memulai bisnis
image by: maphappy.org

Bisnis atau usaha merupakan suatu bentuk perilaku masyarakat yang lazim saat ini. Mendapatkan keuntungan merupakan prioritas utama. Berbagai cara pun dapat dilakukan selama hal tersebut tidak mengganggu kepentingan umum. Namun, terdapat 3 hal yang perlu dibentuk dalam diri kita dalam memulai bisnis atau usaha agar dapat berjalan sesuai rencana, yaitu:

3 Aspek Dalam Diri Yang Perlu Dibentuk Sebelum Memulai Bisnis

1. Memiliki Inovasi

inovasi
image by: ideapoke.com

Inovasi dalam hal ini berarti menciptakan sesuatu yang baru. Ketika kamu memiliki niat untuk memulai bisnis cobalah menemukan serta membuat sesuatu yang belum pernah ada dalam masyarakat. Di era global ini, masyarakat banyak yang memulai bisnis yang dilakukan oleh berbagai kalangan, tetapi sebagian besar dari mereka membuat produk serupa yang sedang menjadi trend dalam masyarakat. Memang suatu hal yang tidak salah jika memperhatikan daya beli masyarakat, tetapi sebagian besar dari mereka berkemungkinan lebih memilih produk yang memiliki nama atau produk yang bergengsi dan merupakan suatu resiko yang tidak bisa dihindari. hal itu akan berdampak pada persaingan pasar pada produk tersebut yang akan berakibat kurangnya minat masyarakat untuk membeli produk serupa tersebut serta dikhawatirkan umur dari produk lain yang serupa tersebut tidak akan panjang. Maka, mulailah bisnis yang berinovasi.

2. Eksekusi

eksekusi
image by: 13p5.com

Makna eksekusi dalam hal ini yaitu jika kamu sudah memiliki suatu inovasi yang dituangkan dalam sebuah konsep, maka segeralah dilaksanakan. Sebagai contoh, dalam konsep kamu terdapat rencana berbentuk poin-poin yang perlu dicapai, seperti mengenai survey tempat produksi, maka dalam jangka waktu dekat segeralah mencari data tersebut. Kamu tidak perlu eksekusi semua perencanaan secara bersamaan, jadikanlah sebuah proses yang bertahap dan konstan. Dalam hal ini kamu juga perlu mengetahui skala prioritas, berarti bagian mana yang harus dilaksanakan terlebih dahulu dan membantu untuk target-target selanjutnya sehingga satu sama lain memiliki keterkaitan. Eksekusi memcerminkan bahwa kamu sangat serius dalam mengemban bisnis serta bukti nyata dalam mencapai tujuan kamu.

BACA JUGA: Bisnis-Bisnis Yang Tepat Untuk Mahasiswa!

3. Mental dan Resiko

mengambil resiko
image by: seanwes.com

Memulai bisnis diperlukan mental yang kuat, dalam arti kamu memiliki fokus yang kuat terhadap segala rencana dan tujuan kamu. Kamu hanya berfikir kedepan bahwa target saya harus tercapai meskipun banyak kendala menghampiri selama tidak boleh mengganggu kepentingan orang lain. Setiap orang juga pasti berfikir mengenai resiko. Banyak pertimbangan tentang hal tersebut yang membuat para pebisnis berfikir 2 kali dalam memulai usahanya. Memang benar hal tersebut perlu dijadikan pertimbangan, tetapi jangan dijadikan penghambat dalam perjalanan karir usaha kamu. Jadikan itu motivasi tersendiri segera memulai bisnis kamu dengan prinsip kehati-hatian. Jika resiko tersebut memang benar terjadi, jadikanlah pelajaran berharga agar untuk kedepannya hal tersebut bisa dihindari dengan cara yang benar. Jadilah orang yang tangguh dalam segala tindakanmu.

Aspek-aspek penting diatas memiliki keterkaitan satu sama lain, untuk menggapai hal tersebut diperlukan sebuah proses yang cukup. Hal tersebut diharapkan pula dapat membantu kesuksesan dalam bisnis kamu. Semoga bermanfaat.

Artikel ini merupakan kiriman dari Gemilang Kuswandi Putra.