kebiasaan sebelum tidur
image by: inquisitr.com

Tidur merupakan hal yang dibutuhkan setiap mahluk hidup. Karena dengan tidur, tubuh bakal lebih rileks dan juga banyak banget manfaat dari tidur ini. Namun, hindari deh kebiasaan sebelum tidur ini yang bikin kualitas tidur kamu terganggu. Karena selain mengganggu kualitas tidur kamu, kebiasaan sebelum tidur ini juga punya dampak lain buat kesehatan kamu. Apa aja? Cek ya.

Kebiasaan Sebelum Tidur Berdampak Gak Bagus Yang Udah Hallo Bro Rangkum!

1. Masih Menggunakan Headset Saat Tidur

kebiasaan sebelum tidur
image by: npr.org

Kalo kamu masih sering ngelakuin hal ini setelah otp bareng gebetan atau malah harus denger musik sebelum tidur mending diubah deh kebiasaannya. Karena apa? apa lagi kalo bukan bahaya buat kesehatan dan juga mengganggu kualitas tidur kamu.

Dampak: Menurunkan pendengaran, merusak otak, menurunkan waspada, dan melukai kulit telinga.

2. Meletakkan Handphone Di Sebelah Bantal

kebiasaan sebelum tidur
image by: naturalhealtcareforyou.com

Biasanya sering kan ngelakuin hal ini? apalagi kalo misalnya udah bikin alarm supaya bisa kebangun paginya. Nah, kebiasaan ini juga ada baiknya harus di tinggalin deh pelan-pelan. Karena apalagi kalo bukan radiasi dari hp kamu itu sendiri.

Dampak: Sulit tidur, meningkatkan resiko kanker, merusak sel otak, masalah infertilitas, dan keguguran.

3. Lupa Mematikan Televisi Saat Tidur

kebiasaan sebelum tidur
image by: dailymail.co.uk

Selain badan kamu yang butuh tidur, otak kamu juga perlu tidur loh. Itulah sebabnya kalo kamu lupa mematikan TV kamu sebelum tidur bisa bikin otak kamu tetap bekerja menerima ransangan dari indera pendengaran dan mungkin penglihatan kamu. Gamau kan bikin otak kamu capek?.

Dampak: Kualitas tidur terganggu, dapat mengurangi kesempatan mengganti sel-sel dalam tubuh, dan hormon melatonin tidak tidak didapat secara maksimal.

4. Menatap Layar Smartphone

kebiasaan sebelum tidur
image by: dailymail.co.uk

Buat kamu nih yang masih sering mainin hp saat sebelum tidur, mending dikurangin deh. Apalagi kalo keadaan kamar udah gelap, wah ga bagus banget tuh buat tubuh kamu apalagi mata kamu.

Dampak: Kelelahan otak, kerusakan mata, gangguan saraf, dan mungkin bisa juga menyebabkan obesitas serta depresi.

5. Makan Setelah Jam 8 Malem

kebiasaan sebelum tidur
image by: secretsofagoodnightssleep.com

Nah makan malem setelah jam 8 malem juga ga terlalu bagus loh buat kesehatan. Karena menurut para ilmuwan dalam jurnal Obesity yang terbit tahun 2011, menemukan bahwa makan setelah jam 8 malem berbahaya untuk berat badan seseorang.

Dampak: Obesitas, Diabetes, mempengaruhi pola dan kualitas tidur, meningkatkan resiko serangan jantung dan bisa menyebabkan insomnia.

6. Lupa Bersih-bersih Sebelum Tidur

kebiasaan sebelum tidur
image by: bellanaija.com

Bersih-bersih disini maksudnya adalah membersihkan tubuh sebelum tidur. Seperti cuci kaki, sikat gigi, dan mungkin menghapus make up buat para cewek.

Dampak: Membuat wajah lebih mudah jerawatan jika tidak membersihkan wajah dan gangguan kesehatan mulut jika tidak menyikat gigi sebelum tidur.

7. Buat Cewek, Gak Melepas Underwire Bra Sebelum Tidur

kebiasaan sebelum tidur
image by: thehealthorange.com

Nah, ini perlu loh dilakukan. Selain bisa mengganggu kualitas tidur kamu, gak melepas underwire bra kamu juga bisa menyebabkan resiko kanker payudara.

BACA JUGA: Mimpi? Apa Aja Sih Penyebab Mimpi Saat Kita Tidur?

8. Tidur Dengan Tangan Sebagai Alas

kebiasaan sebelum tidur
image by: prevention.com

Buat kamu yang masih sering melakukan hal ini mending ditinggalin deh. Apalagi kalo niat awalnya cuma tidur-tiduran aja eh taunya malah ketiduran beneran. Gak bagus juga loh buat kesehatan tangan dan dada kamu.

Dampak: Menghambat peredaran darah di tangan, gangguan saluran pernafasan dan pencernaan, dan gak jarang bisa menyebabkan sakit leher.

9. Menutup Kepala Dengan Selimut Ketika Tidur

kebiasaan sebelum tidur
image by: cnn.com

Emang sih banyak orang yang lebih nyaman tidur dengan keadaan gelap, apalagi sampe kepala ikutan masuk juga kedalem selimut. Kalo kamu salah satu yang kayak gitu juga, ada bagusnya dikurangin ya!.

Dampak: Berkurangnya kadar oksigen dalam tubuh.

10. Overthinking

kebiasaan sebelum tidur
image by: elephantjournal.com

Wah ini nih yang paling bahaya sebelum tidur. Selain menyebabkan sulit tidur, overthinking juga punya banyak dampak lain loh buat tubuh kamu.

Dampak: Kecemasan, menguras pikiran sia-sia, Analysisis Paralysis, dan depresi hingga stres.

Nah itulah beberapa kebiasaan sebelum tidur yang baiknya kamu hindari, malah kalo bisa ditinggalkan. Karena apalagi selain menggangu kualitas tidur kamu, dampaknya juga gak bagus buat tubuh. Kalo kamu masih melakukan kebiasaan itu sebelum tidur, yuk kurangin mulai sekarang!.