indie folk

Indie Folk, sepuluh tahun ke belakang musik Folk tidak sepopuler seperti sekarang. Sebelumnya apa sih genre Indie Folk itu? ini yang susah dan kayaknya bakal panjang kalo dibahas, karena setiap individu punya pandangan yang berbeda tentang musik. Indie Folk merupakan subgenre dari Folk. Folk sendiri berarti musik rakyat, yang erat dengan nilai tradisional dan kesederhanaan dalam musiknya. Namun, banyak musisi yang hanya mengambil kesederhaaannya saja. Berbekal gitar akustik dan lirik yang lumayan pedih, genre ini berhasil menarik pendengarnya. Nah, disini hallobro bakal kasih list band atau penyanyi Indie Folk yang cocok nemenin waktu sendirian kamu.

Ini Nih, Band dan Penyanyi Indie Folk Yang Cocok Buat Manjain Hari Kamu

1. Fleet Foxes

Fleet Foxes
images by : nme.com

Merupakan band yang berasal dari Seattle, ini terbentuk pada tahun 2006. Band ini awal dikenal setelah mengeluarkan mini album kedua mereka Sun Giant dan album pertama self titled nya Fleet Foxes. Pada kedua album ini, mereka menerima banyak pujian dari pengamat musik karena pengunaan lirik yang halus dan harmoni vokalnya. Rekomendasi lagu dari HalloBro : Your Protector, White Winter Hymnal, Mykonos, Blue Ridge Mountains.

Tell your brother to be good
Tell your sister not to go
Tell your mother not to wait
Tell your father I was good

2. Bon Iver

Bon Iver
images by : hypebeast.com

Band yang dibentuk oleh Justin Vernon pada tahun 2007 ini merupakan salah satu band Indie Folk yang cukup dikenal masyarakat berkat hits single nya Skinny Love yang di cover oleh Birdy hingga Ed Sheeran.  Pada Grammy 2012, Bon Iver meraih penghargaan Best New Artist dan Best Alternative Music Album. Namun, karena banyak publik yang belum mengetahui Bon Iver kemenangan band ini dirasa aneh dan tidak sedikit yang mengejek Bon Iver dengan sebutan Bonny Bear. Nama Bon Iver sendiri diambil dari frasa Perancis yang berarti musim dingin yang baik. Rekomendasi lagu dari HalloBro : Skinny Love, re-Stack, Blindsided, I Can’t Make You Love Me (Bonnie Raitt Cover).

And now all your love is wasted?
Then who the hell was I?

3. Ben Howard

Ben Howard
images by : adjbrown.com

Penyanyi dan musisi kidal yang bernama Benjamin John Howard ini mengawali karir pada tahun 2008 dengan debut album Games in the Dark EP. Pada Brit Awards tahun 2013, Ben Howard meraih penghargaan untuk British Male Solo Artist. Menurut HalloBro, lirik-lirik dan musik dari Ben Howard ini cocok banget didengerin kalo lagi gundah gulana. Rekomendasi lagu dari HalloBro : Bones, Old Pine, Gracious, Keep Your Head Up.

And you laugh like you’ve never been lonely
That’s alright honey
That’s alright with me

4. Iron and Wine

Iron and Wine
images by : dmndr.com

Kalo yang pernah nonton film Twillight pasti pernah denger lagu dari Sam Beam ini. Ya, lagu Flightless Bird American Mouth dari Iron and Wine ini jadi soundtrack buat film Twillight ini nih. Sam Beam ini walaupun keliatan serem karena brewoknya, tapi suaranya lembut banget. Adem deh, kalo denger suaranya. Rekomendasi lagu dari HalloBro : Passing Afternoon, Flightless Bird American Mouth, Naked As We Came.

There are things that drift away like our endless, numbered day

5. The Head and the Heart

The Head and the Heart
images by : straight.com

Band Indie Folk dari Seattle ini juga salah satu band yang lagunya harus ada di playlist kamu. Rekomendasi dari HalloBro : Rivers and Roads, Another Story, Lost in My Mind.

Mama once told me, you’re already home where you feel loved

6. Jose Gonzalez

Jose Gonzalez
images by : vogue.com

Penyanyi yang berdarah Argentina-Swedia ini, mengawali karir sejak tahun 2003. Lagu yang berjudul Step Out juga menjadi soundtrack dari film The Secret Life of Walter Mitty. Rekomendasi lagu dari HalloBro : Stay Alive, Step Out, Cycling Trivialities.

And I will wait for you tonight
You’re here forever and you’re by my side

BACA JUGA : Blur dan Oasis, Siapa Yang Terbaik Dalam Battle of Britpop?

7. The Tallest Man on Earth

The Tallest Man on Earth
images by : dublinconcerts.ie

Merupakan nama panggung dari penyanyi asal Swedia Kristian Mattson. Memulai karir pada 2006, menjadi sebuah vokalis dari sebuah band. Kini, banyak orang yang menyamakan musiknya dengan Bob Dylan.  Mattson juga dikenal sebagai penyanyi yang merekam dan memproduksi lagunya sendiri, dirumahnya dimana Ia tinggal. Rekomendasi lagu dari HalloBro : The Dreamer, Love is All, The Gardner.

And I’m just a shadow of your thoughts in me
But sun is setting, shadows growing

8. James Vincent McMorrow

James Vincent McMorrow
images by : dashmagazinemusic.wordpress.com

Penyanyi yang berasal dari Irlandia ini mengawali karir pada tahun 2010. Pada 2012 McMorrow menerima penghargaan European Border Breakers Award. Penghargaan ini merupakan penghargaan untuk musisi yang mendapat pendengar dari luar negara mereka sendiri dengan album pertama mereka yang dirilis secara Internasional. Rekomendasi lagu dari HalloBro : We Don’t Eat, Higher Love, Ghost, If I Had a Boat.

Think about it, there must be higher love
Down in the heart and in the stars above,
Without it, life is wasted time.
Look inside your heart, I’ll look inside mine

9. Damien Rice

Damien Rice
images by : musictimes.com

Mengawali solo karir ketika tahun 2001, saat single nya The Blower’s Daughter masuk Top 40 chart. Album terakhir nya My Favorite Faded Fantasy rilis tahun 2014. Rekomendasi lagu dari HalloBro : 9 Crimes, Volcano, The Blower’s Daughter.

To be thinking of you
It’s the wrong time
For somebody new
It’s a small crime
And I’ve got no excuse

10. The Paper Kites

musisi australia the paper kites
image by: speakertv.com

Band dari Australia yang dibentuk tahun 2010 ini, udah punya 2 album dan 2 mini album yang semuanya emang cocok banget buat manjain telinga kita. Rekomendasi lagu dari HalloBro : Bloom, Halcyon, Silent Cause, Turn Within Me Turn Without Me.

I don’t want to love you
I want to learn you
But I’d love to know you well

11. Kings of Convenience

Kings of Convenience
images by : theplace.ru

Terakhir, Kings of Covenience. Duo musisi yang berasal dari Norwegia ini merilis debut albumnya pada 2001. Band ini dibentuk oleh Erlend Øye dan Eirik Glambek Bøe. Sempat hits berkat lagu Cayman Island nya yang rasanya ga pernah bosen buat didengerin sampe sekarang. Rekomendasi lagu dari HalloBro : Cayman Island, Homesick, Mrs. Cold, Toxic Girl, I’d Rather Dance With You dan Winning a Battle, Losing the War.

Even though I’ll never need her,
even though she’s only giving me pain,
I’ll be on my knees to feed her,
spend a day to make her smile again

Nah, emang masih banyak band atau penyanyi Indie Folk lain yang ga masuk dalam list ini. Bukan berarti yang ga masuk disini itu ga bagus. Semuanya bagus dan enak pastinya buat di denger, apalagi di temenin hujan rintik-rintik diluar, makin betah aja deh dikamar.