pertanyaan imajinasi
image by: economist.com

Kadang kala jauh dalam diri kita muncul pertanyaan-pertanyaan aneh yang mungkin bikin kita penasaran jawabannya apa. Contohnya kayak gimana kalo bumi gapunya bulan? atau gimana kalo bumi ukurannya 2 kali lebih besar?. Nah, Hallo Bro udah rangkum nih jawaban ilmiah dari pertanyaan imajinasi yang mungkin belum kamu ketahui jawaban ilmiah nya. Cek ya!.

Jawaban Ilmiah Dari Pertanyaan Imajinasi

1. Gimana Kalo Ukuran Bumi 2 Kali Lebih Besar Dari Ukuran Normalnya?

pertanyaan imajinasi

Diameter bumi adalah 12.747 kilometer, jika 2 kali lebih besar berarti sekitar 25.000 kilometer. Massa planet bakal meningkat 8 kali, dan gaya gravitasi pun akan menjadi 2 kali lebih kuat. Semua mahluk hidup akan mempunyai berat 2 kali lipat dari biasanya, yang menyebabkan banyak mahluk hidup yang gak kuat menahan beratnya sendiri. Mungkin juga spesies bumi akan menjadi lebih gemuk.

2. Gimana Kalo Ada Spesies Yang Lebih Maju Dari Manusia?

pertanyaan imajinasi
image by: movieweb.com

Pernah nonton film Planet of Apes? Nah di film itu aja yang spesies kera nya belum terlalu maju dibanding manusia, kedua spesies tersebut bisa perang. Gimana ada yang lebih maju?. Pastinya pertempuran bakal terjadi secara terus-menerus. Kalo selama ratusan tahun ga ada yang menang, kita bakal beradaptasi dengan membutuhkan sumber daya yang terpisah dengan spesies itu.

3. Gimana Kalo Dinosaurus Ga Punah Waktu Kehantam Asteroid?

pertanyaan imajinasi
image by: imgur.com

Para Peneliti berspekulasi bahwa kecerdasan dinosauroids mungkin telah berevolusi, berdasarkan ukuran otak yang lebih besar mungkin akan muncul spesies Trodontid, yang mirip burung predator. Artinya mungkin, dinosaurus masih memerintah bumi karena menurut data dinosaurus mendominasi selama 160 juta tahun sebelum dihantam meteor.

4. Apa Yang Terjadi Kalo Semua Orang Di Bumi Melompat Secara Bersamaan?

pertanyaan imajinasi
image by: classicjourneys.com

Kalo semua orang di bumi melompat bersamaan, kita akan membuat bumi bergerak hanya seperseratus dari jari-jari atom tunggal per detik. Setelah itu, bumi akan bergerak kembali seperti semula.

BACA JUGA: Fakta Menarik Tentang Tubuh Wanita Yang Tidak Diketahui Banyak Orang!

5. Apa Yang Terjadi Kalo Bulan Gak Ada?

pertanyaan imajinasi

Kita semua tahu, ketika bulan mengorbit mendekati bumi akan membuat pasang air laut di bumi. Tanpa itu, mungkin kehidupan ga akan pernah muncul, atau mahluk hidup akan mempunyai perilaku yang berbeda untuk mengatasi hari dan perubahan iklim yang ekstrim di bumi.

6. Kalo Kita Menembak Di Luar Angkasa, Apa Pelurunya Bakal Balik Lagi Ke Kita?

pertanyaan imajinasi
image by: businessinsider.com

Kalo kamu ada di ruang vakum antara galaksi, menembakkan senjata itu disitu bakal mengirimkan pelurunya kearah yang dituju selamanya. Kalo kamu menembakkan senjata di tata surya, peluru kamu bakal ke arah matahari atau ke salah satu planet raksasa. Namun, kalo kamu menembakan senjata ke arah cakrawala sambil berdiri di sebuah gunung di bulan, secara teoritis kamu bakal menembak diri sendiri dari belakang.

7. Apa Yang Terjadi Kalo Manusia Mempunyai Mata Seperti Elang?

pertanyaan imajinasi
image by: livescience.com

Kalo kamu punya mata kayak elang, kamu bisa liat seekor semut merangkak di tanah dari sebuah bangunan lantai 10. Objek langsung yang sejalan dengan kamu bakal lebih besar, dan semuanya berwarna lebih terang. Wuih.

8. Kalo Kita Melubangi Bumi Hingga Menembus Sisi Lainnya, Apa Bisa Kita Masuk Melalui Lubang Itu?

pertanyaan imajinasi
image by: scienceabc.com

Pertama, belum ada alat yang canggih yang bisa melubangi bumi hungga menembus sisi lainnya. Untuk saat ini, lubang terdalam yang pernah digali manusia adalah sumur bor Kola Superdeep yang mempunyai kedalaman hanya sekitar 12 kilometer. Semakin dekat ke inti bumi, suhu akan semakin memanas. Terus apa yang terjadi kalo kita mencoba melompat melalui lubang menembus bumi?. Kamu bakal merasakan seperti dibakar, meskipun menggunakan baju pelindung sekalipun. Tekanan udara pun bisa membunuh kamu, sama kayak kamu menyelam ke laut semakin dalam tekanan juga semakin berat kan. Namun, jika kamu berhasil mengatasi panas dan tekanan udara, karena adanya gravitasi bumi ketika kamu udah mau sampe ke sisi lain bumi, kamu bakal jatuh lagi ke dalam bumi. Terus berulang ketika mendekati sisi lainnya juga. Kamu bakal terombang bolak-balik secara sinusoidal. Kayak yoyo lah ibaratnya.

9. Apa Yang Terjadi Jika Seluruh Es Di Bumi Mencair?

pertanyaan imajinasi
image by: movieweb.com

Ada beberapa skenario yang akan terjadi jika seluruh es di bumi mencair. Pertama, jika seluruh es mencair permukaan air laut bakal naik seenggaknya 61 meter, 2 kali lebih tinggi dari gelombang terparah waktu tsunami Aceh.

Kedua, perubahan iklim. Akibat mencairnya es, akan mempengaruhi kadar garam di lautan. Menyebabkan arus laut menjadi kacau, dan mempengaruhi hal lainnya seperti iklim global dan migrasi ikan yang kacau. Bukan ga mungkin, hidup kita juga jadi ikutan kacau.

Ketiga, pemanasan global semakin parah. Mencairnya es  di seluruh dunia sama aja melenyapkan cermin bumi. Idealnya kan sebagian sinar matahari dipantulkan oleh es yang super bening, nah kalo dipantulkan oleh air laut yang ga sebening es?. Bakal sepanas apa bumi kita nanti. Juga bakal melepaskan lebih banyak karbon, yang menyebabkan efek rumah kaca yang membuat bumi jadi makin panas lagi.

Nah itulah beberapa jawaban ilmiah dari pertanyaan imajinasi yang mungkin bantu jawab rasa penasaran kamu. Tapi, yang es mencair itu bukan pertanyaan imajinasi ya. Bukan ga mungkin es di dunia bakal mencair. Makanya yuk sama-sama kita selalu menjaga bumi kita.