Istilah dunia perkuliahan
Image by: www.hok.com

Bagi kamu yang akan menjadi mahasiswa baru, apakah kamu sudah siap dengan dunia perkuliahan?. Jangan ngaku siap untuk kuliah, sebelum kamu mengetahui apa saja yang kira-kira terjadi di kampus. Karena dunia perkuliahan akan berbeda dengan pengalamanmu di dunia sekolah, agar kamu tidak kaget pada saat kamu kuliah nanti. Disini mimin akan memberitahu kepada kalian semua istilah-istilah dunia perkuliahan yang wajib kamu ketahui sebelum kamu memasuki dunia perkuliahan.

Ini dia! Istilah-Istilah Dalam Dunia Perkuliahan

1. TA (Titip Absen)

istilah dunia perkuliahan
Image by: tatanggunawanbiophysics.wordpress.com

Apabila dalam lingkup formal TA di perkuliahan adalah tahun ajaran, akan tetapi bagi lingkup yang tidak formal TA adalah titip absen. Istilah ini begitu populer di kalangan mahasiswa dan fungsinya bagi mahasiswa yang berniat bolos kuliah tapi ingin kehadirannya tercatat di buku absensi, mahasiswa tersebut bisa meminta tolong ke teman nya yang masuk kuliah untuk mengisi lembar presensinya. Walaupun tindakan ini memang tidak benar, tetapi masih banyak mahasiswa jaman sekarang menggunakan trick ini.

2. Mahasiswa kupu-kupu

istilah dunia perkuliahan
Image by: www.andumhumor.com

Jangan berpikir negatif dulu, maksud dari mahasiswa kupu-kupu itu bukan mahasiswa kupu-kupu malam, akan tetapi istilah kupu-kupu ini kepanjangan dari kuliah-pulang. Biasanya mahasiswa yang dikatain oleh temannya sebagai mahasiswa kupu-kupu karena mahasiswa tersebut tidak ingin ikut andil dalam kegiatan kampus, seperti organisasi, kepanitian dan lain-lain yang berhubungan dengan kampus. Jadi kerjaan mahasiswa kupu-kupu di dunia perkuliahannya hanya untuk kuliah setelah itu balik kerumah atau kost, jangan sampe kamu salah satu dari mahasiswa kupu-kupu yaah.

3. Mahasiswa kura-kura 

Istilah dunia perkuliahan
Image by: news.okezone.com

Ini adalah kebalikan dari mahasiswa kupu-kupu, apabila mahasiswa kupu-kupu itu kuliah-pulang. Kalo mahasiswa kura-kura adalah mahasiswa aktif yang kepanjangannya adalah kuliah-rapat, jadi mahasiswa yang model ini biasanya sibuk dengan dunia di kampus. nah kamu boleh ikuti model mahasiswa yang seperti ini.

BACA JUGA: Sudah Terlanjur Salah Jurusan? Jangan Murung, Ikuti Langkah-Langkah Ini

4. SKS (Satuan Kredit Semester)

Istilah dunia perkuliahan
Image by: www.slideshare.net

SKS adalah istilah dunia perkuliahan yang berguna untuk mengetahui bobot studi di setiap mata kuliah, setiap mata kuliah pasti mempunyai bobot studi studi yang berbeda-beda. biasanya mata kuliah itu berbobot 2-3 SKS. Dalam lingkup tidak formal SKS bagi mahasiswa juga bisa dibilang Sistem Kebut Semalam, biasanya bagi mahasiswa pemalasan akan memborong belajar dalam satu malam ketika menghadapi ujian, akan tetapi jangan ikuti metode ini karena tidak baik.

5. KRS (Kartu Rencana Studi)

Istilah dunia perkuliahan
Image by: hanipurwanti17.blogspot.co.id

Setelah kamu mengisi SKS dengan mata kuliah pilihanmu, selanjutnya KRS ini berisi daftar mata kuliah yang diikuti oleh setiap mahasiswa dalam satu semester. Dalam KRS sendiri biasanya akan tercantum data-data mahasiswa, seperti nama dan nomor mahasiswa, angkatan, fakultas, jurusan, dan mata kuliah yang diambil dalam semester tersebut yang terakhir jumlah SKS. Ada universitas-universitas tertentu yang memberi nama FRS (Formulir Rencana Studi) ini sama saja dengan KRS.

6. Asisten Dosen

istilah dunia perkuliahan
Image by: www.youthmanual.com

Asisten dosen adalah mahasiswa yang dipilih langsung oleh dosen untuk membantu dia dalam hal mengajar mahasiswa dan mengkoreksi tugas-tugas mahasiswa dari mata kuliah dosen tersebut. Semua mahasiswa tidak bisa menjadi asdos, karena untuk menjadi asdos kamu harus memenuhi kriteria atau syarat tertentu agar dosen kamu menunjuk kamu sebagai asisten dia. Tetapi jika kamu terpilih menjadi asdos itu sangat bagus karena nilai kamu di dosen yang meminta kamu jadi asdosnya itu akan aman dan kamu bisa mendapat gaji dari pekerjaan menjadi asdos.

BACA JUGA: Tokoh-Tokoh Sukses Yang Pernah Salah Jurusan

7. IP (Indeks Prestasi) dan IPK

Istilah dunia perkuliahan
Image by: masaindahkuliah.blogspot.co.id

IP dengan IPK itu berbeda, pada dunia perkuliahan kamu akan menemui kata-kata ini. IP sendiri adalah salah satu alat ukur prestasi di bidang akademik yang diambil dari nilai rata-rata dari satu semester. Kalau IPK adalah nilai rata-rata dari matakuliah yang pernah kamu ambil, jadi tidak hanya satu semester saja akan tetapi keseluruhan semester nilai mata kuliah yang pernah kamu ambil.

8. SP (Semester Pendek)

Istilah dunia perkuliahan
Image by: www.youthmanual.com

SP kepanjangan dari Semester pendek adalah salah satu istilah dunia perkuliahan yang merupakan program yang dilaksanakan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperbaiki nilai mata kulliah yang sudah pernah ditempuh atau bisa juga untuk mahasiswa yang belum menempuh mata kuliah pada semester sebelumnya yang berguna untuk meningkatkan IPK. Biasanya semester pendek dilaksanakan pada saat liburan semester genap.

9. Sistem penilaian

Istilah dunia pekuliahan
Image by: www.airmediapersada.com

sistem penilaian di perguruan tinggi sangat berbeda dengan masa sekolah, apabila di sekolah sistem penilaiannya menggunakan angka dari 1-10, kalau di perkuliahan sistem penilaiannya menggunakan huruf A-E.

Itu dia istilah dunia perkuliahan yang wajib kamu ketahui, apabila kamu adalah mahasiswa baru di perguruan tinggi, semoga kamu menjadi orang yang sukses dan jurusan yang kamu pilih sesuai dengan passion kamu. karena dunia perkuliahan adalah tempat kamu untuk menyusun masa depan yang cerah.