bahaya minuman

Minum merupakan suatu kebutuhan bagi mahluk hidup terutama manusia. Manusia bisa minum tanpa makan tapi gabisa makan tanpa minum. Karena 80% tubuh manusia merupakan cairan, jadi memberikan cairan dalam tubuh merupakan suatu kewajiban bagi manusia. Namun, ada beberapa minuman yang ternyata menyimpan bahaya bagi kesehatan bila sering diminum. Apa aja ya bahaya minuman yang sering diminum ini?.

Bahaya Minuman Yang Sering Kamu Minum

1.  Teh susu

teh susu
images by : bangkatribunnews.com

Teh susu yang sering disebut teh tarik ini merupakan gabungan minuman antara kedua namanya. Kenapa bahaya bagi kesehatan? karena kandungan senyawa yang ada pada teh sangat bermanfaat bagi kesehatan kamu, namun jika dicampur susu yang memiliki protein dan kalsium tinggi kandungan senyawa yang ada teh bakal hilang. Kandungan senyawa pada teh dan susu pada dasarnya ga akan pernah bisa bersatu untuk memberikan manfaat buat kesehatan. Penyakit yang timbul akibat minum teh susu keseringan adalah serangan jantung mendadak, pembentukan batu ginjal, merusak daya tahan tubuh, dan serangan radikal bebas. Baiknya sih minum teh jangan dicampur apa-apa, begitu juga susu, kecuali dicampur gula gapapa.

2. Minuman Berenergi

minuman berenergi
images by : ekowraps.blogspot.com

Minuman yang sering diminum sama sopir biar ga ngantuk ini pada dasarnya adalah minuman yang berguna meningkatkan kinerja dan energi tubuh. Namun ada bahayanya juga kalo kamu keseringan minum minuman berenergi ini. Karena kandungan dalam minuman ini mengandung HFCS, Kafein, Vitamin B (tanpa diiringi vitamin yang lain, jadi bahaya), Tourine, dan Sodium Sitrat.  Efeknya buat kesehatan kamu juga jangka panjang yang dapat merusak ginjal, hati, dan tulang kamu. Malah bisa menyebabkan kematian kalo keseringan minum minuman berenergi ini.

3. Minuman Bersoda

minuman bersoda
images by : adrants.com

Gak jarang kan kamu minum minuman bersoda ini, dari mulai capek abis olahraga sampe makan di restoran cepat saji pasti minuman dari paket yang kamu pesan gak lain adalah minuman bersoda ini. Namun jika keseringan minum minuman bersoda ini ada resiko nya juga loh. Diantaranya dapat merusak ginjal, gigi, lambung, sampe gangguan jantung. Dan yang paling bahaya buat kaum adam sih bisa menurunkan kualitas sperma. Ih serem ih.

4. Kopi

kopi
images by : brightandearlycoffee.com

Gak bisa dipungkiri hampir semua orang mencintai kopi. Seperti salah satu kutipan terkenal, “Jadilah seperti kopi yang tetap dicintai meskipun tak pernah menyembunyikan pahitnya diri”. Namun ada yang lebih pahit dari rasanya kopi, apalagi kalo bukan efek samping bila keseringan minum kopi. Diantaranya adalah serangan jantung, stroke, meningkatkan asam lambung, insomnia, dan melemahkan daya tahan tubuh kamu. Wuih ternyata ada yang lebih pahit dibalik pahitnya kopi ya.

BACA JUGA :Pola Hidup Sehat Bagi Mahasiswa Yang Sibuk Dengan Kuliah Dan Organisasi

5. Minuman Serbuk Instan

minuman sachet
images by : grosirsnackminuman.files.wordpress.com

Ternyata kalo kamu sering minum minuman serbuk instan ini waktu jaman sekolah dulu ada bahaya nya juga loh. Kebanyakan minuman serbuk instan ini mengandung pemanis buatan yang disebut aspartame. Apa itu aspartame? aspartame merupakan bahan kimia beracun yang dapat merubah kimiawi pada otak kamu, sungguh mematikan buat orang yang terkena parkinson. Efek sampingnya juga ga keliatan sekarang, namun jangka panjang yang dapat menyebabkan koma, bahkan meninggal. Hmm.

6. Air Es

air es
images by : tepatnews.com

Saat cuaca lagi terik-teriknya udah ga diragukan lagi, yang jadi penyelamat tenggorokan pasti minuman yang dingin, minimal air es lah yaa. Tapi ternyata ada bahaya juga yang mengintai kesehatan kamu kalo sering-sering minum air es, apalagi kalo diminum setiap hari. Efeknya adalah perut jadi buncit, membuat tubuh ga nyaman, penyempitan usus, kembung, dan sakit kepala. Sangat tidak dianjurkan untuk minum air es setelah berolahrga. Kenapa? karena perubahan suhu tubuh yang drastis menyebabkan metabolisme jadi terganggu. Bahaya kan ternyata air es juga.

7. Minuman Keras

minuman keras

Sebenernya bukan merupakan yang sering diminum sih, cuma kalo kamu emang sering minum miras ini ada baiknya dikurangin ya. Karena minuman keras ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Efek jangka pendek yang ditimbulkan menyebabkan mulut kering, mual, sering buang air kecil, sulit bernafas, dan jantung berdetak lebih cepat. Jangka panjangnya? menyebabkan liver membengkak, kerusakan otak, merusak fungsi indra, overdosis, hingga kanker hati yang dapat menyebabkan kematian. Serem kan efek miras ini.

Nah itu tadi beberapa minuman yang ternyata menyimpan bahaya bagi kesehatan bila terlalu sering diminum. Emang sih bahaya minuman tersebut ga keliatan sekarang, namun lebih baik menjaga daripada nanti malah kena batunya. Yuk mulai sekarang ganti minuman yang berwarna dengan air mineral. Mau yang bisa nambah fokus, yang botol kemasannya paling ramah lingkungan, atau yang katanya ada manis-manisnya gitu, semua boleh kok. Asal dalam sehari minum 2 liter air mineral ya, atau 8 gelas.