penemu sosial media
sumber : thediqirati.com

Zaman sekarang siapa sih orang yang gapunya sosial media? apalagi umat manusia sekarang rata-rata udah gunain smartphone semua, pastinya gabakal jauh-jauh dari layar smartphone nya sambil scroll down cek recent updates. Tapi dibalik media-media sosial yang sering kita gunain, kira-kira udah pada tau belum ya siapa penemu sosial media tersebut? nah, disini Hallo Bro bakal bahas siapa sih orang-orang dibalik itu semua.

Penemu Sosial Media Yang Sering Dilupakan Penggunanya

1. Line – Lee Hae Jin

lee hae jin
sumber :

Ngaku aja deh, hampir semua anak-anak muda masa kini ngejadiin Line sebagai media kirim pesan default nya. Karena simple buat dipake, fiturnya lengkap dan yaa emang keren, apalagi setelah ada Line news digest yang bikin kita-kita ga ketinggalan berita terbaru yang ada di sekitar kita. Banyak-banyak terimakasih pokoknya deh buat om Lee Hae Jin.

Om Lee Hae Jin sendiri berasal dari Korea Selatan, berasal dari lulusan sarjana teknis di Seoul National University. Awalnya Om Lee Hae Jin ini bekerja di Samsung SDS, anak usaha dari Samsung Group. Kekayaan om Lee sendiri menurut forbes sebesar USD 547 juta dan termasuk orang terkaya ke-34 di Korea selatan.

2. WhatsApp – Jan Koum dan Brian Acton

Jan Koum dan Brian Acton
sumber : www.forbes.com

Aplikasi chat asal Asal amerika yang kini udah dibeli sama facebook, gak kalah simple dari Line. Pengguna aktifnya juga masih banyak banget di seluruh dunia. Cukup daftarin nomor telepon, dan secara otomatis kita bakal terhubung sama orang di kontak kita yang sama-sama gunain WhatsApp. Walaupun fiturnya masih kurang dibanding Line, tapi WhatsApp masih jadi aplikasi instant messenger terpopuler, karena hampir semua orang memilikinya.

Awalnya, Mereka bekerja di Yahoo. Om Koum merasa tidak nyaman bekerja selama 9 tahun untuk mengurusi iklan yang bertebaran dimana-mana. Mereka juga sempat melamar di Facebook, namun ditolak.

Perusahaan ini didirikan pada 2009 di California. Berawal dari ide om Koum buat membuat aplikasi update seseorang dalam daftar ponselnya. Lalu dengan dibantu oleh om Alex Fishman pada 2004,  om Koum dapat mewujudkan mimpinya membuat perusahaan ini. Dan kenapa namanya WhatsApp? karena terdengar mirip dengan kata “What’s up” yang biasa digunakan untuk menanyakan kabar seseorang.

3. Snapchat – Evan Thomas Spiegel

Evan Thomas Spiegel
sumber : businessinsider.com

Aplikasi yang sempet booming gara-gara foto dengan filter anjing julurin lidah ini ternyata dibuat oleh Evan Spiegel. Baru berusia 26 tahun dan sudah menjadi miliarder termuda dengan nilai kekayaan sebesar USD 2,1 miliar. Bonusnya lagi Evan Spiegel juga pacaran dengan seorang supermodel, Miranda Kerr. Wah, keren ya prestasi dari penemu sosial media Snapchat ini.

4. Instagram – Kevin Systrom dan Mike Krieger

Kevin Systrom dan Mike Krieger
sumber : toyokeizai.net

Aplikasi berbagi foto dan video, yang kini bisa live stream ini diciptakan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger. awalnya mereka bekerja pada Burbn.inc yang memiliki fokus terlalu banyak dalam HTML5 piranti bergerak. Akhirnya mereka membuat aplikasi yang fokus kepada bagian foto, komentar, dan menyukai sebuah foto. Itulah awal mulanya berdiri Instagram. Arti nama Instagram sendiri berasal dari kata ‘instan’ yang berarti foto instan seperti halnya polaroid dan ‘gram’ atau telegram yang dapat mengirimkan pesan secara cepat. Namun pada 2012, Instagram juga udah dibeli sama Facebook sebesar USD 1 miliar.

5. Facebook – Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg
sumber : anarchistagency.com

Udah lawas sih, dan banyak juga yang udah beralih dari facebook. Tapi jangan salah facebook masih jadi media sosial dengan pengguna terbanyak. Buat sekarang rata-rata sih kebanyakan orang tua yang masih tetap setia sama facebook, paling klita-kita nih pake facebook buat nyimpen foto atau liat foto-foto lama kita. Walaupun masih ada juga yang masih main game di facebook, dan ngirim undangan-undangan dari game nya. Buat yang pingin tau lebih gimana awalnya facebook, bisa nonton film Social Network yang dibintangi Jesse Eisenberg dan Andrew Garfield. Keren film nya, sama kayak facebooknya. Keren.

6. Twitter – Jack Dorsey

Jack Dorsey
sumber : zacks.com

Twitter inilah yang bikin orang-orang beralih dari Facebook.  Sebenernya ide om Dorsey bikin Twitter berasal ketika Om Dorsey sedang mengerjakan proyek bagaimana sebuah pesan teks dapat diubah menjadi sebuah pesan interaktif dalam sebuah web. Gak perlu waktu lama, Twitter jadi sangat terkenal karena lebih cepat dalam membagikan informasi dan awal penggunaan hashtag (#) mulai populer ketika kemunculan Twitter ini nih.

7. Path – Dave Morin, Shawn Fanning, dan Dustin Mierau

 Dave Morin Shawn Fanning dan Dustin Mierau
sumber : overclover

Aplikasi yang sering digunakan para penggunanya buat check-in tempat-tempat hits, yang gak hits, maupun yang belum hits. Intinya berbagi kehidupan sehari-hari, dari bangun tidur sampe tidur lagi, semua kegiatan pokoknya bisa di share semua disini buat yang rajin update main path.

Path ini, dibangun dengan penggalangan dana oleh para pendirinya. Sebagai modal awal perusahaan ini dapat menggalang dana sebesar USD 8,5 juta pada 2011. Hingga kini, Path masih digunakan untuk share the moments bagi kawula-kawula muda.

BACA JUGA : Instagram Dan Snapchat, Mana Yang Lebih Bagus?

Nah sekarang tau kan siapa dibalik penyelamat rasa bosen kalo lagi berdua sama smartphone. Banyak-banyak terimakasih deh buat para penemu sosial media ini!. Bahaya juga sebenernya semakin mudah informasi kesebar, semakin cepet juga orang-orang menyerap informasi yang belum tentu bener. Kita sebagai pengguna harus lebih bijak menggunakan media sosial, jangan phone nya aja yang smart, user nya juga jangan mau kalah dong. Malu sama kucing ah, meong meong meong~.