saat sedang sedih
Image by: Rumaysho.Com

Kesedihan adalah suatu emosi yang di tandai oleh perasaan tidak beruntung, kehilangan dan ketidakberdayaan. Saat sedang sedih, manusia cenderung menjadi lebih diam dan kurang semangat. Memang hidup seperti itu, banyak sekali kejutan yang tanpa kamu sadari sendiri. Contohnya seperti saat tiba-tiba pacarmu memutuskan hubungan, sementara kamu terlanjur memupuk harapan tentang masa depan kalian. Tapi jangan sampai kesedihan itu kamu biarkan berlarut-larut di dalam dirimu. Kenapa kamu tak coba hal-hal ini untuk kamu lakukan, dari pada kamu harus bersedih berlarut-larut.

Inilah! Hal-Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mengurangi Kesedihanmu

1. Ke pantai

saat sedang sedih
Image by: Setara.net

Hampasan air, angin dan bermain ombak di pantai adalah hal yang tepat untuk menghilangkan rasa sedih. Hal ini terbukti berdasarkan penelitian dari European Centre for environment and human health di Truro, Cornwall. Penelitian melakukan studi ini selama dua tahun terhadap 2.750 peserta. Ternyata bersantai di pantai, baik saat sinar matahari terik maupun mendung, baik bagi emosional dan fisik dibandingkan berjalan-jalan di taman. Menurut para ilmuwan, suasana pantai dan laut dapat melepaskan emosi negative seperti marah.

2. Travelling

saat sedang sedih
Image by: www.theplaidzebra.com

Dengan traveling kamu dapat menemukan pengalaman hidup yang beragam. Ini adalah hal yang paling direkomendasikan oleh banyak orang ketika kamu  bersedih dan ingin mencoba pengalaman yang menakjubkan dalam hidup, dengan kamu menemukan pengalaman baru, dapat membuat kamu bisa melupakan rasa sedihmu.

3. Membantu orang lain

saat sedang sedih
Image by: www.reed.co.uk

Dengan membantu orang lain, apa lagi orang yang kalian bantu terlihat sangat senang. Pada saat kamu melihat orang yang kamu bantu tersenyum itu akan membuat hati anda menjadi lega dan bisa mengurangi kesedihanmu.

4. Curhat kepada temanmu

saat sedang sedih
Image by: ciricara.com

Pada saat sedang sedih, ada baiknya kamu curhat masalahmu ke sahabatmu. Karena dari kamu mengungkapkan semua masalahmu kepada sahabat atau temanmu beban yang ada di dalam dirimu bisa berkurang, Karena mungkin saja kamu bisa mendapatkan saran yang tidak kamu pikirkan sebelumnya, Karena pada saat kamu tertimpa masalah akhirnya membuat kamu stress, Kamu sulit untuk berpikir jalan keluarnya dan membuat Kamu sulit untuk berpikir apa langkah selanjutnya agar masalah yang sedang dihadapi berkurang dan selesai.

BACA JUGA: Iya Gak Sih? Ketika Sedih Kita Malah Memahami Lirik Lagu Yang Kita Dengerin?

5. Mendengarkan lagu

saat sedang sedih
Image by: www.selasar.com

Perasaan galau atau sedih kerap kali muncul ketika seseorang tertimpa masalah atau depresi. Pada saat perasaan sedih itu muncul, beberapa orang mengekspresikan dengan mendengarkan lagu, Menurut sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports, menemukan bahwa menangis ketika mendengarkan lagu sedih menghasilkan perasaan senang bagi pendengarnya.

6. Berkumpul bersama teman-temanmu

saat sedang sedih
Image by: Trivia.id

Berkumpul dengan teman-temanmu ini adalah cara yang ampuh saat sedang sedih, karena kamu bisa bercanda dan tawa bersama mereka dan dapat membuat kamu melupakan masalah yang ada di pikiranmu.

7. Berdoalah

saat sedang sedih
Image by: www.panjimas.com

Hal ini jangan sampai terlewatkan, apabila masalah datang jangan lupa untuk berdoa kepada yang maha kuasa, agar masalah kita cepat terselesaikan.

Innallaha Ma’ana “Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya allah bersama kami”

Sebenarnya di dalam kehidupan sangat wajar apabila kita mengalami masalah, yang membuat kita bersedih. Akan tetapi jangan sampai kesedihan itu berlarut-larut menempel di dalam diri kamu. Kamu harus mencoba keluar dari zona kesedihanmu itu, karena suatu masalah pasti mempunyai jalan keluarnya.