penyebab mimpi
images by: wallpaperup.com

Mimpi merupakan keadaan bawah sadar yang melibatkan indera manusia, mulai dari penglihatan, pendengaran, perasaan, pikiran, maupun indera-indera lainnya. Menurut teori yang dikemukakan oleh ahli psikoanalisa, Sigmond Freud, mimpi merupakan cerminan dari keinginan manusia yang tidak tercapai saat keadaan sadar, sehingga akhirnya muncul dalam bentuk mimpi. Ada 2 faktor yang menyebabkan terjadinya mimpi, yaitu yang berkaitan dengan diri sendiri secara fisik maupun mental atau disebut faktor internal dan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor luar maupun mahluk lain atau faktor eksternal. Nah, HalloBro bakal kasih tau nih apa aja yang menyebabkan kita bermimpi. Cek cek.

Faktor Internal Penyebab Mimpi

1. Kesehatan Jasmani

demam penyebab mimpi
images by: www.mommypotamus.com

Pernah kan kamu ngerasa kalo demam tidurnya kurang nyenyak, sekalinya bisa tidur malah sering kebangun gara-gara mimpi yang aneh-aneh. Nah, ternyata kalo sakit tuh keadaan tubuh kita lagi kurang seimbang dan terjadi dishamonisasi. Sehingga pikiran kita ingin menggambarkan apa yang sesungguhnya terjadi dalam tubuh, karena kesadaran orang yang sakit tuh lemah jadi pikiran menggunakan media visual untuk menggambarkan keadaan tubuh kita yang sesungguhnya.

2. Perubahan Aktifitas Tubuh

aktifitas penyebab mimpi
images by: javasoulnation.blogspot.com

Faktor ini disebabkan oleh keadaan tubuh akibat perubahan-perubahan aktifitas kita saat keadaan sadar. Contoh kalo kita lupa buang air kecil sebelum tidur, kandung kemih tubuh kita akan penuh disaat kita terlelap tidur yang menyebabkan kita ingin buang air kecil. Sehingga di dalam mimpi pun, kita sering merasa berada di tempat yang wajar buat buang air kecil, karena saat kita tertidur kesadaran tubuh kita sangat melemah. Saat kelelahan pun sama, itu juga jadi penyebab mimpi akibat aktifitas tubuh yang berubah.

3. Emosi

emosi penyebab mimpi
images by: thewritepractice.com

Emosi disini bisa berupa kebahagiaan, kesedihan, harapan maupun ketakutan. Untuk penggambarannya bisa sejalan dengan emosi kita maupun berlawanan. Itu sebabnya banyak orang yang mengalami kesedihan dalam keadaan sadarnya membawa serta kesedihan nya ke dalam mimpinya.

BACA JUGA: Jangan Gundah, Cobain Beberapa Tips Hidup Bahagia Ini!

Faktor Eksternal Penyebab Mimpi

1. Lingkungan Sekitar Tempat Tidur

lingkungan penyebab mimpi
images by: fatherly.com

Pikiran kita secara ga langsung udah merekam aktifitas dan membuat ukuran-ukuran sebelum kita tertidur. Contoh saat tidur dipinggir kasur dan hampir terjatuh, didalam mimpi kita merasa seolah akan terjatuh dari ketinggian. Begitu juga ketika kamu tertidur dan diganggu teman kamu, sehingga kamu selalu merespon apa yang dilakukannya sama kamu.

2. Mahluk Lain

mahluk lain penyebab tidur
images by: www.selipan.com

Pernah saat ada orang terdekat kita yang meninggal mendahului kita, kita sering memimpikannya. Entah hanya bertemu ataupun menyampaikan suatu pesan buat kita. Tapi, bedakan juga dengan halusinasi yang dipicu ketakutan oleh orang atau tempat tertentu.

Nah itu tadi beberapa penyebab-penyebab yang mempengaruhi mimpi kita. Ternyata keadaan dalam tubuh maupun luar tubuh turut mempengaruhi mimpi kita. Ada baiknya sebelum pergi tidur, menyelesaikan semua aktifitas dalam keadaan sadar kita agar nyenyak tidur dan gak mimpi yang aneh-aneh. Juga jangan lupa bersih-bersih dulu dan berdoa sebelum tidur.