Hindari Unggah 5 Hal Ini Di Media Sosial Sebelum Membahayakan Kalian!
image by gajaksahda.blogspot.com

Media sosial memang menjadi kebutuhan hidup manusia di jaman sekarang. Dengan era serba digital seperti ini sangat memudahkan manusia dalam segala hal. Akan tetapi perlu diketahui, dengan kemajuan teknologi digital perlu dibarengi dengan rambu-rambu atau aturan yang diperbolehkan dan apa yang seharusnya tidak dilakukan di media sosial khususnya. Karena teknologi bisa menjadi bumerang untuk tindak kejahatan. Tetapi pada kenyataannya keadaan yang merugikan tersebut banyak dihiraukan oleh pengguna sosial media sekarang. Berikut 5 unggahan yang bisa membahayakan penggunanya.

Menyebarkan Berita Palsu Di Media Sosial

Pada jaman sakarang ini berita-berita yang palsu atau hoax malah menjadi perhatian banyak orang. Khususnya pengguna sosial media kerap menerima pesan dari aplikasi yang digunakan yang tidak diketahui pengirimnya. Jika kebenaran berita yang kalian terima tersebut masih simpang siur, maka jangan sekali-kali kalian menyebarkannya ke sosial media. Karena jika berita itu palsu maka kalian bisa menyalahi undang-undang IT yang ada dan akan berurusan dengan hukum yang ada.

BACA JUGA: Ini Dia 5 Sosial Media Yang Paling Populer Di Indonesia!

Alamat “Check In”

Banyak Anak muda sekarang jika sedang berlibur, dia akan menyebarkan informasi keberadaanya. Jika kalian sering seperti itu maka sebaiknya hindarilah. Karena keberadaan yang kalian sebar bisa berujung fatal, sebagai contoh lokasi yang kalian sebarkan itu bisa dilacak seseorang yang berniat melukai atau membayakan kalian.

Informasi Kartu Kredit

Jangan pernah sekali-kali kalian menyabarkan informasi kartu kredit kalian. Memang anak muda dijaman sekarang sering mengunggah foto kartu kredit agara terlihat glamor. Tetapi yang perlu kalian tau jika kalian sering memamerkan foto kartu kredit kalian, akan berujung fatal jika ada seseorang yang berniat merampok ataupun menyakiti kalian.

Petunjuk Kata Sandi

Kalian pasti sering mengunggah tanggal lahir, kota, atau hal-hal yang sepesifik tentang hidup kalian. Perlu kalian tau, meski hanya pertunjuk unggahan tersebut akan mudah diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Karena hal-hal yang spesifikasi tersebut pasti banyak yang beranggapan adalah kata sandi anda di sosial media yang dimiliki.

hal yang bukan hasil karyamu

Jika kalian mengunggah hal yang bukan hasil karya kalian sendiri. maka bersiap-siaplah tentang pelanggaran undang-undang IT yang sudah ada. Secara moral, hal ini tidak bagus untuk diri sendiri, apalagi bukan hasil karyamu sendiri.

Itulah 5 unggahan yang bisa membahayakan kalian jika mengunggahnya. Sosial media hendaknya dimanfaatkan untuk kegiatan yang positif. Ajak kawan-kawan setia hallo bro semua untuk berbuat positif, agar menjadi penerus bangsa yang bisa diandalkan.