memahami lirik
image by: quotesvalley.com

When you’re happy, you enjoy the music. But when you’re sad, you understand the lyrics“, sering banget kan kita liat kutipan yang dikemukakan oleh Frank Ocean ini. Tapi apa bener saat kita sedih, kita bukan cuma menikmati musiknya, tapi juga memahami setiap liriknya?. Nah, HalloBro udah coba cari nih, apa sih yang menyebabkan kalo kita sedih kita malah memahami lirik dari lagu yang kita dengerin. Coba cek!.

Penyebab Ketika Sedih Kita Memahami Lirik Lagunya!

1. Menghubungkan Dengan Kehidupan

memahami lirik
image by: sites.psu.edu

Ketika kita sedih, kita mempertanyakan semua hal buruk yang terjadi dalam hidup kita, tanpa henti berfokus pada setiap hal yang salah dan dalam prosesnya kita terkadang mencoba menghubungkan situasi kita dengan lirik lagunya.

2. Pemicu Ingatan

memahami lirik
image by: maybebabybrothers.com

Untuk nostalgia atau pengen merasa lebih deket sama orang yang udah ga ada dalam hidup kamu. Biasanya sih kalo misalnya ada beberapa lagu yang sering kamu dengerin berdua, atau lagu kesukaannya kamu bakal nyoba buat dengerin lagi lagu tersebut. Apalagi kalo ternyata liriknya juga menggambarkan banget orang yang bener-bener kamu kenang.

3. Mengandung Pesan Penuh Harapan

memahami lirik
image by: pinterest.com

Sering banget dalam sebuah lagu sedih tuh mengandung lirik-lirik yang memotivasi. Sehingga kamu pengen bangkit dari kesedihan kamu.

4. Merasa Gak Sendiri

memahami lirik
image by: vimeo.com

Maksudnya adalah saat kamu sedang mengalami hal buruk dalam hidup kamu. Pernah kan kamu denger lirik lagu yang sesuai banget sama situasi kamu saat ini?. Nah, hal itu membuktikan kalo bukan cuma kamu aja yang pernah ngalamin hal kayak gitu. Kamu ga sendirian, orang lain juga mengerti apa yang kamu alami.

BACA JUGA: Ini Dia Lagu Yang Kedengeran Ceria, Padahal Punya Lirik Sedih

5. Meningkatkan Mood

memahami lirik
image by: psypost.com

Menurut sebuah penelitian, musik yang mempunyai lirik sedih lebih mudah dalam pemulihan mood secara positif. Karena saat kita memahami lirik dari lagu sedih tersebut, secara ga sadar tubuh kita melepas hormon oksitosin dan prolaktin, yang terkait dengan ikatan sosial.

6. Keluar Dari Kesedihan

memahami lirik
image by: npr.org

Saat kamu merasa down, kamu selalu memahami setiap lirik dari lagu yang kamu dengerin. Itu yang kadang membuat kamu pengen keluar dari situasi sedih kamu, karena kalo kamu nggak keluar dari situ, kamu cuma bakal ngabisin energi kamu sehingga larut dalam kesedihan kamu.

7. Mengekspresikan Emosi

memahami lirik
image by: dailydot.com

Kadang kala kita gak tahu gimana caranya untuk mengekspresikan emosi kita ketika sedih. Nah, lirik sedih disini kadang membantu kamu buat melegakan hati kamu, salah satunya dengan menangis. Jangan salah, menangis bisa loh melegakan hati kamu sehingga kamu bisa terus maju melanjutkan hidup kamu.

8. Menganggap Musik Sebagai Teman

memahami lirik
image by: pixabay.com

Maksudnya kalo kamu berpura-pura musik itu orang sungguhan, yang liriknya tentang pemahaman persahabatan, kenyamanan dan kepercayaan diri, maka pastinya lagu itu bakal jadi sahabat terbaik kamu. Karena kamu merasa cuma musik yang ngerti keadaan kamu saat ini.

Nah itulah beberapa penyebab kenapa ketika sedih kita gak cuma menikmati musiknya, tapi juga memahami lirik lagu tersebut. Biasanya banyak seniman yang menulis karya terbaiknya saat mereka juga sedih loh!. Makanya ketika kita sedih, lirik lagu tersebut kayak menyatu banget sama hidup kita kan. Iya gak?.