mencegah wannacry
Image by: thehackernews.com

Mungkin banyak orang yang tidak sadari bahwa pada hari jumat 13 mei 2017 minggu lalu terjadi “perang dunia”. Akan tetapi bukan dengan persenjataan berat atau nuklir, tetapi perang cyber hanya untuk menghentikan satu virus yaitu Malware Ransomware Wanna cry yang menyerang sejumlah negara. Kejahatan dari Malware Ransomware Wanna Cry ini akan merusak dengan mengenkripsi data dan meminta bayaran untuk membukanya kembali, sampai saat ini sudah menyerang 100 lebih negara di dunia termasuk di Indonesia. Serangan pertama Malware Ransomware Wanna Cry sudah dapat dihentikan. Akan tetapi dari kabar yang beredar akan ada serangan gelombang kedua, oleh karena itu agar laptopmu tidak terkena serangan ini, kamu harus mengetahui cara mencegah serangan Ransomware Wanna Cry bagi laptop/komputermu.

Cara Mencegah Serangan Ransomware Wanna Cry Bagi Laptop Atau Komputermu

1. Backup File komputermu

mencegah wannacry
Image by: winpoin.com

Hal yang paling pertama, Sekarang kamu harus membackup file-file penting di dalam komputer atau laptopmu. Karena mungkin saja nantinya laptopmu terserang Malware Ransomware Wannacry ini, oleh karena itu rajin-rajinlah membackup file penting kamu ke tempat yang aman misalnya hardisk eksternal, cloud storage dan lain-lain.

2. Gunakan antivirus terupdate

mencegah wannacry
Image by: support.kaspersky.com

Biasanya perusahaan antivirus akan aktif merilis update agar antivirusnya bisa mendeteksi dan mencegah infeksi Ransomware, apalagi jika ada kasus besar seperti Wannacry ini. Pasti perusahaan antivirus sudah mengupdate antivirusnya untuk mencegah serangan dari Malware Ransomware Wannacry. Pastikan saat ini kamu mengupdate antivirus di komputermu yaa.

3. Rutin update Windows

mencegah wannacry
Image by: Maxmanroe.com

Apabila kamu menggunakan Windows, pada saat ini sering-seringlah update Windows. Karena infeksi Ransomware di mulai dengan memanfaatkan celah eksploit Windows yang sebenenarnya sudah di patch oleh Microsoft. Oleh karena itu apabila kamu ingin komputermu aman dari infeksi Ransomware, rajin-rajinlah mengupdate Windowsmu.

BACA JUGA: Ini Dia! Kasus-Kasus Meretas Jaringan Komputer Paling Sadis Di Dunia

4. Waspada Membuka Link atau File

Biasanya dari kasus-kasus sebelumnya Ransomware tersebar melalu attachment email, link atau file yang dipalsukan menjadi file tertentu. Oleh karena itu waspadalah ketika membuka email spam ataupun mendapatkan attachment email dari orang yang tidak dikenal dan juga jangan membuka file attachment jika memang tidak ada keperluan dengan file itu, karena mungkin saja itu adalah Malware Ransomware Wannacry

5. Block port 139, 445 dan 3389 (TCP dan UDP)

Berikut ini langkah-langkah untuk block port 139, 445 dan 3389 di laptop atau komputermu, untuk mencegah serangan ransomware wanna cry.

  • Buka Control Panel, pilih system and security, pilih Windows Firewall.
  • pilih Advanced setting, pilih inbound rules (pada sisi kiri).
  • lihat pada sisi kanan inbound rules dan pilih rule baru.
  • pilih port
  • pilih TCP dan masukan port 139, 445, 3389 > next > block > centang ketiga opsinya > terus beri nama “139, 445, 3389, wannacry TCP”.
  • Pilih rule baru > next > port.
  • pilih UDP
  • masukan port 139, 445, 3389 lagi > next > block > centang ketiga opsinya > beri nama misal “139, 445, 3389, wannacry TCP”.

6. Tampilkan Ekstensi file

mencegah wannacry
Image by: joenel.wordpress.com

Dari attacker seringkali menyamar Ransomware menjadi file photo, video, music dan dokumen yang lainnya. untuk itu selalu tampilkan ekstensi file di Windows.

Itu saja 6 hal penting untuk mencegah serangan ransomware wanna cry. Ingat tidak ada keamanan yang absolut dalam dunia digital, semuanya bisa diretas. Oleh karena itu kewaspadaan dan kehati-hatian kamu terhadap file di laptopmu harus terus-menerus agar menghindari terinfeksinya komputer dari ransomware.