa
Image by: sayangianak.com

Ibu yang sedang menyusui sebenarnya boleh berpuasa. Akan tetapi apabila sang ibu sudah tidak kuat berpuasa, dianjurkan untuk berbuka puasa. Karena bahaya bagi bayinya dan juga sang ibu. Dalam kondisi menyusui wanita tersebut membutuhkan asupan nutrisi dan vitamin yang cukup, agar kualitas ASI tetap baik.

8. Apabila waktu sahur lupa untuk membaca niat puasa, puasa nya batal atau tidak?

fakta dan mitos berpuasa
Image by: www.mutiarapublic.com

Imam Syafi’i pernah berkata:

Makan sahur tidak dengan sendirinya dapat menggantikan kedudukan niat, kecuali apabila terbesit dalam hatinya maksud untuk berpuasa (al-Fiqh al-islami, lll, 1678)

Jadi walaupun kamu lupa untuk berniat puasa pada waktu sahur, akan tetapi di dalam hati kamu sudah terbesit niat untuk berpuasa Itu sudah diperbolehkan untuk berpuasa.

Jadi itu dia mitos dan fakta yang sebenarnya tentang puasa. Jangan sampai tertipu dengan mitos-mitos tentang puasa, cari dulu kebenarannya, baru kamu bisa mempercayai mitos tersebut. Selamat berpuasa bagi kamu yang menjalankannya.