robot
Image by: Solopos.com

Seiring perkembangan zaman yang sudah modern, banyak perusahaan-perusahaan teknologi yang melakukan penelitian untuk menciptakan robot yang dapat bekerja seperti khalayak manusia. Memang awalnya nilai investasi sangat tinggi untuk membeli robot bagi perusahaan, namun dalam jangka panjang mempekerjakannya jauh lebih murah daripada manusia. Oleh karena itu disini mimin akan membahas pekerjaan-pekerjaan manusia yang mungkin saja digantikan robot.

Pekerjaan Apa Sajakah Itu? 

1. Kasir

kasir
Image by: www.hariyanastore.com

Pekerjaan yang satu ini pada masa depan, mungkin saja bukan manusia lagi akan tetapi digantikan robot. Sekarang sudah muncul mesin yang memiliki kemampuan untuk melayani pembayaran barang-barang yang di beli. Bahkan sekarang ini, beberapa toko di Amerika Serikat dan Eropa sudah mulai menerapkannya, sehingga mungkin saja akan menggeser peran manusia dalam bekerja sebagai kasir. Mesin kasir ini memiliki kemampuan untuk memindai dan melayani pembayaran dari pembeli.

2. Operator telepone

operator
Image by: www.sunlife.co.id

Mungkin kalian sudah tau mesin penjawab otomatis yang ada saat ini, yang sudah banyak di gunakan oleh banyak perusahaan. Oleh karena itu posisi ini sangat rentan digantikan robot di masa yang akan datang, dimana pekerjaan utama dari operator telepon adalah menerima panggilan dari konsumen dan menghadapi keluhan dari konsumen. Untuk menerima panggilan dari konsumen sudah ada mesin yang bisa seperti itu, sekarang yang sedang di kembangkan adalah mesin yang bisa menjawab keluhan dari konsumen.

3. Pekerja buruh pabrik

Pekerja buruh
Image by: Beritacenter.com

Pekerjaan ini cukup rentan dapat digantikan dengan robot, contohnya saja perusahaan Amazon yang sudah menggunakan 10.000 robot yang di fungsikan dalam bagian pengambilan dan pengepakan barang dan perusahaan raksasa Apple yang sudah membeli 10.000 mesin untuk merakit produknya, yang biasanya di kerjakan dengan manusia. Apple dan Amazon merasakan kepuasannya menggunakan mesin robot, karena robot dapat merakit lebih cepat, banyak dan efisien.

4. Pekerja sopir

Driver
Image by: citrasaranaperkasa.com

Mungkin banyak diantara kalian yang sudah tau, kalau sudah ada mobil otomatis yang dapat berkendara sendiri. Akan tetapi belum di jual untuk umum, karena banyak hal yang harus di perbaiki dan harus di pikirkan kedepannya. Sehingga jika suatu teknologi ini sudah matang, maka menjadi ancaman besar untuk orang-orang yang berprofesi sebagai sopir, karena profesinya bisa digantikan.

5. Penerjemah

penerjemah
Image by: exptranslation.com

Sebenarnya sudah banyak alat penerjemah di dunia ini, akan tetapi banyak mesin penerjemah yang masih harus di sempurnakan. Oleh karena itu bagi kamu yang bekerja sebagai penerjemah, harus berhati-hati, karena mungkin saja pekerjaan ini akan digantikan robot, apabila sudah di sempurnakan.

6. Akuntan

fungsi akuntansi
Image by: rocketmanajemen.com

Mungkin kalian tidak percaya bahwa pekerjaan ini bisa di gantikan dengan mesin/software. Pekerjaan akuntan diprediksi akan hilang pada tahun 2028, karena beberapa software sudah bisa melakukan pekerjaan akuntan, salah satunya QuickBooks, didesain dengan fungsi mengambil dan melaporkan data secara real time, selain itu terdapat software Quill, yang dapat menganalisis data yang ada, serta membuatkan laporan. Oleh karena itu bagi kamu yang bekerja sebagai akuntan harus berhati-hati peran kamu akan di gantikan oleh robot.

7. Pramugari

Pramugari
Image by: pojoksatu.id

karena jaman yang semakin berkembang, pekerjaan yang memberikan bimbingan keselamatan dan kenyamanan bagi penumpang pesawat terbang selama proses penerbangan ini mungkin saja bisa digantikan robot. Banyak para ahli teknologi yang sedang membuat mesin yang dapat berkomunikasi langsung dengan manusia dan dapat mengantarkan barang.

8. Pengantar Pos

Image by: id.wikipedia.org

walaupun sekarang sudah ada gmail, facebook, line dan lain-lain. Akan tetapi masih banyak masyarakat yang menggunakan jasa ini. Sangat tidak terpikirkan bahwa profesi tukang pos mungkin saja bisa tergantikan dengan robot, karena sekarang sudah banyak mobil otomatis yang bisa berjalan sendiri (tanpa sopir). Para peneliti sedang meneliti untuk membuat robot yang bisa menaruh surat ke rumah yang di tuju.

Nah itu adalah fakta-fakta yang sudah ada, bahwa peneliti-peneliti sudah banyak meneliti untuk membuat robot yang dapat menggantikan pekerjaan manusia. Meski tak bisa sepenuhnya menggantikan pekerjaan manusia, akan tetapi apabila biaya produksi suatu perusahaan semakin turun, bisa saja robot bisa menjadi pilihan tepat untuk perusahaan. belajar lah yang giat apabila posisi kerjamu tidak ingin digantikan oleh mesin yang bisa menirukan pekerjaanmu nanti.