Kalian Puasa? Ini Dia Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Kalian!

Di Bulan Puasa Ramadhan seperti ini, merupakan saat yang paling ditunggu seluruh umat muslim diseluruh dunia untuk semakin mendekatkan diri kepada-Nya. Dengan niat yang kuat dan ikhlas, ibadah puasa dapat kita jalani dengan maksimal dan akan mendapatkan manfaat yang maksimal bagi diri kita. Banyak pakar kesehatan yang bilang bahwa banyak manfaat puasa bagi kesehatan kita yang menjalankan khususnya. Hal ini karena puasa dikaitkan dengan proses detoksifikasi atau pengeluaran zat racun dari dalam tubuh. Berikut ini manfaat puasa bagi kesehatan kalian yang belum tau.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kebanyakan orang yang berpuasa pasti ada hidangan buah yang mengandung air untuk menu berbuka puasa. Hal tersebut akan meningkatkan vitamin dan meneral yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh kalian. Ketika seorang berpuasa maka akan terjadi peningkatan Limfosit sampai dengan 10 kali lipat dalam tubuhnya, hal ini memberikan pengaruh yang besar terhadap sistem imunitas tubuh.

BACA JUGA: Tips Dan Trik Berpuasa! Agar Tetap Segar Dan Semangat

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Penurunan berat badan pada saat bulan ramadhan seperti ini adalah salah satu manfaat bagi yang menjalankannya. Sebuah penelitian yang dilakukan di Uni Emirat Arab menyimpulkan bahwa puasa dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selama berpuasa tubuh kita akan meningkat dalam pemecah glukosa, agar tubuh kita memperoleh energi. Hal ini akan mengurangi produksi insulin yang terletak di pankreas, dan glukagon diproduksi untuk memfasilitasi pemecahan glukosa.

3. Sistem Pencernaan Menjadi Sehat

Selama kalian menjalankan puasa pasti sistem pencernaan akan memperoleh waktu untuk merevitalisasi dan meningkatkan fungsinya. Fungsi fisiologis pencernaan tetap berjalan normal terutama produksi sekresi pencernaan, akan tetapi dengan jumlah yang berkurang yang membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Jadi setelah berbuka puasa, sistem pencernaan menjadi lebih efisien dan lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan suatu penyakit.

4. Manfaat Puasa Bagi Ginjal

Ginjal adalah penyaring zat berbahaya apapun yang kita makan dan minum dan berpuasa membuat ginjal semakin sehat. Di lihat dari fungsi ginjal sendiri ginjal akan maksimal bila kekuatan osmosis urin mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Jadi berpuasalah agar ginjal kalian sehat.

5. Mengurangi Hipertensi

Puasa membantu mengurangi risiko aterosklerosis, yaitu tersumbatnya arteri oleh partikel lemak yang menyebabkan darah tinggi. Saat kita menjalani puasa tekanan darah kita akan menurun drastis, dengan demikian hal ini akan membuat metabolisme tubuh kita dalam batas yang stabil.

Itulah beberapa manfaat puasa untuk kesehatan bagi yang menjalankan. Jika masih ada lagi yang bermanfaat isi kolom komen ya para pembaca hallo bro.