nadiem makarim
Image by: m.tempo.co

Nadiem Makarim adalah orang yang bisa disebut otak dan penemu dari perusahaan Gojek. Gojek adalah perusahaan pertama di indonesia yang memberikan jasa pelayanan terhadap pengguna mulai dari jasa pelayan ojek sampai jasa pelayanan pembelian barang hanya dengan smartphone.

Biografi Nadiem Makarim

Nadiem Makarim
Image by: BiografiKu.com

Nadiem Makarim seseorang yang hidup dari sebuah keluarga di pekalongan ayahnya keturunan Hindia dan belanda yang merupakan pengacara dan ibu nya bekerja pada bidang non-profit. Nadiem Makarim memulai sekolah dasar (SD) di jakarta sampai SMP. Setelah dia lulus SMP Nadiem melanjutkan sekolah SMA di Singapora dan lulus dari SMA dia berangkat ke amerika serikat untuk meneruskan pendidikan nya kuliah di International Relations di Brown University Amerika Serikat. Nadiem mengikuti program pertukaran pelajar ke salah satu sekolah Ekonomi di London. Sampai mendapatkan gelar S1 dan melanjutkan kuliah S2 di school business di Harvard. Setelah mendapatkan gelar S1 dan S2 nya Nadiem Makarim langsung pindah ke Indonesia untuk bekerja di perusahaan Jakarta. Nadiem bekerja di sebuah perusahaan Mckinsey dan Company sebuah konsultan ternama di Jakarta selama tiga tahun Nadiem bekerja disana. Setelah keluar dari perusahaan Mckinsey dan Company Nadiem bekerja sebagai Co-founder dan Managing Editor di Zalora Indonesia kemudian menjadi Chief Innovation officer kartuku. Berbekal banyak pengalaman selama bekerja, Nadiem Makarim kemudian memberanikan diri untuk berhenti dari pekerjaannya dan mendirikan perusahaan GO-JEK pada tahun 2011.

Perjuangan Nadiem Makarim membangun perusahaan Gojek

nadiem makarim
Image by: rayapos.com

Ide awal Nadiem untuk mendirikan perusahaan penyedia ojek online berbasis internet ini adalah dari tukang ojek langganan yang biasa mengantarkan Nadiem ke kantor. Pada suatu ketika terdapat perbincangan antara Nadiem dengan tukang ojek langganannya, tukang ojek tersebut memberitahukan kepada Nadiem bahwa tukang ojek di indonesia ini kebanyakan menghabiskan waktu kerja nya hanya untuk menunggu pelanggan. Dari bincang-bincang tersebut, Nadiem Makarim kemudian menemukan sebuah ide untuk membuat sebuah perusahaan berbasis internetnya sendiri yaitu Gojek. Akhirnya Nadiem bersama temannya Michaelangelo Moran mulai membuat sebuah aplikasi Gojek. Pada awalnya kurang nya minat masyarakat dalam aplikasi Gojek ini akan tetapi sedikit demi sedikit Nadiem dan temannya membangun perusahaan Gojek ini sampai pada akhirnya tahun 2014 dimana Nadiem Makarim dan Gojek mendapatkan investor dari Singapura yang sangat membantu finansial dari Gojek, perusahaan yang melakukan investasi pada Gojek ini adalah perusahaan Northstar. Mulai dari situ perusahaan Gojek berkembang pesat, driver Gojek bertambah setiap harinya karena banyak sekali pelanggan yang merasa nyaman menggunakan jasa Gojek ini. Akan tetapi banyak sekali pengemudi ojek lainnya yang masih tidak mau bergabung menjadi driver Gojek, banyak yang bilang karena Gojek mengambil untung terlalu banyak yaitu 20% keuntungan untuk Gojek dan 80% keuntungan bagi driver ojek, membuat ojek pangkalan yang tidak mau bergabung dengan Gojek merasa bahwa pelanggannya menjadi sepi karena kebanyakan pelanggannya menggunakan jasa Gojek. oleh karena itu banyak terjadi bentrokan antara driver Gojek dengan ojek pangkalan mulai dari pengeroyokan, pembunuhan sampai pembakaran motor driver Gojek. Hal-hal tersebut membuat Nadiem menerima banyak cibiran dari masyarakat, dan lebih parahnya lagi teman baik nya Nadiem yaitu Michaelangelo Moran salah satu pendiri Gojek mengundurkan diri di karenakan alasan sesuatu, pada akhirnya Nadiem sangat terpuruk. Akan tetapi Nadiem tidak berhenti sampai situ saja Nadiem mulai bangkit dari keterpurukannya dan mulai berinovasi untuk membangun perusahaannya tersebut karena Nadiem percaya perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang selalu berinovasi dalam usahanya dan tahan banting dalam segala hal apapun, sampai akhirnya Nadiem sudah mempunyai 15 ribu lebih driver Gojek yang tersebar di 10 kota besar di indonesia dan perusahaan Gojek tidak hanya perusahaan yang menyediakan layanan Gojek akan tetapi terdapat Goride, Gocar, Gofood, Gosend, Gomart, Gobox, Gomassage, Goclean, Goglam, Gotix, Gobusway, Gopay, Gomed, Goauto, Gopulsa.