sea games
Image by: shopsmart.co.id

SEA Games adalah ajang olahraga yang diadakan setiap dua tahun sekali dan melibatkan 11 negara Asia Tenggara. Pada Sabtu, 19 Agustus pukul 23:00 WIB, Pesta Olahrga Asia Tenggara atau dikenal dengan nama SEA Games resmi dibuka. Berikut ini adalah fakta-fakta mengejutkan Pesta Olahraga tersebut.

Fakta-Fakta SEA Games 2017 Yang Sangat Mengejutkan!

1. Estafet Baton

sea games
Image by: sport.tempo.com

Pada SEA Games di tahun 2017 ini terdapat hal-hal baru, salah satunya yaitu lari estafet dengan membawa tongkat atau baton. Ketika baton tiba di masing-asing negara di Asia Tenggara maka akan dibawa lari sekitar 10 kilometer di area ibukota negara tersebut. Hal tersebut untuk menandakan negara Asia Tenggara bangkit bersama seperti motto SEA Games yaitu bangkit bersama.

2. Maskot Harimau

sea games
Image by:twitter.com

Maskot SEA Games tahun ini berbentuk harimau, hal tersebut karena dari kata-kata Rimau memiliki nilai-nilai tersembunyi pada namanya. Dalam bahasa Inggris nilai-nilai tersebut disingkat menjadi Respect, Integrity, Move, Attitude, Unity (RIMAU).

3. Hari Ulang Tahun Malaysia

sea games
Image by: imahkudesain.blogspot.co.id

Pada penyelenggaraan SEA Games tahun ini di selenggerakan bersamaan hari ulang tahunnya negara Malaysia yang ke 60.

4. Terdapat 4806 Atlet

sea games
Image by: konidepok.or.id

Penyelenggaraan SEA Games tahun ini diikuti oleh 4806 atlet dari 11 negara. Malaysia mengirim atlet paling banyak yaitu 874 dan Timor Leste mengirim atlet yang paling sedikit yaitu 48 atlet.

BACA JUGA: Ini Dia Sejarah dan Kronologi Logo Brand Terkenal Dunia Yang Belum Kalian Ketahui

5. Mengedepankan Prinsip Go-Green

sea games
Image by: anasilham3.blogspot.co.id/

Shaiful Zahrain Subhan, kepala pelaksanaan komite panitia SEA Games 2017, mendorong semua kontingen dan atlet yang mengikuti SEA Games untuk menjadikan go-green sebagai gaya hidup selama bertanding di negeri Malaysia. Panitia juga menyediakan berbagai fasilitas ramah lingkungan selama penyelenggaran SEA Games.

6. Pengamanan Yang Sangat Ketat

sea games
Image by: pojoksatu.id

Negara malaysia sebagai tuan rumah SEA Games 2017 ini sangat memperhatikan pengamanannya, tidak tanggung-tanggung panitia SEA Games memanggil 10.000 polisi untuk mengamankan jalannya acara.

7. Bendera Indonesia yang terbalik

sea games
Image by: olahraga.kompas.com

Di dalam buku cendera mata pada pembukaan SEA Games 2017, bendera Merah Putih milik Indonesia terbalik, akan tetapi dari pihak malaysia sudah meminta maaf kepada presiden Indonesia soal insiden terbaliknya bendera Indonesia dibuku tersebut.

Itu dia fakta-fakta mengenai ajang olahraga terbesar di asia tenggara, dukung terus atlet-atlet bangsa Indonesia di ajang tersebut. Agar atlet-atlet Indonesia bisa membawa pulang banyak piala ke Indonesia.