istilah dunia perfilman

Istilah dunia perfilman emang banyak banget. Namun jangan sampe deh kalo kamu suka nonton film tapi gatau arti dari istilah-istilah ini. Nah, biar keliatan emang kamu pecinta film beneran, HalloBro punya nih istilah yang biasa dipake di dunia perfilman yang bikin kamu ga kaku lagi kalo ditanya-tanya. Cek cek.

Ini Nih Istilah Dunia Perfilman Yang Harus Kamu Tahu!

1. Preview

preview film
images by: infusion.ae

Istilah preview dalam dunia perfilman merujuk kepada pendahuluan mengenai film tersebut. Biasanya preview film ini merupakan opini dari para pengamat film tentang film yang akan segera tayang.

2. Review

review film deadpool
images by: youtube.com

Kebalikan dari preview, review film merupakan opini yang dikemukakan oleh pengamat film setelah melihat film tersebut tayang.

3. Prekuel

prekuel film fantastic beast and where to find them
images by: fuse.tv

Prekuel merupakan kisah yang menceritakan kejadian yang terjadi di film sebelumnya. Contohnya adalah film Fantastic Beast and Where to Find Them yang merupakan kisah sebelum dari film Harry Potter.

4. Sekuel

sekuel film jumanji
images by: denofgeek.com

Kebalikan dari prekuel, sekuel merupakan cerita lanjutan dari sebuah film. Contohnya adalah film Jumanji: Welcome to the Jungle yang merupakan sekuel dari film Jumanji yang rilis tahun 1995.

5. Remake

remake film the departed
images by: thedeparted.net

Remake sendiri berarti dibuat ulang. Nah, sama aja kalo di dunia perfilman istilah remake berarti pembuatan film tanpa mengubah jalannya cerita. Judul film yang di remake bisa mengikuti judul aslinya ataupun menggunakan judul yang baru. Biasanya sih film yang di remake itu merupakan film yang udah cukup lama namun, ingin di tayangkan kembali dengan nuansa yang lebih segar. Contohnya adalah film The Departed yang merupakan remake dari film Internal Affairs.

6. Reboot

reboot spider man

Beda tipis sama remake, reboot berarti penggarapan ulang sebuah film, namun inti ceritanya bisa berbeda dari film sebelumnya. Contoh film yang sering di reboot adalah Spider Man, yang di reboot menjadi The Amazing Spider Man kemudian di reboot lagi menjadi Spider Man: Homecoming yang tahun ini bakal rilis.

BACA JUGA: Layak Ditunggu, Film-film Keren Yang Bakal Rilis Di 2017

7. Spin-Off

spinoff wolverine
images by: yesmovies.to

Spin-off berarti film yang dibuat khusus untuk menceritakan sebuah karakter yang mempunyai fanbase sendiri. Sama aja kayak si karakter itu punya fim sendiri. Contoh Spin-off adalah film The Wolverine yang merupakan Spin-off dari film X-Men.

8. Cross-Over

crossover film

Cross-over merupakan pertemuan antara beberapa karakter yang sudah ada dalam film lain. Contohnya adalah Cross-over film Freddy vs Jason, The Avengers, atau Justice League. Tapi, yang HalloBro tunggu sih Cross-over antara Spider Man nya Tom Holland bareng Deadpool nya Ryan Reynolds.

9. Teaser

teaser deadpool

Kalo dalam bahasa indonesia sih artinya penggoda. Nah, emang dalam dunia perfilman teaser ini digunakan untuk menggoda penonton sehingga penasaran dengan film nya. Biasanya sih teaser film ini berupa klip yang durasi nya ga lebih dari 1 menit dan minim tentang informasi film tersebut. Contoh teaser film yang heboh dulu adalah sebelum perilisan Deadpool, penonton dibuat penasaran banget. Dan ternyata trik nya sukses besar. Emang keren Ryan Reynolds!.

10. Trailer

images by: gettyimages.com

Trailer merupakan klip video yang digunakan sebagai promosi film yang akan segera tayang. Biasanya durasi dari trailer itu sekitar 2-3 menit. Teknik trailer digunakan pertama kali pada tahun 1913, untuk mempromosikan film The Pleasure Seekers. Kalo film-film hollywood sekarang sih biasanya udah bikin trailer walaupun filmnya bakal tayang 1 tahun lagi.

11. After Credit

after credit deadpool
images by: coub.com

After credit atau post credit merupakan klip pendek di akhir sebuah film yang biasanya berisi bocoran tentang sekuel dari film tersebut ataupun hanya untuk humor belaka. Contohnya adalah after credit pada film Deadpool yang menjelaskan kemungkinan sekuel film tersebut.

12. Spoiler

spoiler
images by: dannyweeks.com

Spoiler adalah orang yang secara terang-terangan ngebocorin film yang lagi tayang. Entah maksdunya apa. Kan kasian yang belum nonton, kalo udah dibocorin semua jalan ceritanya. Jadi ga seru lagi ceritanya. Jangan spoiler ya makanya!.

BACA JUGA: Ini Dia, Rekomendasi Film Tentang Musik Yang Bisa Ngisi Waktu Senggang Kamu!

Nah, sekarang udah bertambah kan pengetahuan kamu tentang istilah dunia perfilman. Ga bakal kaku lagi kalo ada yang tanya-tanya tentang film kan. Tapi inget, gaboleh spoiler ya!.