Anak perantau
Image by: blog.payfazz.com

Bagi kamu mahasiswa perantau yang sudah memutuskan pergi untuk hidup atau tinggal jauh dari keluargamu dengan alasan ingin meneruskan pendidikan atau mencari pekerjaan. Ada banyak hal yang harus kamu persiapan dengan baik dan matang, karena hidup di perantauan kita di tuntun untuk tidak manja. Mungkin hidup dirumah kita bisa di temani dengan keluarga tercinta kita dan teman yang selalu bisa diajak bicara, bercerita dan bercanda, tidak semua itu bisa terjadi di tempat perantauan. Oleh karena itu disini mimin akan memberikan tips-tips bagi kamu yang sedang hidup di tempat perantauan, agar kamu tidak salah mengambil langkah.

Tips-Tips Hidup Di Perantauan

1. Mempunyai tujuan

tujuan hidup
Image by: akucintakeuangansyariah.com

Sebelum kamu berangkat ketempat perantauan, kamu sudah harus mempunyai tujuan apa saja yang harus kamu selesaikan di tempat perantauan sampai kamu balik lagi kerumah bertemu keluargamu nanti, karena apabila kamu mempunyai tujuan, itu akan membuatmu menambah semangat dan bisa jadi itu akan membuatmu betah berada di perantauan. Karena kamu akan fokus untuk mengejar tujuan-tujuanmu itu.

2. Kenali tempat perantauan yang kamu tuju

merantau
Image by: kampoengilmu.com

Jangan samakan merantau dengan pergi liburan, karena keduanya jelas jauh berbeda. Soalnya kamu tidak hanya singgah 4 hari atau 2 minggu disana, akan tetapi kamu akan tinggal untuk bertahun-tahun. Jadi kmu benar-benar harus menyiapkan informasi sebanyak-banyaknya tentang kota yang akan kamu tinggali, mulai dari kenali nama-nama jalannya, nomer telepon tempat-tempat pentingnya, hingga lokasi yang strategis untuk di tinggali.

BACA JUGA: Hal Yang Perlu Kalian Tahu Tentang Kisah Sukses Bob Sadino

3. Pastikan kamu punya saudara disana

saudara perantauan
Image by: seoulsweetstory.blogspot.co.id

Jauh dari orang tua dan keluarga tentu akan lebih beresiko. Oleh karena itu, sebagai langkah antisipasi pastikan bahwa kamu tak benar-benar sendirian di tempat perantauan. Setidaknya ada salah satu keluarga atau teman yang bisa kamu hubungi dan diminta bantuan, mungkin saja kamu mendadak tertimpa masalah atau musibah dan sodaramu bisa menolongmu.

4. Harus bisa beradaptasi

beradaptasi
Image by: edukasi.kompas.com

Mungkin diantara kalian pernah mendengar “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung” artinya kita harus bisa menyesuaikan diri atau beradaptasi terhadap lingkungan yang akan kita tinggali. Apabila kamu tidak bisa beradaptasi di tempat perantauan, mungkin dalam beberapa bulan bisa saja kamu langsung tidak betah.

5. Belajar untuk menghemat

Belajar Menghemat Uang
Image by: www.bibliotika.com

Setiap orang yang merantau sudah di haruskan belajar untuk berhemat, karena kita tidak tahu hari esok akan bagaimana. Kamu harus bisa merencanakan dalam penggunaan keuanganmu. Soalnya tidak ada orang yang akan memarahi mu apabila kamu dengan gampangnya menggunakan uangmu.

6. Perbanyak teman

teman perantauan
Image by: www.merdeka.com

Sudah pasti di lingkungan yang baru banyak sekali kesempatan untuk mendapatkan kenalan baru, entah itu sesama perantau atau bukan. Akan tetapi kamu harus jago dalam memilih teman, jangan sampai kamu terjerumus ke hal-hal negatif akibat temanmu.

6. mempunyai rasa ingin tahu yang lebih

rasa ingin tahu
Image by: zenoblog.com

Bagi kamu mahasiswa perantau, tinggal di tanah perantauan itu ibarat lembar kosong yang bebas diisi. Oleh karena itu carilah pengetahuan seluas-luasnya karena itu adalah kesempatan agar kamu bisa mendapatkan kesuksesan.

7. Mempunyai karakter gigih, pantang menyerah dan tahan banting

tidak mudah menyerah
Image by: JadiBerita.com

Banyak orang yang akhirnya mendapatkan kesuksesan karena memutuskan untuk merantau, akan tetapi sukses tidak mungkin tercapai tanpa kerja keras dan usaha yang gigih. Mereka yang akhirnya mendapatkan kesuksesan di tempat perantauan sudah pasti memiliki karakter yang gigih dan pantang menyerah.

8. Cari tau dan bergabunglah dengan komunitas satu wilayah denganmu di tempat perantauanmu

komunitas wilayah
Image by: www.harianjogja.com

Banyak orang yang bilang rumah adalah tempat yang paling nyaman yang akan selalu kamu rindukan. Tak ada tempat yang bisa menggantikan kenyamanan saat dirumah atau pada saat di lingkungan rumah. Oleh karena itu apabila kamu ikut dengan komunitas satu wilayahmu di tempat perantauan, mungkin saja itu akan mengurangi rasa kangenmu terhadap rumah.

Pada saat kamu merantau untuk pergi meninggalkan keluargamu, pasti banyak suka dan duka yang kamu alami. Suka dan duka itu yang bisa menjadi pengalaman berharga untuk kamu dimasa depannya, jadi untuk kamu mahasiswa perantau atau anak perantauan terus berjuang sampai mendapatkan kesuksesan yang kamu inginkan.