the lumineers

The Lumineers, merupakan sebuah band yang berasal dari Colorado, Amerika. Belum lama ini, mereka merilis video klip dari 4 buah lagu dalam album Cleopatra yang ternyata saling berhubungan satu dengan lainnya. Menurut pengakuan dari sang vokalis, Wesley Schultz, lagu Cleopatra merupakan kisah nyata dari seorang teman wanitanya yang berprofesi sebagai sopir taksi dan menyesali keputusan di masa lalunya. Nah, disini HalloBro bakal tunjukkin makna-makna tersembunyi dalam setiap video yang saling berhubungan ini.

Pesan Tersembunyi dibalik lagu The Lumineers

1. Sleep on the Floor

sleep on the floor
images by: youtube.com

Alur cerita yang digunakan Lumineers dalam membuat sebuah cerita dimulai secara kebalikan dari rilis video klipnya. Alur cerita ini dimulai dari Sleep on the Floor. Video ini menunjukkan tentang pemakaman ayah dari si wanita seperti dalam lirik Sleep on the Floor, “Forget what father Brennan said, we were not born in sin” dan lirik dari Cleopatra, “My father in a casket” . Lalu si pria memintanya untuk meninggalkan kota. Mulai dari sini kita dapat melihat si wanita membelah kedua tubuhnya, yang satu bertahan dirumah dan yang satunya pergi bersama si pria, konsep yang dipakai untuk keempat video dalam mewakili “what if” skenario. Lalu kita juga dapat melihat tubuh keduanya hidup bersama pria itu, berpergian menggunakan volvo hitam, membuat tato di lengan, hingga akhirnya menikah. Tapi di akhir video, kita dapat melihat si gadis tergeletak sendirian di lantai rumahnya.

2. Angela

angela lumineers
images by: youtube.com

Video klip ini merupakan lanjutan alur cerita dari video klip Sleep on the Floor. Kenapa? kita bisa lihat bekas luka di pipi si wanita, dalam video klip ini si wanita tidak tinggal dengan pria yang sama di waktu mudanya. Video ini juga menunjukkan si wanita sedang hamil dan tidur dengan suaminya. Disini si wanita membelah kembali tubuhnya, pikirannya menyuruh untuk tetap tinggal dengan suaminya, namun hatinya menginginkan sesuatu yang berbeda. Dia berkendara menggunakan volvonya hingga akhirnya sampai ke motel dimana ia menemukan rumah yang sesungguhnya seperti dalam lirik Angela, “Home at last”.

3. Cleopatra

Cleopatra Lumineers
images by: youtube.com

Dalam video ini si wanita sudah menua dan menjalani hidupnya sebagai sopir taksi (Luka di pipi kiri dan tato di lengannya). Sebagai sopir taksi dia mengamati setiap penumpangnya yang datang dan pergi. Kehadiran pasangan di video Sleep on the Floor dan wanita hamil di video Angela juga sedikit aneh,  namun memberikan kita pandangan bahwa dia melihat bagaimana keputusan yang diambilnya pada masa lalu. Kemudian, dia menjemput seorang anak laki-laki yang bisa kita asumsikan sebagai anaknya dengan suami di video Angela. Di akhir video, dia mengantarkan anaknya ke rumah suaminya, lalu terjadi pembelahan tubuh sekali lagi. Kembali ke belakang, dia melihat dirinya memeluk tubuh mantan suaminya dan masuk ke dalam rumah, sesuatu yang bisa terjadi jika dia mengambil keputusan untuk bertahan dengan mantan suaminya. Namun, tubuh sebenarnya tetap bertahan di taksi, saat mantan suaminya memandang serius ke arahnya sebelum menutup pintu rumahnya.

BACA JUGA: Kisah Haru Dibalik Lagu Terkenal Dunia

4. Ophelia

ophelia lumineers
images by: youtube.com

Dalam video ini Wesley sang vokalis Lumineers lah yang membelah kedua tubuhnya. Ophelia ini menceritakan tentang narasi antara ketiga video tersebut, tentang Cleopatra. Berdasarkan liriknya “Been on my (Wesley) mind”. Seperti karakter Ophelia dalam karya ShakespeareHamlet“, yang bercerita tentang wanita dan pilihan dalam skenario “what if”, karena itu semua video selalu memperlihatkan membelah tubuhnya. Juga, seperti karakter Cleopatra dalam karya Shakespeare “Antony and Cleopatra”, dulu dia pernah berjaya, namun sekarang itu hanya masa lalu.

Nah, jadi apa pesan dari semua video dari Lumineers ini? Berdasarkan keputusan yang diambilnya, si wanita menyesali semua keputusannya. Jika dia tidak meninggalkan pasangannya dalam video Sleep on the Floor dia tidak akan menyesali pernikahannya dengan pria dalam video Angela. Dan jika dia tidak meninggalkan suaminya, dia tidak akan kecewa anaknya memiliki keluarga yang berantakan. Seperti pepatah “Penyesalan selalu datang terlambat”, The Lumineers menyampaikan pesan yang cukup keren ini melalui ketiga lagu dan video klipnya daripada secara gamblang menyampaikan sebuah pesan dalam sebuah lagu. Wuih.