bassist sekaligus vokalis
image by: warningmagz.com

Walaupun posisi bassist yang kurang begitu populer dalam suatu band, tapi banyak kok musisi yang bikin anggapan itu salah. Gak jarang juga, ada sebuah band yang lebih dikenal bassist nya dibanding personil yang lain, contohnya Flea (RHCP). Namun, yang bakal Hallo Bro bahas disini adalah bassist yang menjadi vokalis utama dalam suatu band. Ada apa aja ya? cek deh!.

Ini Dia Bassist Sekaligus Vokalis Yang Gak Cuma Jago, Tapi Keren Juga!

1. Paul McCartney (The Beatles, Wings)

paul mccartney
image by: hdwall.us

Pertama ada Paul McCartney, bassist sekaligus vokalis bersama John Lennon dari band legendaris asal kota Liverpool, The Beatles. Walaupun waktu The Beatles masih memakai nama Quarrymen Paul mengisi posisi gitar bersama John dan George. Namun setelah Stuart Sutcliffe keluar dari The Beatles, Paul mengisi posisi bass. Banyak pemain bass band terkenal yang menjadikan Paul McCartney sebagai idolanya karena kejeniusan dari maestro bertangan kidal ini.

2. Lemmy Kilmister (Motorhead)

lemmy kilmister bassist sekaligus vokalis
image by: joe.ie

Selanjutnya Lemmy Kilmister vokalis sekaligus bassist band asal Amerika, Motorhead. Suara vokal yang khas ditambah permainan bass yang ciamik menjadikan Lemmy salah satu bassist sekaligus vokalis band terbaik di dunia. Bahkan Dave Grohl pernah mengatakan bahwa Lemmy adalah seorang raja rock n roll.

3. Roger Waters (Pink Floyd)

roger waters
image by: musicforgood.tv

Walaupun ada perdebatan antara fans setia Pink Floyd, siapa antara Waters dan Gilmour yang sangat berpengaruh terhadap kesuksesan Pink Floyd. Namun, permainan bass dan karakter vokal dari Waters sangat menyatu dalam sound yang dimiliki Pink Floyd, seperti dalam lagu Money, Comfortably Numb, dan Us and Them.

4. Sting (The Police)

sting
image by: bandwagon.asia

Walaupun sekarang Sting lebih sering bersolo karir, namun saat masih bersama The Police kualitas permainan bass dari Sting gak perlu diragukan lagi. Stax dan Paul McCartney merupakan inspirasi utama Sting dalam permainan bass nya. “Ketika masih kanak-kanak, aku memutar album piringan The Beatles dalam kecepatan 45 rpm, sehingga aku dapat mendengarkan alunan bass yang leih baik” ungkap Sting.

5. Mark Hoppus (Blink-182, +44)

mark hoppus
image by: nme.com

Blink-182 mempunyai 2 orang vokalis yang keduanya sama-sama memiliki karakter vokal yang khas. Walaupun Blink-182 udah ditinggal sama gitarisnya Tom DeLonge, namun band ini masih tetap jalan kok. Kekosongan yang ditinggal Tom udah diisi sama Matt Skiba (Alkaline Trio).

BACA JUGA: Ini Nih, Beberapa Band Side Project Dari Musisi Yang Ga Kalah Keren Dari Band Utamanya!

6. Tyson Ritter (The All-American Rejects)

tyson ritter
image by: studlife.com

Tyson Ritter merupakan bassist sekaligus vokalis yang dimiliki band pelantun Gives You Hell ini. Band ini terbentuk pada tahun 1997 dan masih eksis hingga saat ini. Album terbarunya adalah Kids in the Street yang rilis pada 2012 silam.

7. Bagus Dhanar Dana (NTRL)

bagus netral
image by: deathrockstar.club

Selanjutnya dari tanah air, ada Bagus Dhanar Dhana atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bagus Netral. Bassist sekaligus vokalis berkepala botak ini memiliki karakter suara yang khas. Cocok banget sama musik yang diusung NTRL, bareng Eno (drum) dan Coki (gitar).

8. Bondan Prakoso (Bondan Prakoso & Fade 2 Black)

Bondan Prakoso
image by: best4wallpapers.com

Bondan Prakoso, mantan artis cilik ini merupakan vokalis dan bassist yang perlu diperhitungkan juga kualitas bermusiknya. Walaupun sekarang jarang terdengar lagi namanya, namun band Bondan bareng Fade 2 Black ini masih eksis kok sampe sekarang. Ditunggu deh album terbarunya!.

9. John Paul Patton (Kelompok Penerbang Roket)

coki kpr
image by: flickr.com

Terakhir John Paul Patton atau lebih dikenal dengan sebutan Coki. Merupakan bassist sekaligus vokalis dari band rock asal Jakarta yang terbentuk pada akhir tahun 2011. Dan kualitas musik band KPR maupun skill para personilnya juga patut diperhitungkan. Keren-keren semua, coba cek aja videonya di youtube atau datengin langsung konsernya juga boleh.

Nah itulah beberapa bassist yang ternyata gak cuma jago main bass nya, tapi juga punya suara yang keren. Ada idola kamu gak diatas? kalo idola Hallo Bro sih, siapa lagi kalo bukan Paul McCartney. hehe.