Kalian Tidak Ingin Menjadi Mahasiswa Abadi ? Hindari Beberapa Faktornya Berikut Ini
image : http://unsil.ac.id

Mahasiswa abadi adalah julukan bagi mahasiswa yang lulusnya tertunda atau tidak tepat waktu. Pastinya semua mahasiswa ingin kuliah dengan cepat dan mendapat pekerjaan. Idealnya mahasiswa S1 lulus studi yaitu 4 tahun rata-ratanya, tetapi bisa saja ada hal yang memaksa mahasiswa untuk mengundurkan lulus atau biasa yang disebut wisuda karena sesuatu hal yang bisa menghambat jalannya perkuliahan. Mau tahu penyebab penghambat jalannya perkulihan? mari kita simak faktor penyebabnya kita menjadi mahasiswa abadi berikut ini.

Sibuk dengan Organisasi atau pun Kepanitian

organisai
image : idntimes.com

Dalam kuliah pasti ada beberapa macam kategori yang di lakukan oleh mahasiswa seperti kuliah pulang, kuliah organisasi, kuliah main, dan lain sebagainya. dalam kategori kuliah terus berorganisasi ini dia menjadi salah satu mahasiswa gagal menyelesaikan studinya tepat waktu. Dalam organisasi untuk pengembangan diri memang penting, apalagi diikuti idealisme untuk mengkritik berbagai kebijakan kampus ataupun pemerintah. Tetapi balik lagi kepada yang menjalankan apakah dia lebih mementingkan kegiatan di luar perkuliahan atau sama-sama  imbang. Jika lebih mementingkan berorganisasi dan menomor duakan kuliah, pasti kuliahnya akan terbengkalai dan pasti lulusnya akan molor atau tidak tepat waktu.

BACA JUGA: 5 Kartun Terbaik Tahun 2000-an Yang Membuat Kalian Tidak Sabar Menunggu Hari Minggu!

Melakoni Kerja Paruh Waktu

pekerja
image : netdna-cdn.com

Sebenarnya membantu meringankan beban orang tua dengan berinisiatif untuk bekerja sambil kuliah itu adalah hal yang positif. Tetapi kebanyakan mahasiswa kalau sudah mendapatkan uang dengan keringatnya sendiri pasti lupa dengan tanggung jawabnya yang sebenarnya yaitu kuliah. “Jika kuliah saja sudah bisa punya uang sendiri, kenapa harus buru-buru lulus?” Kebanyakan mahasiswa yang sudah berpenghasilan sendiri berfikir seperti itu, Maka dari itu mereka lebih senang kerja daripada ngurusin kuliahnya. Jika Kalian yang bekerja sambil kuliah bisa menghargai waktu dan bisa membagi waktu dengan baik, pasti bisa lulus dengan tepat waktu walaupun sambil bekerja.

Mementingkan Game dari pada Kuliah

game
image : http://assets.kompas.com

Banyak juga Mahasiswa abadi itu dikarenakan faktor game online. Sekarang Game online banyak digandrungi oleh kaum anak muda, bermain game membuat orang itu malas akan melakukan hal apapun termasuk kewajiban kuliah. Dota, PES, Fifa, CoC, Point Blank, mungkin sudah tidak asing terdengar di telinga kita. Game tersebut yang kebanyakan kaum muda mainkan hingga larut pagi dan melupakan semua kewajiaban kuliah seperti tugas, laporan,dll bagi mahasiswa khususnya. Sering kali kita lupa akan hiruk pikuk dunia ketika telah asik dengan permainan yang sedang kita mainkan. Seharusnya kita dapat membagi waktu dengan kuliah dan bermain agar tidak mengecewakan orang tua.

Menikmati Kebebasan Karena Jauh dari Orang Tua

bermain
image : cumicumi.com

Jauh dari orang tua membuat kita tidak ada yang mengekang atau pun memantau kegiatan kita sebagai mahasiswa khususnya. Banyak yang ingin kita lakukan saat jauh dari orang tua contohnya seperti bermain hingga larut malam dengan teman atau pun kekasih hati, Rendahnya pengawasan kita dari orang tua terkadang kebebasan itu dimanfaatkan secara berlebihan. Seharusnya pada waktu kita jauh dengan orang tua menjadi takaran tingkat kedewasaan kita terhadpa suatu tanggung jawab yang besar, luluslah dengan tepat waktu dan banggakan orang tua kalian jika kalian ingin mentakar taraf kedewasaan kita sebagai mahasiswa.

Jadilah mahasiswa yang berguna bagi nusa, bangsa, dan agama. lulus dengan cepat tidak menjadi patokan bagi mahasiswa, hanya Luluslah denga tepat waktu dan ilmu yang didpat bisa berguna kelak untuk membangun suatu kesejahteraan kita. Jadi pembaca hallobro Janganlah kecewakan orang tua yang sudah banyak mengekuarkan tenaga dan keringat hanya demi kita Sukses.