vokalis band liam
image by: standard.co.uk

Vokalis band merupakan posisi yang paling penting dalam sebuah band. Dalam beberapa kasus banyak loh vokalis band yang memutuskan untuk bersolo karir, entah karena masalah internal band atau karena ego dari vokalis itu sendiri. Gak jarang malah bisa lebih sukses dibanding bandnya. Nah Hallo Bro udah rangkum nih beberapa vokalis band yang memutuskan buat bersolo karir.

13 Vokalis Band Yang Memutuskan Bersolo Karir

1. John Lennon – The Beatles

john lennon
image by: beatlesbyday.com

Setelah The Beatles bubar pada tahun 1970, masing-masing personil The Beatles membuat proyeknya masing-masing. Gak ketinggalan John Lennon, ia membuat proyek solo karir yang lagu-lagunya gak kalah hits dari band yang membesarkan namanya. Sebut aja Imagine, Mother, Give Peace a Chance, Jealous Guy dan hits-hits lainnya. Namun sayang karir musiknya terhenti ketika dia ditembak mati oleh fans fanatiknya sendiri Mark David Chapman pada 8 Desember 1980.

2. Liam Gallagher – Oasis, Beady Eye

liam gallagher
image by: pinterest.com

Adik dari Noel Gallagher juga kini bersolo karir setelah bubar bersama Oasis (1995-2009) dan Beady Eye (2009-2014). Meskipun sekarang bersolo karir, gak jarang loh di konsernya Liam juga membawakan hits-hits single dari Oasis. Dan rencananya pada Oktober tahun ini, Liam Gallagher bakal ngerilis album solonya yang berjudul As You Were.

3. Tom Delonge – Blink-182, Angels and Airwaves, Box Car Racer

tom delonge
image by: trbimg.com

Pada 2015 secara mengejutkan posisi Tom Delonge di Blink-182 digantikan oleh Matt Skiba, vokalis dari Alkaline Trio. Dalam sebuah wawancara dalam acara Mr.Wavvy, Barker membeberkan alasan Tom Delonge ditinggalkan oleh Blink-182 karena ia terobsesi ingin mengubah nuansa musik Blink-182 menjadi bernuansa U2 atau Coldplay. Namun, pada 2015 Tom Delonge juga telah merilis album solonya yang berjudul To the Stars… Demos, Odds, and Ends.

4. Gwen Stefani – No Doubt

gwen stefani
image by: latimesblogs.latimes.com

Gwen Stefani dulunya merupakan mantan vokalis dari band rock asal Amerika akhir tahun 80an. Setelah bandnya hiatus, Gwen Stefani memutuskan buat bersolo karir dan nyatanya sukses. Namun pada 2009 No Doubt reuni kembali, dan Gwen Stefani kembali menjadi vokalis band tersebut.

5. Sonny John Moore (Skrillex) – From First to Last

skrillex
image by: diffuser.fm

Udah tau belum kalo dulu tuh Skrillex atau Sonny Moore merupakan mantan vokalis dari band post-hardcore, From First to Last. Setelah memutuskan keluar pada 2007, Moore berubah haluan menjadi seorang DJ yang memakai nama panggung Skrillex. Namun, pada tahun ini Moore udah balik lagi loh ke From First to Last. Kita tunggu aja apa bakal ada lagi hits dari From First to Last yang bakal melampaui Emily.

6. Thom Yorke – Radiohead

thom yorke
image by: inquisitr.com

Walaupun masih bersama dengan Radiohead, Thom Yorke udah ngerilis studio album solonya dua kali loh pada 2006 dan 2014.  Tapi jangan kuatir, Radiohead masih tetep jalan kok. Pada 2016 kemarin mereka ngerilis album A Moon Shaped Pool yang masuk nominasi Grammy untuk kategori Best Alternative Music Album.

BACA JUGA: Ini Nih, Beberapa Band Side Project Dari Musisi Yang Ga Kalah Keren Dari Band Utamanya!

7. Sting – The Police

sting
image by: wennermedia.com

Mantan pembetot bass dan vokalis band dari The Police juga kini bersolo karir. Ia memulai debut solonya pada 1985, dan hingga kini masih aktif kok. Album terakhirnya rilis tahun 2016 yang berjudul 57th & 9th.

8. Nick & Joe Jonas – Jonas Brothers

Nick & Joe Jonas
image by: eonline.com

Sebelum Jonas Brothers secara resmi bubar pada tahun 2013, Joe Jonas udah ngerilis album solonya Fastlife pada 2011. Sementara Nick Jonas hingga kini udah ngerilis 3 studio album solonya yaitu Nicholas Jonas (2005), Nick Jonas (2014), dan Last Year Was Complicated (2016).

9. Once Mekel – Dewa 19

once mekel
image by: bintang.com

Setelah pembubaran Dewa 19 pada 2011, Once fokus untuk bersolo karir. Selama bersolo karir, Once udah ngerilis 2 album pada tahun 2011 dan 2015 yang masing-masing bertajuk Once dan Intrinsik. Nama Once juga masuk dalam 50 Greatest Indonesian Singer pada majalah Rolling Stone.

10. Ari Lasso – Dewa 19

ari lasso
image by: beritagar.id

Tau gak kalo vokalis Dewa 19 sebelum Once tuh Ari Lasso? Ari Lasso pernah jadi vokalis Dewa 19 pada tahun 1991-1999. Namun, setelah dikeluarkan dari Dewa 19 karir Ari Lasso gak meredup gitu aja kok, malah awal masuk lagi ke dunia hiburan dengan duetnya bareng Melly Goeslaw ia sukses besar di pasaran.

11. Sammy Simorangkir – Kerispatih

Sammy Simorangkir
image by: liputan6.com

Sammy Simorangkir dulu adalah vokalis band Kerispatih, namun karena kasus narkoba ia dikeluarkan oleh bandnya. Keren sih komitmen dari Kerispatih ini. Setelah ia bebas dari penjara, ia memulai karir solonya. Dan namanya gak hilang gitu aja, bahkan kayaknya sekarang lebih terdengar nama Sammy nya dibanding Kerispatih.

12. Anji – Drive

anji
image by: tribunnews.com

Secara resmi Anji meninggalkan Drive pada 2011. Sekarang karir Anji dalam dunia musik lebih terdengar daripada mantan bandnya, Drive.

13. Virgoun – Last Child

virgoun
image by: kamarmusik.net

Surat Cinta Untuk Starla, siapa sih yang gatau lagu ini? lagu yang memecahkan rekor viewers di youtube ini dinyanyikan oleh Virgoun yang juga seorang vokalis band Last Child. Last Child dibentuk pada tahun 2006 dan masih aktif hingga kini, meskipun sang vokalis juga bersolo karir.

Itulah beberapa vokalis band yang memutuskan bersolo karir sesaat maupun setelah bandnya bubar. Idola kamu yang mana nih?.