kisah haru
images by : cbswcbsfm.files.wordpress.com

Lagu merupakan ungkapan hati dari penulisnya. Banyak lagu yang diciptakan oleh musisi terkenal dunia yang menyimpan kisah haru dibaliknya. Sehingga tidak jarang juga mempengaruhi emosi para musisi dalam membawakan lagunya. Nah, Hallo Bro punya nih beberapa lagu yang ternyata menyimpan kisah haru dibalik pembuatannya. Apa aja ya?.

Kisah Haru Dibalik Lagu Terkenal Dunia

1.  Green Day – Wake Me Up When September Ends

billie joe armstrong
images by : rollingstone.com

Lagu ini menceritakan tentang ayah dari Billie Joe Armstrong yang meninggal pada 1 September 1982 karena kanker saat Billie masih berusia 10 tahun. Saat pemakaman sang ayah, merupakan momen sangat menyakitkan untuk Billie. Sehingga Ia pergi meninggalkan pemakaman lebih dulu dan mengunci dirinya dikamar. Ketika ibunya mengetuk kamar mencoba untuk memanggil Billie, Ia berteriak sambil menangis “Wake me up when September ends”.  Kata-kata itu terus melekat di ingatan Billie sehingga 20 tahun kemudian Billie mencurahkan perasaan lewat lagunya dengan judul yang sama dengan kata-katanya. Itulah sebabnya ada baris lirik “like my father’s come to pass, 20 years has gone so fast”. Dan diawal lagu Billie juga memasukkan “like my father’s come to pass, 7 years has gone so fast” yang dimaksudkan, Ia membentuk Green Day 7 tahun setelah kematian sang ayah.

2. Eric Clapton – Tears in Heaven

eric clapton
images by : mr-marshall.co.uk

Lagu ini dibuat untuk mengenang putra dari Eric Clapton, Conor Clapton yang meninggal pada usia 4 tahun akibat terjatuh dari lantai 53 sebuah apartemen di New York pada 1991 silam.

3. Queen – Life of My Life

freddie mercury mary austin
images by : dailymail.co.uk

Lagu ini bercerita tentang kisah cinta dari Freddie Mercury dengan seorang wanita bernama Mary Austin. Namun, akhirnya Mary meninggalkan Freddie. Itu yang menjadi awal mula Freddie menjadi biseksual atau pecinta kepada 2 gender. Hingga akhir hayatnya Freddie tidak pernah lagi menjalin hubungan dengan wanita. Mary Austin merupakan wanita terakhir yang dicintai Freddie Mercury.

BACA JUGA: Dibalik Lagu Beatles Yang Menyimpan Kisah Unik

4. Beethoven – Fur Elise

beethoven fur elise

Lagu yang masih populer hingga kini merupakan kisah kasih tak sampai sang maestro. Banyak spekulasi bermunculan siapa sosok wanita dibalik lagu tersebut. Kemudian banyak yang percaya sosok yang dimaksud adalah Theresa Malfatti von Rohrenbach zu Dezza (1792-1851) yang menikah sebelum Beethoven mengungkapkan perasaannya. Konon pada 1865, Ludwig Nohl yang menemukan gubahan tersebut yang seharusnya Fur Theresa menjadi Fur Elise. Sedangkan menurut musikolog asal Jerman, Martin Kopitz, lagu tersebut dipersembahkan untuk Elisabeth Rockel, seorang penyanyi pada tahun 1813 yang menikah dengan seorang komposer bernama Johann Nepomuk Hummel. Jadi, kalo menurut Hallo Bro lebih logis hipotesa dari Martin Kopitz ini.

5. James Blunt – Carry You Home

blabbermoth.com
images by : blabbermoth.com

Lagu ini menceritakan tentang kisah hidup James Blunt ketika ditinggal teman baiknya saat dia masih menjadi tentara Inggris yang bertugas di Timur Tengah. Baca deh liriknya, sedih.

6. Dream Theater – The Best of Times

mike portnoy
images by : denuani98.blogspot.com

Lagu ini menceritakan tentang kematian sang ayah mantan drummer Dream Theater, Mike Portnoy. Didalam liriknya banyak kenangan Portnoy bersama sang ayah. The Best of Times diciptakan Portnoy sebagai tanda cintanya yang besar kepada ayahnya yang meninggal akibat kanker.

7. Adele – Someone Like You

Adele
images by : abcnews.go.com

Lagu yang emang cocok didengerin saat lagi patah hati ini diciptakan Adele berdasarkan pengalaman pribadinya ketika orang yang dicintainya lebih memilih hidup bersama orang lain. Oh, pantes aja ya lagu Adele ini ngena banget liriknya. “Never mind i’ll find someone like you”.

8. Meghan Trainor – All About That Bass

meghan trainor
images by : abcnews.go.com

Siapa sangka dibalik lagu Meghan Trainor yang kelihatan ceria ini menyimpan kisah haru dibaliknya. Saat Meghan masih berusia 13 tahun, dia mengajak seorang laki-laki untuk berkencan, namun laki-laki itu bilang Meghan harus menurunkan berat badannya 5 kg agar bisa berkencan dengannya. Hal itu yang membuat Meghan sangat terpukul dan menciptakan lagu ini sebagai motivasi untuk mencintai tubuh apa adanya.

9. U2 – Stuck in a Moment You Can’t Get Out

bono michael hutchence
images by : u2interference.com

Lagu ini diciptakan Bono untuk sahabatnya Michael Hutchence, vokalis dari band INXS. Pada wawancaranya untuk Rolling Stone, Bono bilang dia dan Michael sepakat bahwa bunuh diri merupakan tindakan yang menyedihkan dan mereka berjanji tidak akan melakukannya. Namun kenyataanya, Michael meninggal karena bunuh diri.

10. John Lennon – Mother

john lennon and mother
images by : telegraph.co.uk

Lagu ini menceritakan kisah sedih yang dialami John Lennon saat kecil. Ibunya meninggalkannya disaat-saat kritis, ayahnya meninggalkannya karena pekerjaanya yang sebagai pelayar. Sehingga Lennon dirawat oleh tantenya ketika kecil dulu.

11. Avenged Sevenfold – So Far Away

synyster gates jimmy sullivan
images by : planetradio.co.uk

Lagu yang diciptakan oleh gitaris A7X, Synyster Gates dipersembahkan untuk Jimmy ‘The Rev’ Sullivan yang meninggal pada 28 Desember 2009. Liriknya merupakan kata-kata perpisahan dan merupakan lagu pertama A7X yang lirik dan instrumennya diciptakan sendiri oleh Synyster Gates.

12. Kelly Clarkson – Because of You

kelly clarkson
images by : much.com

Bercerita tentang perceraian kedua orang tua Kelly saat Ia masih berusia 6 tahun. Oleh sebab itu, Kelly takut untuk jatuh cinta dan mengalami luka yang sama seperti kedua orang tuanya.

13. Coldplay – Fix You

chris martin gwyneth paltrow
images by : eonline.com

Fix You diciptakan oleh Chris Martin pada tahun 2002 dan 2003, sebagai obat kesedihan untuk mantan istrinya, Gwyneth Paltrow. Pada tahun 2002, ayah dari Gwyneth Paltrow, Bruce Paltrow meninggal dunia yang menyebabkan Gwyneth sangat berduka. Lagu Fix You ini merupakan janji dari Chris untuk membantu Gwyneth dalam melupakan kesedihan, mulai dari instrumen hingga liriknya.

Nah, ternyata banyak lagu hits dari band terkenal dunia menyimpan kisah haru dibaliknya. Namun pengalaman pahit yang pernah dialami mereka lah yang membuat mereka semakin kuat sekarang. Sehingga bisa mampu bertahan dengan apa yang dihadapinya. Kamu juga ya, jangan sampai kisah haru atau pengalaman pahit kamu jadi menghambat kehidupan kamu. Make them proud!.