Albert Einstein
Image by: www.gizmodo.com.au

Siapa yang tidak kenal Albert Einstein? Dia dulunya adalah seorang bocah yang dianggap bodoh dan autisme yang akhirnya menjadi seorang ilmuwan fisika teoretis yang sudah dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20. Beliau sudah menyumbang banyak sekali tentang pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistik, kosmologi dan beliau juga di anugerahi penghargaan Nobel. Berikut ini adalah kisah Albert Einstein Yang sangat inspiratif!

Kisah Albert Einstein, Seorang Ilmuwan Besar Yang Semasa Kecilnya Dianggap Seorang Autisme Dan Bodoh

1. Masa Kecil

Albert Einstein
Image by: www.brilio.net

Einstein lahir di kerajaan Wuettemberg, Jerman. Pada masa kecil tanda-tanda kegeniusan dari Albert Einstein belum terlihat, bahkan prestasi di sekolahnya sangat jelek. Karena waktu semasa kecilnya Einstein adalah anak yang suka membangkang waktu belajar disekolah, dia sering tidak mau mengikuti perintah gurunya melainkan hanya mau mengerjakan apa yang dia mau saja, yaitu yang berkenaan music, sains dan fisika. Oleh karena itu Einstein sering bolos pada saat pelajaran yang tidak beliau sukai.

Akhirnya Albert Einstein di keluarkan dari sekolahnya dan hanya mendapatkan keterangan pernah sekolah SMP disana, karena gurunya tidak sanggup lagi mengajarnya. Setelah  Albert Einstein keluar dari sekolah, ibunya membelikan biola untuknya karena beliau sangat suka bermain biola. Sampai akhirnya  Einstein sangat menguasainya. Menurut Einstein salah satu kunci kecerdasannya adalah dengan bermain musik.

Setelah bertahun-tahun Einstein hanya dirumah bermain biola, akhirnya Einstein memutuskan lanjut sekolah SMA nya walaupun hanya berbekal surat keterangan waktu beliau SMP. Akan tetapi itu percuma, pada saat SMA Einstein juga dikeluarkan dari sekolahnya karena sering bolos dan membangkang kepada guru-gurunya.

2. Masa Remaja

Albert Einstein
Image by: www.migdal.org.ua

Pada masa muda Albert Einstein adalah seorang pria yang mempunyai kharisma bagi wanita karena beliau sangat jago bermain biola dan rambut hitamnya yang lebat berombak. Pada waktu muda keluarganya Einstein mengalami kebangkrutan yang mengharuskan keluarganya pindah ke Italia dan Einstein harus berpisah dengan keluarganya. Akan tetapi setahun kemudian Einstein menyusul keluarganya di Italia karena tidak betah hidup di Jerman.

Setelah tinggal di Italia, pada saat Albert Einstein berusia 16 tahun beliau memutuskan pergi ke Swiss, untuk melanjutkan kuliahnya. Pertama kali test beliau tidak di terima, akan tetapi tahun depannya lagi Einstein baru diterima di Zurich, Swiss. Pada usia 22 tahun Einstein pergi ke universitas Munich dan melihat karya penting dari Max Karl Ernest Ludwig Planck, yang memberikan suatu perkembangan revolusioner dari kuantum planck sendiri, hal inilah yang pertama kali memacu semangat seorang Albert Einstein untuk tekun, kritis dan pantang menyerah untuk meneliti tentang kuantum.

3. Masa Dewasa

Albert Einstein
Image by: allscorpion.blogspot.co.id

Setelah Einstein lulus dari (Institut Teknologi Swiss Federal, di Zurich). Einstein memutuskan terbang ke Jerman untuk mencari pekerjaan yang berkenaan dengan penelitian untuk menyelidiki problema ruang waktu, akan tetapi selalu di tolak.

Akhirnya ayah dari seorang temannya di kelas menolong Einstein, kemudian di promosikan untuk bekerja di kantor Paten Swiss sebagai asisten Teknik pemeriksaan paa tahun 1902. Einstein bertugas sebagai menilai aplikasi paten penemu untuk alat yang memerlukan pengetahuan fisika.

Pada tahun 1904 Enstein menulis empat artikel yang memberikan fisika modern. Akhirnya banyak fisikawan setuju dengan ketiga tesis itu tentang gerak Brownian, Efek foto listrik dan relativitas khusus yang membuat Albert Einstein mendapatkan hadiah penghargaan Nobel. Artikel yang mengenai Efek foto listrik yang membuat Einstein mendapatkan hadiah Nobel dan membuat artikel tersebut menjadi dasar bagi fisika modern

BACA JUGA: Thomas Alva Edison, Orang Bodoh Dan Tuli Sang Penemu Lampu pijar

4. Penemuan-Penemuan Besar Albert Einstein

Albert Einstein
Image by: www.boombastis.com
  • Teori Relativitas

Teori Relativitas ini dibagi menjadi dua, yakni Relativitas umum dan Relativitas khusus. Kedua teori tersebut di cetuskan oleh Einstein, yang berguna untuk menjelaskan bahwa gelombang elektromagnetik dianggap tidak sesuai dengan teori gerakan Newton. Ini yang akhirnya banyak yang memprediksi bahwa relativitas umum cukup berbeda dengan prediksi fisika klasik.

  • Gerak Brown

Gerak Brown ini merupakan gerakan yang secara terus menerus dari suatu partikel zat cair ataupun gas, yang berarti partikel ini tidak pernah dalam keadaan stasioner atau sepenuhnya diam.

  • Persamaan Massa Dan Energi

Pasti kamu pernah mendengar E=mc2, itu merupakan sebuah rumus fisika yang bisa menjelaskan persamaan nilai antara energi (E) serta massa (m), yang dapat di setarakan secara langsung lewat konstanta kuadrat laju cahaya dalam vakum (c2).

  • Efek Fotolistrik

Ini dia temuan Albert Einstein yang mendapatkan penghargaan Nobel pada tahun 1921. Efek Fotolistrik adalah cahaya yang terdiri dari partikel kecil yang disebut foton, lalu membawa energi yang sebanding dengan fekuensi cahaya.

  • Statistika Bose-Einstein

Statistika Bose-Einstein adalah yang berguna untuk mengatur partikel identik yang sudah tidak dapat dibedakan, walaupun partikel yang dimaksud dapat di cacah.

Begitulah kisah Albert Einstein yang sangat Inspiratif, banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah tersebut. Bahwa jangan menyerah untuk menggapai sesuatu, walaupun banyak omongan yang tidak enak dari orang lain. Semangat trus untuk menggapai mimpi kalian!