lawang sewu

Banyak sekali gedung-gedung peninggalan belanda yang mempunyai kisah mistis tersendiri karena sudah lama tidak di huni, contohnya saja Lawang sewu yaitu gedung megah peninggalan belanda yang berada di kota semarang. Di bangun pada era penjajahan Belanda pada tahun 1904, yang terletak di bundaran Tugu Muda Semarang. Di dalam gedung lawang sewu mempunyai nilai historis yang tinggi dan gedung tersebut juga memiliki kisah-kisah mistis yang sangat tinggi. Berikut adalah kisah mistis yang terjadi di lawang sewu.

Cerita-cerita  mistis yang yang terjadi di lawang sewu!

Bangunan yang menjadi saksi bisu kelamnya masa penjajahan Belanda, membuat Lawang Sewu menjadi tempat yang penuh misteri di Jawa Tengah. Terlebih lagi, bangunan itu juga menjadi saksi sejarah tempat bertempurnya para pahlawan tanah air untuk mengusir para serdadu belanda dan Jepang yang terakhir berkuasa. Termasuk saksi bisu ribuan pejuang Indonesia yang disiksa di lokasi itu.

1. Penjara bawah tanah

Lawang sewu adalah gedung yang memiliki penjara di bawah tanah. Penjara tersebut adalah untuk orang-orang yang menentang kebijakan-kebijakan belanda pada saat jaman jajahan belanda. Disitulah tempat pahlawan-pahlawan indonesia disiksa, mulai dari penjara berdiri yang tidak bisa duduk, sampai penjara yang sangat sempit untuk puluhan orang dan tidak pernah di beri makan. Akhirnya banyak sekali tahanan yang meninggal sangat tragis karena tidak kuat di dalam penjara tersebut. Pada jaman sekarang Konon jika seseorang berjongkok dan diam di lorong itu maka dia akan mendapatkan kejutan yang tak terlupakan. Kejutan itu adalah sebuah sosok bayangan berbentuk seperti manusia yang tergantung di atas dengan mata hijau menyala. Bayangan itu akan berjalan merangkak dari atas berusaha mendekati siapa saja yang berhasil melihat sosoknya, persis seperti bayi tetapi merangkak di atas langit. Ingin mencoba nya?

2. Hantu Wanita Berambut Panjang

lawang sewu
Image by : teriakwow.blogspot.co.id

salah satu cerita penampakan yang paling dikenal di Lawang Sewu adalah sosok wanita berambut panjang seperti kuntilanak. Bahkan dalam beberapa acara uji nyali di stasiun TV swasta di Indonesia, Sosok itu kerap kali muncul di kamera. Namun hingga saat ini tak ada yang tahu misteri sosok hantu wanita itu. Hanya saja, penampakan makhluk astral wanita berambut panjang itu sering kali terlihat di lorong-lorong sepanjang gedung Lawang Sewu. Mereka yang pernah menjadi saksi mata, menyadari wanita itu berjalan seakan mencari sesuatu dengan tatapan kosong dan aura mengerikan.

3. Sumur tua

lawang sewu

Salah satu bagian depan halaman gedung lawang sewu ada sebuah sumur tua yang setiap harinya selalu dikunci dan tak pernah dibuka. Konon Menurut rumor yang beredar, di malam hari sering terdengar suara teriakan kesakitan, tangisan dan ketakutan dari tentara Belanda. Sejarah menyebutkan di tempat itulah banyak tentara Belanda yang tewas dengan cara disembelih oleh para tentara Jepang sehingga kabarnya arwah mereka bergentayangan dan ingin menuntut balas atas kematian mereka yang tak wajar.

4. Penampakan ruang utama

lawang sewu
image by : blog.unnes.ac.id

Ruang utama lawang sewu memiliki kisah mistis yang tidak kalah seram. Beberapa orang yang melintasi area ini memiliki banyak sekali pengalaman penampakan hantu. Pertama adalah penampakan tangan hitam besar yang menutupi jendela. Lalu di bagian sudut langit-langit ruang utama, pernah ada cerita seseorang yang tak sengaja menyenter di malam hari dan melihat sosok mirip pocong berwajah rusak.  pernah juga ada yang mengaku melihat bayangan putih yang berlari menembus tembok yang akan mendatangi bagi orang-orang yang melihat dirinya.

5. serdadu belanda penjaga pintu

lawang sewu

Konon, dipercaya sosok penjaga di pintu lawang sewu dengan arah berlawanan di bagian timur dan barat lawang sewu itu adalah para serdadu tentara Belanda lengkap dengan senjata laras panjang. Sesekali para serdadu itu menampakan dirinya, apabila ada seseorang yang menyadari serdadu hantu itu, maka akan diawali dengan hembusan angin agak kencang ataupun semilir yang dibarengi oleh bau-bau misterius mulai dari wangi kemenyan hingga bau anyir darah yang membusuk.

Itu dia kisah-kisah mistis yang terjadi di dalam gedung lawang sewu yang dibuat pada jaman belanda yang sampai sekarang bangunan tersebut masih keliatan angker dan sangat mengerikan. Apabila kalian main ke lawang sewu jangan lupa baca doa dulu yah. Takut nya nanti kalian pulang dari lawang sewu ada yang ngikutin kalian pulang juga.