smartphone kecebur air
Image by: www.serbhaneka.com

Pada zaman yang sudah modern ini banyak smartphone canggih yang sudah tahan di dalam air. Akan tetapi masih banyak juga smartphone yang tidak tahan di dalam air, jika smartphone kamu termasuk smartphone yang tidak tahan dengan air kamu harus berhati-hati dalam menggunakan smartphone saat sedang di kolam renang atau lagi hujan, karena bisa saja kecerobohanmu membuat smartphone kamu masuk ke dalam air, hal tersebut bisa membuat smartphone kamu rusak. Apabila smartphone kamu sudah terlanjur terkena air berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk membetulkan atau pertolongan pertama saat smartphone kecebur ke dalam air.

ponsel terendam air
Image by: www.klinikponsel.com

1. Apabila saat kecebur smartphone kamu masih dalam keadaan nyala, jangan langsung di goyang-goyangkan atau di tiup akan tetapi langsung dimatikan.

2. Keluarkan micro SD, SIM dari slotnya. Apabila smartphone kamu tidak menggunakan baterai tanam, langsung lepaskan baterai dari smartphone.

3. Gunakan kain lap atau tisu untuk mengeringkan smartphone kamu, agar air yang masuk tidak menyebar kemana-mana.

4. Apabila kamu merasa air yang masuk sudah terlalu dalam, kamu bisa menggunakan vakum untuk menyedot air yang terdapat pada celah-celah di smartphone kamu.

BACA JUGA: 6 Penyebab Smartphone Android Lemot Dan Cara Untuk Mengatasinya

 

 

5. Setelah semua itu sudah kamu lakukan, timbun smartphone kamu di dalam beras karena beras sangat baik menyerap cairan. Taruh di beras sekitar satu hari atau dua hari.

6. Setelah kamu mengikuti langkah-langkah diatas, masukan kembali microSD, SIM dan baterai kemudian nyalakan smartphone kamu dan check semua fitur-fitur yang ada di smartphone kamu. apabila ada fitur yang tidak berjalan sesuai normalnya langsung bawa ke tempat service handphone.

7. Jika ponsel tetap tidak bisa di nyalakan, cabut baterai smartphone kamu, lalu nyalakan dengan menggunakan charger. Jika hal tersebut berhasil berarti baterai kamu yang bermasalah.

8. Apabila smartphone kamu tetap tidak bisa menyala, langkah terakhirnya adalah pergi ke tukang service smartphone.

Itu dia langkah-langkah yang bisa kamu lakukan apabila Smartphone kecebur ke dalam air agar tidak mati atau konslet. Bagi kamu yang mempunyai pengalaman mengenai hal ini ditunggu yah ceritanya di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua.