google allo
image by: blog.google.com

Apa sih Google Allo?

Google Allo merupakan sebuah aplikasi instant messaging milik Google yang baru bisa digunain buat pemakai Android dan iOS. Aplikasi ini baru diluncurkan 11 bulan lalu, tepatnya pada tanggal 21 September 2016. Aplikasi chatting ini memiliki tampilan yang simpel dan sama seperti aplikasi instant messaging lain yang cukup mudah untuk digunain. Namun, ada beberapa fitur dari Google Allo yang rasanya bisa jadi nilai plus untuk aplikasi instant messaging ini. Nah, Hallo Bro bakal ngenalin nih beberapa fitur-fitur yang dimiliki oleh Google Allo. Cek ya!.

Fitur-fitur dari Google Allo

1. Balesan chat yang makin pintar

google allo assistant bot

Saat kamu chatting bareng temen kamu, Google Assistant bakal nawarin balesan yang tepat buat bales chat temen kamu berdasarkan konteks chat kamu. Misalnya temen kamu ngirim gambar kucing, Google Assistant bakal nawarin kamu buat bales chat dari temen kamu contohnya kayak respon “cute”, “adorable”, “aww!”. Atau kalo kamu pusing nyari makan bareng temen kamu, bisa banget tinggal ketik “@google all restaurant near me” dari situ kamu bisa langsung dikasih pilihan restoran-restoran yang bisa kamu liat bareng temen kamu. Gausah ribet-ribet lagi kan keluar dari aplikasi chatting jadinya!.

Dan juga kalo kamu males ngetik, Google Assistant bakal nawarin respon balesan kamu yang bisa kamu pilih berdasarkan gaya balesan kamu.

2. Emoji dan stiker yang bisa nyesuain sama teks kamu

teks sesuai stiker

Sama kayak di Line kalo kamu ngetik teks yang kamu mau kirim bakal ada saran buat emoji atau stiker yang sesuai sama teks kamu. Misalnya kamu ngetik laper bakal ada emoji atau stiker yang menggambarkan laper kamu itu.

3. Gambar yang kamu kirim bisa kamu coret-coret

edit gambar google allo

Kalo kamu pengen ngirim gambar screenshoot atau apapun biar lebih jelas dan menarik gaperlu diedit pake aplikasi lain lagi. Lewat Google Allo semuanya bisa kok.

4. Bisa ngubah ukuran teks chat yang kamu kirim

mengatur ukuran teks di google allo

 

Ini lagi kelebihan Google Allo, bisa ngecilin atau ngegedein ukuran teks chat yang kamu kirim. Caranya juga gampang banget, tinggal tahan tombol send terus slide keatas buat ngegedein teks dan slide kebawah buat ngecilin teks.

5. Punya stiker juga loh

stiker google allo

Gamau kalah dari aplikasi instant messaging lain yang udah gunain stiker didalam chat nya. Google Allo juga punya 25 paket stiker yang bisa kamu gunain.

Dan yang lebih kerennya lagi, kamu juga bisa bikin stiker dari muka kamu sendiri. Mirip kayak bitmoji di Snapchat gitu deh!.

BACA JUGA: Penemu Sosial Media Yang Sering Dilupakan Penggunanya

6. Incognito mode

incognito mode google allo

 

Gacuma browsernya aja yang bisa incognito mode, aplikasi chatting nya juga punya loh. Jadi lewat incognito mode ini, chat kamu bareng temen kamu bisa ada masa waktunya yang bisa kehapus sendiri. Mirip kayak salah satu fitur BBM dulu deh ya!.

7. Google Assistant, bot milik Google

google assistant

Kalo kamu ngerasa bosen gaada temen chat, kamu bisa ngajak chat Google Assistant ini. Mulai dari jokes, fun fact, nyanyi, atau malah main game. Game yang ditawarkan juga banyak kok, yang pasti bisa ngusir rasa bosen kamu.

Selain sama Google Assistant, kamu juga bisa mainin game bareng temen chat kamu. Wih kurang enak apalagi coba, gausah takut lagi deh keabisan topik buat chat!.

8. Bisa restore chat juga loh

backup chat google allo

Gausah takut chat di Google Allo bareng temen deket kamu bakal ilang deh kalo suatu saat kamu ganti smartphone kamu. Selama kamu backup data kamu lewat aplikasi ini, nanti di smartphone baru kamu tinggal sinkronisasi aja chat nya.

9. Voice Call dan Video Call

google duo google allo

Lewat aplikasi ini juga bisa loh melakukan panggilan suara maupun video. Cuma sebelum kamu install Google Duo, kamu belum bisa menggunakan fitur ini. Pinter banget ya Google, buat kita harus download aplikasi milik dia yang lainnya. Tapi tenang, kamu ga harus buka aplikasi Google Duo nya kok, kalo mau melakukan panggilan.

10. Bisa dibuka lewat dekstop juga loh

google allo dekstop
image by: allo.google.com

Selain dari device smartphone kamu, Google Allo juga bisa loh dibuka lewat dekstop PC kamu.

Nah itulah pengenalan singkat tentang Google Allo beserta fitur-fitur pintarnya. Setelah baca fitur-fiturnya kira-kira kamu jadi tertarik buat gunain aplikasi ini gak? atau masih tetep setia sama aplikasi instant messaging yang kadang timeline nya berisi hoax atau hal-hal viral dari kelatahan orang-orang?. Hehehe.