Alibaba
Image by: www.emaze.com

Jack Ma adalah seseorang yang berasal dari keluarga yang tidak mampu, orang tuanya adalah pemusik dan pendongeng tradisional yang hanya mendapatkan tunjangan pensiun sebesar Rp. 500.000,- untuk menghidupi keluarganya. Lahir di Hangzhou, Tiongkok yang pada saat itu era komunisme membuat Jack Ma terbiasa dengan kehidupan keras, akan tetapi dari situ dia belajar untuk bertahan hidup sampai akhirnya mendapatkan kesuksesan. Berikut ini mimin akan coba sampaikan kisah Jack Ma mulai dari tidak lulus sekolah, tidak di terima kerja sampai akhirnya mendirikan perusahaan Alibaba.

Kisah Hidup Jack Ma Sampai Mendirikan Raksasa Ecommerce Alibaba!

1. Tidak Lulus Sekolah dan Tidak di terima kerja

jack ma
Image by: nandonurhadi.wordpress.com

Pasti kalian tidak percaya dengan ini, pada masa SMP dan SMA dirinya harus berkali-kali mengikuti tes agar bisa di terima karena nilai akademisnya yang kurang baik, yang lebih parahnya lagi Pada saat lulus SMA dia ingin bekerja, saat itu dia melamar kerja ke gerai KFC di China, ada 24 orang yang melamar kerja dan ada 23 diantaranya yang akan di terima. Oleh karena itu ada satu orang yang tidak di terima, orang itu adalah Jack Ma. akan tetapi tidak ada kata menyerah di kamus miliknya

2. Belajar B.Inggris

jack ma
Image by: stunningmotivation.com

Jack Ma ingin sekali bisa berbicara B.inggris, dan akhirnya pada tahun 1972 terdapat kunjungan presiden AS, Richard Nixon ke Hangzhou. Setelah kunjungan presiden AS itu akhirnya banyak turis asing yang datang ke kota kelahirannya itu, yang menjadi kesempatan agar bisa belajar B.Inggris. Setiap hari dia gowes naik sepeda dari rumahnya ke sebuah hotel di distrik West Lake selama 40 menit. Agar bisa berlatih B.inggris ia menawarkan diri untuk menjadi pemandu turis gratis hanya untuk berlatih B.Inggris, karena dia sering mengobrol dengan turis-turis, hal ini yang membuka jalan pikir Jack Ma dalam hal berbisnis startup, Ini berlangsung selama delapan tahun sampai akhirnya Jack Ma jago Berbahasa Inggris.

3. Menjemput Sebuah Peluang

jack ma
Image by: muamalah.net

Karena untuk mendapatkan pekerjaan sangat sulit, Jack Ma belajar dan berusaha menemukan jalan keluar. Akhirnya dia membangun startup atau perusahaan perintis, akan tetapi dia gagal. Sampai akhirnya karena dia sangat jago bahasa inggris dia mendapatkan kesempatan mengikuti proyek pembangunan jalan raya di AS pada tahun 1995, disitulah dia berkenalan dengan komputer dan internet, pada saat itu dia mencoba melakukan pencarian pada mesin pencari di internet, Jack Ma tidak menemukan satu laman pun yang berkaitan dengan kata China. Mulai dari situ dia berpikir untuk segera memperkenalkan negaranya dengan internet.

4. Membangun Startup Ecommerce

jack ma
Image by: techstory.in

Sebelum membangun startup, Jack Ma sempat bekerja di kementrian luar negeri di China dengan menawarkan jasa penjualan produk China menggunakan akses internet. Dia melihat besarnya peluang, untuk menjualkan barang-barang melalui internet, akhirnya dia keluar dari pekerjaanya itu dan membangun situs sendiri di tahun 1999.  Pada saat itu dia membuat situs bernama Alibaba yaitu situs Ecommerce untuk menawarkan jasa jual beli online, pada saat itu Alibaba adalah situs retail pertama yang menghubungkan para eksportir dari China dengan pembeli dari luar negeri.

5. Jack Ma dan Alibaba mendunia

Jack Ma
Image by: www.forbes.com

Perlahan-lahan dari di buatnya website Alibaba merubah kehidupan Jack Ma, yang lahir dengan latar belakang ekonomi lemah menjadi seorang miliyader. Jack Ma menambah suksesnya setelah Alibaba melepas saham perdananya di bursa saham Amerika Serikat. Pada pelepasan saham di Intial Public Offering (IPO). Sahamnya mencetak sejarah sebagai saham termahal di dunia, karena tembus USD 25 miliar. Dari situ kekayaannya naik sangat drastis sampai USD 25,8 miliar atau setara 347 triliun, GILAA! dan Alibaba mulai di kenal dunia dan sahamnya meroket di tahun-tahun berikutnya.

Itu dia perjuangan kehidupan Jack Ma yang sangat menginspirasi, bagi kalian yang masih muda jangan mudah menyerah karena apabila kalian masih terus berjuang, kalian masih mempunyai kesempatan untuk mencapainya.