memilih universitas
Image by: Gotraining.co.id

Bagi kamu yang sebentar lagi lulus SMA dan ingin melanjutkan kuliah, pasti sekarang kalian lagi bingung untuk mencari universitas dan jurusan yang sesuai keinginan kalian. Oleh karena itu baca artikel dibawah ini, agar kalian tidak salah pilih universitas maupun jurusan:

Langkah Strategis Untuk Memilih Universitas

1. Tentukan Jurusan yang Ingin Kamu Ambil

memilih jurusan
Image by: kampoengilmu.com

Sebelum kalian menentukan universitas yang ingin kalian ambil, sebaiknya kalian memikirkan baik-baik jurusan yang ingin kalian ambil. Sebaiknya memilih jurusan sesuai passion, karena apabila kalian salah memilih jurusan itu adalah kesalahan yang sangat fatal. Apabila kalian masih bingung memilih jurusan, baca dulu artikel ini Tips-Tips Memilih Jurusan, Bagi Kamu Yang Bingung Memilih Jurusan Yang Tepat!

2. Memilih Universitas

memilih universitas
Image by: campuranzone.blogspot.com

Riset Universitas yang kamu pertimbangkan. Riset mengenai akreditasi, keunggulan, sampai beasiswa yang diberikan oleh kampus tersebut. Selain itu riset jurusan yang kamu inginkan di kampus tersebut. Carilah daftar peringkat universitas berdasarkan jurusan yang kamu minati. Ada beberapa universitas yang sulit masuk ke table liga universitas karena hanya menawarkan jurusan yang terbatas.

3. Tentukan Lokasi

lokasi universitas
Image by: developers.google.com

Sebaiknya selain kamu memilih universitas yang bagus, kamu juga mempertimbangkan lokasi universitas yang kamu pilih, karena kota tempat kuliah kamu nanti akan menjadi tempat tinggal kamu selama kurang lebih 4 tahun. Oleh karena itu sebaiknya kalian memilih lokasi Universitas yang tepat.

4. Biaya Studi Dan Beasiswa

biaya kuliah
Image by: uangonline.com

Selain kalian mencari universitas dan jurusan. Sebaiknya kalian riset mengenai pembiayaan kuliah dengan jurusan yang kamu pilih, dan kalian konsultasikan dengan orang tua kalian. Hal tersebut sangat penting, agar kedua orang tua menyiapkan dana untuk universitas yang kalian ingin.

5. Melihat Fasilitas Dan Sumber Daya Yang Dimiliki Universitas

fasilitas kampus
Image by: www.uii.ac.id

Kamu perlu menentukan fasilitas apa saja yang kamu perlukan dan riset apakah kampus tersebut mempunyai fasilitas yang kamu inginkan. Contohnya seperti kamu sangat suka sekali bermain futsal, oleh karena itu kamu bisa riset apakah kampus tersebut memiliki lapangan futsal.

6. Cari Tau Informasi Lebih Lanjut 

cari tau info kampus
Image by: www.kitamuda.id

Apabila kamu sudah memilih Universitas dan jurusan yang kamu inginkan, kamu bisa tanyakan kepada alumni atau teman kamu yang kuliah disana, atau kamu bisa datangi langsung universitas tersebut. Dengan hal tersebut kalian menjadi tau isi dari universitas tersebut dan kalian bisa menentukan universitas tersebut cocok atau tidak dengan kalian.

Itu dia langkah-langkah strategis yang bisa kalian ikuti untuk memilih universitas sesuai yang kalian inginkan. Jangan sampai kalian salah pilih Universitas atau jurusan yaa guys!