fakta dari mitos

Mitos, mitos merupakan cerita yang berlatar dari masa lampau, dan masih diyakini atau dipercaya oleh para penganutnya. Walaupun di zaman modern seperti sekarang ini udah jarang yang percaya sama mitos, namun masih ada kok mitos yang masih dipercaya oleh sebagian orang. Tapi, kira-kira kamu tau gak fakta dari mitos yang sering kamu denger?. Nah, Hallo Bro bakal kasih tau nih fakta dari mitos yang sering kamu denger itu. Cek ya.

Fakta Dari Mitos Yang Masih Dipercaya Sebagian Orang Versi Hallo Bro!

1. Di Gigit Tokek Harus Nunggu Petir

fakta dari mitos
image by: autonetmagz.com

Ini yang absurd banget, mitosnya kalo kamu di gigit tokek kamu harus nunggu petir dulu baru bisa lepas. Tokek nya kaget kali ya, jadi bisa ngelepasin gigitannya.

Faktanya: kalo kamu di gigit tokek, kamu cuma perlu kelitikin perut tokek nya biar dia mau lepasin gigitannya.

2. Ketindihan Setan

fakta dari mitos
image by: psychonauticus.blogspot.com

Pernah kan kamu ngerasa badan kamu gabisa gerak pas tidur, terus yang bikin serem kayak ada sosok setan juga lagi nindih kamu. Bener gak sih itu ditindih setan beneran?

Faktanya: Itu bukan ditindih setan, itu keadaan normal manusia kok. Bahasa kedokterannya Sleep Paralysis atau keadaan tubuh manusia yang tidak bisa bergerak maupun bersuara ketika tidur ataupun bangun tidur.

3. Pas Bangun Tidur Tangan Biru-biru Artinya Dijilat Setan

fakta dari mitos
image by: drzubaidi.com

Mitosnya sih kalo bangun tidur terus ada bercak biru gitu di badan kamu artinya dijilat setan. Apa iya?

Faktanya: Dalam dunia kedokteran, fenomena ini disebut Purpura Simplex atau pecahnya dinding pembuluh darah.

4. Kebelet BAB Bisa Ditahan Pake Batu

fakta dari mitos
image by: lukechandler.wordpress

Hayo ngaku, siapa yang sampe sekarang masih percaya mitos ini?. Ngaruh gak sih? Kayaknya sih kalopun ngaruh juga cuma karena sugesti lah ya.

Faktanya: Fenomena ini belum bisa dijelaskan secara medis, karena fenomena ini berawal dari sugesti pada zaman dulu yang percaya bahwa batu bisa berfungsi sebagai jimat.

5. Makanan Yang Jatoh Boleh Dimakan Asal Belum 5 Menit

fakta dari mitos
image by: okezone.com

Sering kan denger ungkapan belum 5 menit ini, apa jangan-jangan kamu  masih pake ungkapan ini juga?. Wah sama dong kalo gitu.

Faktanya: Jangankan jatoh di tanah yang kotor, di lantai yang baru di pel aja banyak kumannya. Jadi simpulin sendiri aja ya!.

6. Siul Malem Hari Bisa Ngundang Setan

fakta dari mitos
image by: kiss1023.ca

Siapa yang dulu pernah diomelin emak gara-gara siul malem-malem?. Mitosnya sih kalo siul malem-malem tuh bisa ngundang mahluk halus. Apa iya?.

Faktanya: Ternyata masih banyak yang percaya mitos ini, malah di daerah Gunung Kidul (Yogyakarta) katanya siul malem-malem atau pada langit senja bisa manggil kemamang atau hantu api. Waduh serem ya!.

BACA JUGA: Jangan Anggap Remeh Pamali Ini, Karena Kamu Bisa Jadi Kena Batunya!

7. Gaboleh Main Petak Umpet Malem Hari

fakta dari mitos
image by: entertainmentgeek-jimmy

Mitosnya sih kalo main petak umpet malem-malem bisa diculik wewe gombel. Apa iya?.

Faktanya: Walaupun banyak yang masih percaya mitos ini, tapi dulu salah satu Admin Hallo Bro pernah main petak umpet malem-malem dan ga syukur terjadi apa-apa (ini waktu udah gede ya!).

8. Gaboleh Duduk Di Depan Pintu Biar Gak Seret Jodoh

fakta dari mitos
image by: ign.com

Nah mitos absurd lagi nih, padahal ya kalo di pikir pake logika bener juga. Kalo kita duduk di depan pintu nih gak bagus, karena selain ngeribetin juga ngalangin jalan. Iya gak?

Faktanya: Ok, faktanya kalo kita duduk di depan pintu sering diartikan sebagai orang pemalas karena cuma ngabisin waktunya buat berdiam disitu. Jangan lagi ya kayak gitu!.

9. Gaboleh Foto Bareng Dengan Jumlah Ganjil

fakta dari mitos
image by: billboard.com

Mitosnya sih kalo kita foto dengan jumlah ganjil orang yang ditengah bakal tertimpa musibah. Malah ada juga yang bilang, kalo kita foto dengan jumlah ganjil nanti ada juga yang bakal ikutan foto bareng kita (baca: mahluk halus). Waduh.

Faktanya: Ga ada kaitan foto bertiga atau ganjil bakal mendatangkan musibah. Kalo kita dapet musibah itu karena takdir Tuhan, bukan karena foto.

10. Potong Rambut Biar Cepet Panjang

fakta dari mitos
image by: forums.stevehoffman.tv

Mitos ini yang paling sering dipercaya, apalagi buat yang cowok-cowok. Mitosnya kalo pengen rambut cepet panjang, sering-sering dipotong. Masa sih?.

Faktanya: Menurut pakar dermatologi memotong ujung-ujung rambut gabakal mempengaruhi batang dan akar rambut. Kalo mau memperpanjang rambut, pake nutrisi. Itupun hasilnya ga akan instan.

11. Cabut Uban, Bakal Nambah Uban Lagi

image by: cnn.com

Gak jarang kan kamu nemuin orang yang rambutnya udah beruban, pas kamu mau cabut dia nolak. Katanya sih biar ga makin banyak ubannya. Bener gak sih?.

Faktanya: Ga terbukti, uban merupakan rambut yang udah kehilangan pigmennya dan gabisa dihilangkan karena folikel rambut akan terus memproduksi dengan warna senada (hitam).

Nah itu dia beberapa fakta dari mitos yang masih dipercaya oleh sebagian orang. Kamu termasuk gak?. Sebenernya masih banyak mitos-mitos lain yang masih dipercaya hingga kini. Nanti deh Hallo Bro bikin Part II fakta dari mitos lainnya.