makanan sahur
Image by: mavisvermillion.blogspot.co.id

Hallo bro! udah ga kerasa sebentar lagi Ramadhan, di bulan suci Ramadhan sahur menjadi rutinitas wajib yang pastinya kita lakukan setiap subuh. Selain sahur menjadi bagian dari ibadah, makan pada saat sahur juga berfungsi memberi energi bagi tubuh kita untuk beraktivitas seharian tanpa makan dan minum, sampai waktu berbuka puasa. Oleh karena itu kamu harus tau makanan yang bikin kenyang lama, supaya bisa lebih bersemangat lagi dan gak kelaparan saat puasa, mimin hallo bro mempunyai rekomendasi makanan-makanan untuk sahur yang membuat perut kamu kenyang nya lebih lama, yuk simak artikel dibawah ini.

Inilah! Makanan-Makanan Yang Akan Membuat Kamu Kenyangnya Lebih Lama.

1. Alpukat

makanan sahur
Image by: www.lintasehat.com

Alpukat mengandung dosis tinggi dari lemak tak jenuh tunggal dan juga diperkaya oleh seporsi besar serat yang membuat rasa kenyang jadi lebih lama. Satu buah alpukat berukuran sedang memiliki 13,5 gram nutrisi. Alpukat juga memiliki gizi yang tinggi dan kalori yang tidak main-main jumlahnya (sekitar 140 kalori perbuah ukuran sedang). Sangat cocok sekali dimakan pada saat sahur, selain membuat rasa kenyang lebih lama dan juga bergizi.

2. Telur

makanan sahur
Image by: www.brilio.net

Telur adalah termasuk makanan yang bikin kenyang lama, karena telur merupakan kombinasi yang tepat dan sehat dari protein dan lemak, jadi akan lebih mengenyangkan daripada makanan sarapan lainnya. Walaupun kuning telur yang memiliki kolesterol yang tinggi, akan tetapi kuning telur bukanlah tersangka utama dalam meningkatkan kolesterol darah. Akan tetapi jika kamu ragu, dari putih telurnya juga dapat menunda lapar yang panjang.

3. Apel

makanan sahur
Image by: cukaapel.org

makanan yang bikin kenyang lama berikutnya adalah apel, karena memiliki kandungan mineral dan vitamin yang sangat tinggi, apel ini sangat cocok dimakan setengah jam sebelum makan, dan membuat kita ga gampang laper karena kandungan serat yang ada dalam buah apel yang sangat tinggi.

BACA JUGA: 5 Makanan Khas Indonesia Yang Paling Diminati dan Dicari di Pencarian Google

4. Oatmeal

makanan sahur
Image by: www.prevention.com

Banyak sekali manfaat yang di dapat dari makanan oatmeal, selain bisa membuat perut ga gampang laper, oatmeal juga bisa menurunkan kolesterol dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Jadi selain sehat, kenyang juga di dapatkan apabila kamu makan oatmeal.

5. Greek yogurt

makanan sahur
Image by: health.usnews.com

Bila kamu selama ini terbiasa mengkonsumsi yogurt yang biasa, sekarang kamu harus coba untuk menggantinya dengan yogurt yunani atau biasanya disebut greek yogurt, karena greek yogurt ini memiliki tekstur yang lebih kental yang dapat membuat kamu tidak mudah lapar setelah memakannya dan memiliki kandungan protein yang jauh lebih tinggi.

6. Kentang panggang

makanan sahur
Image by: www.erabaru.net

Banyak orang yang bilang makan kentang jadi mudah gendut karena mengandung karbohidrat yang lumayan tinggi. Tapi hal tersebut tidak sepenuhnya benar, disamping kentang memiliki karbohidrat, kentang juga kaya akan serat, vitamin dan berbagai nutrisi lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan serat pada kentang sangat tinggi yang membuat kamu tidak mudah lapar setelah memakan kentang ini.

7. Kacang-kacangan

makanan sahur
Image by: kupang.tribunnews.com

kacang-kacangan adalah makanan yang memiliki antioksidan, vitamin B, zat besi dan juga serat yang tinggi, yang bisa bikin kamu kenyang lebih lama setelah makan kacang-kacangan. Nonton TV sambil ngemil kacang-kacangan pada waktu sahur sangat pas sekali.

Jadi dengan mengonsumsi makanan-makanan yang diatas, semoga nanti pada saat puasa di bulan Ramadhan ga ada lagi yang namanya kelaparan dan lemas saat puasa. Semangat trus puasanya, jangan sampai ada yang bolong puasanya.