Kuchisake Onna

Menggunakan masker untuk menutupi wajah dari debu itu sudah biasa. Hati-hati apabila kalian datang ke Jepang dan bertemu wanita memakai masker dengan muka pucat di malam hari, mungkin saja dia adalah Kuchisake Onna sejenis siluman dalam mitologi dan legenda urban Jepang.

Berikut adalah legenda Kuchisake Onna si mulut robek!

Kuchisake Onna

Legenda kuno

“Sekarang siapa yang bakal bilang kamu cantik dengan keadaan begini?”. itu adalah pernyataan dari suami Kuchisake onna sebelum dia merobek mulut Kuchisake Onna. Dalam legenda, Kuchisake Onna adalah seorang wanita muda yang cantik dan hidup pada Zaman Heian. Kemungkinan ia adalah seorang istri atau selir samurai. Konon dari cerita yang beredar walaupun dia mempunyai wajah yang cantik sayang nya dia sombong, dia juga sering berselingkuh di belakang suaminya, dan membuat suaminya sangat marah sekali pada saat mengetahui kalau istri yang dia cintai itu selingkuh di belakangnya karena merasa sangat cemburu dan dikhianati. Akhirnya suami Kuchisake Onna menyerangnya dan membelah mulutnya dari kuping ke kuping, dan dia berkata “Sekarang siapa yang akan berkata kau cantik?” ejek suaminya. Setelah kejadian itu Kuchisake Onna sangat kesakitan dan akhirnya meninggal secara perlahan, yang membuat arwahnya itu gentayangan. Menurut cerita yang beredar dia menutupi mulutnya dengan masker operasi dan sering muncul di jalan-jalan yang sepi. Ia bertanya pada orang yang ditemui apakah dirinya cantik, bila orang itu menjawab tidak atau ketakutan melihat wujud seramnya maka ia akan membunuh orang itu. Tapi jika korban mengatakan dia tetap cantik untuk kedua kalinya (setelah sang perempuan membuka maskernya), ia mengikuti korban sampai ke rumah dan membunuh mereka di ambang pintu tempat tinggal mereka. Pada akhir 1970-an, beberapa sekolah menyarankan agar murid-muridnya pulang secara berkelompok atau ditemani guru agar selamat.

Kuchisake Onna

BACA JUGA: Puisi Tomino Mengundang Kematian!

Legenda Urban

Dalam versi legenda urban Kuchisake Onna adalah perempuan cantik yang pada saat itu mengalami kegagalan operasi wajah. Menurut cerita yang beredar dokter yang sedang mengoperasi wajahnya itu memakai pomade (jenis minyak rambut) dengan bau yang menusuk, yang membuat Kuchisake Onna ketika sedang dioperasi ia tidak bisa tenang karena bau itu sehingga si dokter secara tidak sengaja memotong mulutnya hingga robek. Wanita itu menjadi histeris dan marah lalu membunuh dokter itu, dan akhirnya Kuchisake Onna dibunuh oleh warga karena sudah membunuh dokter tersebut. Ada beberapa versi lain mengenai asal-usulnya namun kurang populer, misalnya:

  • Korban kecelakaan lalu-lintas yang wajahnya rusak.
  • Seorang wanita yang mengalami gangguan kejiwaan sehingga merobek mulutnya dengan benda tajam.
  • Seorang wanita korban pemerkosaan yang mulutnya dirobek oleh si pemerkosanya atau dia sendiri yang melakukannya setelah menjadi gila karena perkosaan itu.
  • Seorang wanita yang leluhurnya memperoleh uang haram dengan menyembah siluman anjing sehingga anak cucunya dikutuk bermulut robek dan bila mati akan menjadi siluman.

Seperti itu lah penampakan dan cerita yang beredar mengenai hantu Kuchisake Onna. Hati-hati apabila anda pulang malem-malem dan bertemu sesosok wanita memakai masker dan bermuka pucat, siapa tau dia adalah hantu bermulut robek yang akan membunuh mu!